Comscore Tracker

5 Hambatan Bikin Rencana Usaha Gak Jalan, Selalu dari Diri Sendiri

Modal bertambah seiring kemajuan usaha, kok

Membuat rencana usaha diperlukan agar jelas apa saja yang mesti dipersiapkan beserta langkah berikutnya. Namun, apa artinya rencana usaha yang telah disusun kalau tidak kunjung diwujudkan?

Bukan rencana usaha tersebut yang akan memberimu penghasilan, melainkan apabila usaha sudah betul-betul dijalankan. Daripada menyalahkan faktor-faktor eksternal, lebih baik berintrospeksi.

Tak disadari, sering kali hambatan yang bikin rencana usahamu gak jalan adalah dari diri sendiri. Beberapa di antaranya sebagai berikut ini, nih!

1. Rasa malas masih mendominasi

5 Hambatan Bikin Rencana Usaha Gak Jalan, Selalu dari Diri Sendiriilustrasi malas (pexels.com/Monstera)

Membangun usaha sendiri bukanlah pekerjaan untuk pemalas. Tantangannya banyak sekali. Kamu kudu rajin dan ulet. Sebab, selama rasa malas dalam dirimu masih kuat, rencana usaha sebaik apa pun tidak akan berjalan.

Butuh upaya yang lebih besar untuk memindahkan rencana usaha dalam pikiran atau catatan menjadi bentuk nyata. Bila kamu merasa telah menjadi pribadi yang rajin, jangan berpuas diri. Kenyataannya, kamu belum memperoleh apa pun dari rencana itu, kan?

2. Selalu menunggu modal yang lebih besar

5 Hambatan Bikin Rencana Usaha Gak Jalan, Selalu dari Diri Sendiriilustrasi berpikir (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Ketika kamu belum memiliki uang 10 juta rupiah, dirimu selalu berpikir uang sebanyak itu sangat cocok menjadi modal usaha. Akan tetapi, setelah kamu memilikinya, dirimu kembali berpikir seandainya uangmu mencapai 100 juta rupiah barulah cukup buat modal.

Pertanyaannya, apa arti usaha yang hendak kamu jalankan itu? Apakah sebatas kegiatan menghabiskan uang atau menggunakan modal seadanya guna memperoleh keuntungan yang lebih besar? Jika kamu sungguh-sungguh ingin membuka usaha, berapa pun modal yang dipunyai harus dapat diputar.

Barulah setelah usahamu berjalan dengan baik, kamu mampu sedikit demi sedikit menambah modal. Usahamu pun menjadi lebih besar atau memiliki beberapa cabang. Modal awal sebaiknya malah jangan terlalu besar, lho.

3. Bikin rencana yang terlalu mendetail malah bikin ragu

5 Hambatan Bikin Rencana Usaha Gak Jalan, Selalu dari Diri Sendiriilustrasi merencanakan (pexels.com/Startup Stock Photos)

Setelah bikin rencana usaha sampai ke hal-hal terkecilnya, kamu pasti bertanya-tanya tentang apa lagi yang masih kurang. Terus saja seperti ini sehingga kamu keasyikan menyusun rencana dan lupa harus secepatnya memulai usaha tersebut.

Kamu khawatir bila ada satu hal saja yang terlewatkan dalam rencana, sehingga itu bakal berakibat fatal bagi usahamu. Padahal, kamu sebenarnya punya kemampuan bertindak spontan kalau berhadapan dengan berbagai kendala di lapangan. Jangan meremehkan kemampuan sendiri, ya!

Baca Juga: 5 Motivasi untuk Meningkatkan Semangat dalam Meraih Kesuksesan Bisnis

4. Berpikir harus punya partner untuk menjalankan bisnis

5 Hambatan Bikin Rencana Usaha Gak Jalan, Selalu dari Diri Sendiriilustrasi berpartner (pexels.com/Kindel Media)

Adanya partner memang memberimu sejumlah keuntungan dalam berbisnis. Seperti lebih mampu mengumpulkan modal yang besar, adanya keahlian berbeda yang melengkapi keahlianmu, dan memudahkan pengembangan usaha.

Hanya saja, lihat kondisi saat ini. Jika kamu dihadapkan pada kebutuhan mendesak untuk bertahan, dirimu tak dapat membuang-buang waktu cuma buat menemukan partner yang cocok. Kamu harus mampu menjalankan rencana usahamu sendiri dulu. 

5. Malu mempromosikan usaha barumu

5 Hambatan Bikin Rencana Usaha Gak Jalan, Selalu dari Diri Sendiriilustrasi mengemas produk (pexels.com/RODNAE Productions)

Kenapa harus malu? Sekalipun usahamu masih kecil, kamu telah berhasil memulainya. Itu jauh lebih baik ketimbang usaha besar yang masih ada dalam angan-angan.

Bahkan sekarang mempromosikan usaha bisa melalui banyak cara. Kamu tidak harus bertemu langsung dengan orang-orang. Kamu dapat mempromosikan usaha barumu cukup dengan unggahan di berbagai media sosial atau melalui orang-orang terdekat.

Saat kamu ingin menjadi pengusaha, modal terbesar adalah apa yang ada dalam dirimu. Hambatan dari luar dapat dengan cukup mudah diatasi apabila kamu telah terlebih dahulu membebaskan diri dari kelima rintangan internal di atas.

Baca Juga: 5 Tips Memulai Bisnis Fashion Sendiri, Modal hingga Cara Pemasaran

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya