Comscore Tracker

5 Hal yang Membuat Orang Gak Akan Melupakan Kebaikanmu

#IDNTimesLife Meski kamu sendiri belum tentu mengingatnya

Berbuat baik pada siapa pun sudah semestinya dilakukan. Sering kali berupa pertolongan pada orang yang membutuhkan. Banyak sekali di antara kebaikan-kebaikan itu yang seperti 'berlalu' begitu saja, terjadi lalu sudah.

Namun ada pula kebaikan yang akan terus melekat dalam ingatan orang yang menerimanya. Ingin tahu kebaikan seperti apa sajakah itu? Uraian berikut ini akan menjawab rasa penasaranmu. Langsung saja disimak!

1. Pertolongan yang menyelamatkan hidup seseorang

5 Hal yang Membuat Orang Gak Akan Melupakan KebaikanmuPexels.com/sarwer-e-kainat-welfare-2332660

Buatmu, kebaikanmu mungkin gak seberapa. Misal, hanya memberikan selembar uang lima atau sepuluh ribu pada seseorang yang meminta-minta.

Namun bagi orang yang sudah sangat lapar dan gak punya uang sepeser pun, kamu terasa sebagai penyelamat hidupnya. Sekalipun tentu saja, kamu hanya perpanjangan tangan atas pertolongan Tuhan untuknya.

Akan tetapi dia tetap akan merasa berutang nyawa padamu. Begitu juga saat kamu menarik tangan seseorang yang nyaris menyeberang jalan padahal masih ada kendaraan. Jadi, jangan remehkan perbuatan baik sekecil apa pun, ya!

2. Kebaikan yang mengubah arah hidup seseorang

5 Hal yang Membuat Orang Gak Akan Melupakan KebaikanmuPexels.com/freestockpro

Berbeda dengan poin pertama. Kali ini, tanpa kebaikanmu pun, seseorang kemungkinan besar masih hidup. Namun cerita hidupnya boleh jadi akan sangat berbeda.

Misal, kamu dan pasangan memutuskan mengadopsi bayi yang gak kehendaki oleh orangtua kandungnya. Jika hati kalian gak terketuk, bayi itu mungkin akan ditelantarkan atau dibesarkan dengan cara yang sangat buruk.

Contoh lainnya, kamu bisa memberikan pencerahan atau inspirasi untuk orang lain menata hidupnya dengan lebih baik. Yang semula hidupnya kacau sekali, setelah mendengarkan nasihatmu menjadi punya keinginan kuat untuk berubah.

3. Banyak orang yang bisa menolongnya, tetapi cuma kamu yang benar-benar melakukannya

5 Hal yang Membuat Orang Gak Akan Melupakan KebaikanmuPexels.com/julia-larson

Orang yang bisa menolong belum tentu akan benar-benar menolong. Karena 'bisa' dengan 'mau' itu dua hal yang sangat berbeda. Orang yang mau menolong sekalipun sebenarnya gak mampu, pasti akan tetap berusaha mencarikan bantuan.

Bukan malah diam saja. Inilah yang membuat seseorang akan sangat menghargaimu. Dengan segala keterbatasan yang bisa dijadikan alasan kuat untukmu gak menolongnya, nyatanya kamu tetap melakukannya.

Di saat yang sama, orang-orang yang sesungguhnya sangat mampu menolong justru gak melakukan apa pun. Menolak secara terang-terangan atau pura-pura gak tahu. Bahkan meski itu orang terdekatnya.

Baca Juga: Gak Disadari, 7 Sifat Ini Tanda Kamu Orang yang Perfeksionis

4. Kamu selalu tulus sekalipun pertolonganmu amat besar atau justru senang mengungkit-ungkit kebaikan sekecil apa pun dan mendesak balas budi

5 Hal yang Membuat Orang Gak Akan Melupakan KebaikanmuPexels.com/kampus

Ya, pertolonganmu gak hanya akan diingat orang lantaran betapa baiknya kamu. Namun bisa juga karena betapa menjengkelkannya sikapmu setelah memberikan pertolongan itu.

Kamu gak ikhlas. Terus mengungkit-ungkit pertolongan yang pernah diberikan sekalipun itu bukan sesuatu yang besar. Benar, pertolongan kecil pun tetap pertolongan.

Sudah seharusnya penerimanya punya rasa terima kasih. Akan tetapi gak selayaknya kamu sampai begitu, ya! Bisa bikin dia malu dan selalu merasa terbebani. Kamu perlu memegang prinsip 'tolong lalu lupakan'.

5. Kebaikanmu dirasakan oleh banyak orang

5 Hal yang Membuat Orang Gak Akan Melupakan KebaikanmuPexels.com/rquiros

Ini gak selalu tentang berapa banyak nilai uang dari kebaikanmu. Contoh, kamu belum bisa mewakafkan tanah yang luas. Namun sedikit tanah yang kamu berikan menjadi satu-satunya jalan untuk tetangga-tetanggamu.

Tanpa jalan itu, mereka akan terkunci, gak punya akses untuk keluar masuk. Dijamin, mereka gak akan pernah melupakan kebaikanmu itu. 

Ada begitu banyak cara untuk berbuat baik. Siapa pun bisa melakukannya tanpa perlu memikirkan apakah akan diingat oleh orang lain atau gak. 

Baca Juga: 5 Peribahasa Banjar Mengekspresikan Sifat Manusia, Ada Sifat Haus Puji

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya