Comscore Tracker

5 Ciri Orang yang Sombong, Bukan Cuma Suka Pamer

#IDNTimesLife Kamu gak begini, kan?

Orang yang sombong selalu berlebihan dalam menilai dirinya. Ia merasa lebih hebat, pintar, kaya, dan menarik daripada dirinya yang sesungguhnya maupun orang lain.

Berhadapan dengan orang yang sombong bisa membuat siapa pun merasa muak. Maka gak heran bila mereka memilih menjauhinya. Lebih jelasnya, berikut lima ciri yang selalu ada pada pribadi yang sombong.

1. Semua yang dilakukan bermotif mengunggulkan diri

5 Ciri Orang yang Sombong, Bukan Cuma Suka PamerIlustrasi seorang pria (pexels.com/natalia-garrido-andrade-1720744)

Begitu mendengar ceritanya, kamu langsung membatin, 'Ini orang ngapain sih? Cuma cari pengakuan?' Ya, dia suka banget tuh, menceritakan seluruh pencapaiannya baik secara langsung maupun terselubung.

Jika dia terlibat dalam kegiatan sosial pun, gak pernah benar-benar hanya diniatkan untuk membantu sesama. Namun sebenarnya hanya demi mendapatkan nama baik. Dengan kata lain, biar disanjung-sanjung.

2. Tidak pernah menghargai kontribusi orang lain dalam hidupnya

5 Ciri Orang yang Sombong, Bukan Cuma Suka PamerIlustrasi seorang pria (pexels.com/dima-valkov-1186343)

Orang sombong selalu berpikir dirinya hebat banget. Gak peduli orang lain melihatnya gak berkompeten di bidang apa pun dan itu memang benar. Dia bertingkah seolah-olah selalu bisa melakukan segalanya sendiri.

Padahal tetap saja, saban ada kesulitan, dia harus dibantu orang-orang di sekitarnya. Dia menerima bantuan itu, tetapi anehnya tidak pernah mengakui kebaikan orang lain padanya. Kalau mengakui saja gak, apalagi menghargainya?

3. Memilih teman bukan berdasarkan baik buruk tabiatnya melainkan kelas ekonomi

5 Ciri Orang yang Sombong, Bukan Cuma Suka PamerIlustrasi pergaulan (pexels.com/kaitlyn-jade-1067488)

Kalau dalam berteman sama sekali gak memiliki kriteria, tentu akan membahayakan diri sendiri. Namun tentu saja, seharusnya yang dijadikan kriteria penilaian adalah tabiatnya. Apakah sifat seseorang banyak positifnya atau negatifnya? 

Akan tetapi, bagi si sombong bukan itu yang penting. Dia malah nyaris gak peduli pada sifat orang lain. Yang penting baginya cuma kaya atau tidak. Kalau kaya, barulah dia mau menjadi temannya. 

Baca Juga: 5 Cara Kurang Sopan Membalas Pesan Singkat Teman, Kelihatan Sombong

4. Suka berbual demi dikagumi orang-orang

5 Ciri Orang yang Sombong, Bukan Cuma Suka PamerIlustrasi seorang pria (pexels.com/brenda-lelis-1006720)

Seperti disebutkan di awal, orang yang sombong berlebihan dalam menilai dirinya. Maka dia sering gak punya bukti nyata yang 'layak' buat disombongkan di hadapan orang-orang.

Akibatnya, dia cuma menjual omongan. Bicaranya setinggi langit, tetapi aslinya berbeda banget. Misal, mengaku pebisnis andal, tetapi ternyata usahanya sudah bangkrut semua.

5. Sukanya menyuruh, bukan minta tolong

5 Ciri Orang yang Sombong, Bukan Cuma Suka PamerIlustrasi seorang perempuan (pexels.com/mike-austin-2983925)

Untuk mampu berkata, "Aku minta tolong ...," dibutuhkan sifat rendah hati. Seseorang harus mengakui kemampuannya terbatas sehingga membutuhkan bantuan orang lain. 

Sedang orang sombong gak punya sifat itu. Makanya, dia gak pernah meminta tolong. Bukan lantaran dia gak butuh pertolongan melainkan dia mengemas permintaan tolong itu dalam bentuk perintah.

Perintah sana, perintah sini. Seakan-akan dirinya bos dari semua orang. Kalau gak puas dengan pertolongan yang diberikan, bisanya marah. Gak pernah berterima kasih.

Kalau melihat ciri-ciri di atas, memang menjengkelkan banget ya, berurusan dengan orang sombong? Jangan sampai kamu sendiri menjadi orang yang sombong, ya!

Baca Juga: 5 Tips untuk Percaya Diri Tanpa Menjadi Pribadi yang Sombong

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya