Comscore Tracker

5 Kesalahan Ini Bikin Hubungan Gak Berkembang, Minta Nomor Teleponnya!

#IDNTimesLife First impression sudah gak bagus

Ada awal untuk setiap hubungan baik pertemanan, bisnis, apalagi asmara. Supaya hubungan di atas terjalin yang diperlukan bukan hanya ada kamu dan orang lain. Namun, juga harus ada sikap yang tepat di antara kalian.

Sebab, kamu tidak bisa mengatur sikap orang lain, mulailah dari dirimu dulu. Kalau kamu ingin mengembangkan pertemanan atau membuka peluang hubungan asmara dan bisnis, pastikan dirimu tak melakukan lima kesalahan ini. Kamu harus memberikan kesan pertama yang baik, ya,

1. Mengabaikan orang yang ada di dekatmu dan lebih memilih main HP

5 Kesalahan Ini Bikin Hubungan Gak Berkembang, Minta Nomor Teleponnya!ilustrasi asik main HP (pexels.com/Arina Krasnikova)

Ada waktunya kamu benar-benar sendiri atau tidak ingin berinteraksi dengan orang di dekatmu. Maka kamu boleh bermain HP alih-alih menunggu seseorang mengajakmu bicara. Namun jika kamu ingin menambah kenalan di dunia nyata, taruh dulu HP-mu.

Lalu mulailah menyapa orang-orang di sekitarmu dengan senyuman, salam, atau sebatas kontak mata. Selama kamu tidak terlihat sibuk sendiri dengan HP, ada peluang besar orang lain tertarik untuk mengobrol denganmu. Apalagi, jika kamu terlebih dahulu menunjukkan keramahan.

2. Gak bisa membedakan pertanyaan yang masih wajar dengan tergolong kepo

5 Kesalahan Ini Bikin Hubungan Gak Berkembang, Minta Nomor Teleponnya!ilustrasi mengobrol (pexels.com/RODNAE Productions)

Bertanya merupakan bagian penting untuk terjadinya perkenalan dan pertukaran informasi. Maka dari itu, jangan takut melontarkan pertanyaan pada orang yang baru dikenal. Ini sebagai tanda, bahwa kamu peduli terhadapnya dan ingin tahu lebih banyak tentang dirinya.

Namun, jangan menyamakannya dengan kepo, ya. Sebagai contoh, pertanyaan tentang nama, tempat tinggal, asal daerah, serta pekerjaan masih wajar dalam perkenalan. Akan tetapi pertanyaan seperti ini tergolong kepo dan gak disukai orang, "Malam Minggu sendirian saja? Belum punya pacar, ya?".

Baca Juga: 5 Tips Membuat First Impression yang Baik saat Bertemu Orang Baru

3. Memandang miring penampilan atau selera orang yang baru dikenal

5 Kesalahan Ini Bikin Hubungan Gak Berkembang, Minta Nomor Teleponnya!ilustrasi menatap sinis (unsplash.com/mikail duran)

Siapa yang suka kalau penampilan atau seleranya diejek? Apalagi oleh orang yang baru kenal. Bila kamu melakukannya, orang berpikir dirimu sombong sekali. Jangankan hubungan kalian berkembang, yang ada dia malah kesal dan bersikap anti padamu.

Kamu perlu bersikap amat terbuka pada gaya penampilan orang lain serta selera mereka yang boleh jadi berkebalikan denganmu. Miliki pola pikir bahwa setiap orang berhak berpenampilan seperti apa saja dan menyukai atau tidak menyukai sesuatu. 

4. Berlebihan dalam memperhatikan lawan bicara sampai bikin risi

5 Kesalahan Ini Bikin Hubungan Gak Berkembang, Minta Nomor Teleponnya!ilustrasi memperhatikan lawan bicara (pexels.com/cottonbro)

Betul bahwa sikap yang kelewat cuek apalagi mengabaikan orang lain demi bermain HP seperti poin pertama menghambat hubunganmu dengan orang lain. Namun, berlebihan memberi perhatian pada lawan bicara juga bukannya lebih baik.

Pasalnya, kalian belum lama saling mengenal. Perhatianmu yang berlebihan dapat membuat seseorang merasa tertekan dan cemas alih-alih senang. Kamu menjadi terlalu fokus pada detail bahkan terkesan menggoda seakan-akan dirimu punya perasaan spesial padanya.

5. Sudah mengobrol banyak, tapi tidak berkenalan dan minta nomor telepon

5 Kesalahan Ini Bikin Hubungan Gak Berkembang, Minta Nomor Teleponnya!ilustrasi mengobrol (pexels.com/Hyukman Kwon)

Umumnya dua orang berkenalan dulu baru perlahan-lahan percakapan mengalir. Namun, kadang kala kamu tanpa sadar telah berbicara banyak dengan seseorang sebelum tahu namanya atau kamu memperkenalkan diri.

Contohnya, ketika kamu bertemu tetangga baru atau mengobrol dengan sesama penumpang di kendaraan umum. Apabila kamu menginginkan hubungan kalian berlanjut, pastikan dirimu menanyakan namanya dan menyebutkan namamu sendiri. Kemudian bertukarlah nomor telepon supaya komunikasi tidak terputus.

Bicara soal hubunganmu dengan orang lain bukan cuma tentang manfaatnya saat ini. Artinya, hubungan yang menurutmu gak penting buat sekarang, di masa depan boleh jadi amat berharga. Jangan lewatkan kesempatan untuk memiliki hubungan yang baik dengan lebih banyak orang.

Baca Juga: 5 Tips Mengatasi Kesalahpahaman dalam Hubungan, Jangan Dibiarkan!

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya