Comscore Tracker

Ketahui 5 Hal Ini buat Kamu yang Merasa Punya Jiwa Pendobrak

#IDNTimesLife Asli pendobrak atau cuma suka bikin geger?

Kalau kamu punya jiwa pendobrak, kamu akan mudah merasa gak betah dengan segala bentuk tatanan lama. Kamu selalu ingin menciptakan perubahan ke arah yang lebih baik.

Butuh keberanian untuk menjadi seorang pendobrak. Namun nyali saja tidaklah cukup. Pahami dulu lima hal berikut ini kalau-kalau jiwa pendobrakmu gak asli.

1. Apakah kamu mendobrak untuk membuat sesuatu lebih baik atau hanya memicu keributan?

Ketahui 5 Hal Ini buat Kamu yang Merasa Punya Jiwa PendobrakIlustrasi seorang pria bertopi (unsplash.com/rousupstore)

Seorang pendobrak dengan provokator itu bedanya jauh banget. Jika jiwamu pendobrak, kamu mendobrak dalam rangka membuat sesuatu menjadi lebih baik.

Namun jika kamu gak lebih dari seorang provokator, kamu justru senang membuat yang sudah baik dan tenang menjadi ricuh. Orang-orang akan mengagumi seorang pendobrak, tetapi sebisa mungkin mencegah masuknya provokator.

2. Dorongan untuk mendobrak muncul dari dirimu atau cuma pengaruh orang lain?

Ketahui 5 Hal Ini buat Kamu yang Merasa Punya Jiwa PendobrakIlustrasi seorang pria (unsplash.com/caliboiijulian)

Seorang pendobrak yang asli biasanya tidak membutuhkan pengaruh dari orang lain. Benih-benih pendobrak sudah ada dalam dirinya. Didukung syukur, gak didukung pun dia akan tetap berusaha melakukan dobrakan bila diperlukan.

Namun bila selama ini kamu hanya di bawah bayang-bayang orang lain, kamu wajib berhati-hati. Kamu bisa merasa menjadi seorang pendobrak, tetapi sebenarnya gak lebih dari korban hasutan orang.

Atau dengan kata lain, kamu kena provokasi! Dan seperti disebutkan dalam penjelasan sebelumnya, ini akan mengarahkanmu pada hal-hal yang negatif.

3. Untuk bisa menjadi pendobrak yang baik, kamu benar-benar harus banyak belajar

Ketahui 5 Hal Ini buat Kamu yang Merasa Punya Jiwa PendobrakIlustrasi pria giat belajar dan temannya (unsplash.com/emmygaddy)

Coba saja dipikirkan baik-baik. Tanpa ilmu yang memadai, dengan cara apa kamu akan bisa mengubah kebiasaan atau tatanan lama yang sudah mengakar dalam kehidupan banyak orang?

Mau modal teriak-teriak di medsos doang? Gak bakal mendatangkan perubahan yang siginifikan. Salah-salah kamu malah dicap sebagai biang keonaran.

Di setiap hal yang menurutmu perlu diubah, kamu harus mempelajarinya sebaik mungkin. Biar kamu bisa meyakinkan semua orang bahwa ada cara atau hal baru yang lebih baik untuk menggantikan yang lama.

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Memiliki Kepribadian yang Atraktif, Gak Hanya Fisik

4. Menjadi pendobrak bukan berarti kamu harus menggunakan cara-cara kasar, kok

Ketahui 5 Hal Ini buat Kamu yang Merasa Punya Jiwa PendobrakIlustrasi seorang wanita (unsplash.com/alipzn)

Ini nih, perlunya kamu banyak belajar jika ingin menjadi seorang pendobrak. Kamu gak bisa cuma bermodalkan keberanian. Kalau sekadar nyali, pasti ujung-ujungnya kamu terkesan sebagai pribadi yang kasar.

Atas nama perubahan ke arah yang lebih baik, kamu akan suka memaksa semua orang agar mengikuti keinginanmu. Bila mereka gak mendukungmu, kamu bisanya cuma marah.

Namun jika kamu memiliki ilmu, kamu gak perlu memaksa siapa pun atau marah dan menunjukkan sikap kasar lainnya. Mereka akan dengan sendirinya memercayai perubahan yang kamu hadirkan karena jelas manfaatnya.

5. Sudahkah kamu memulainya atau selama ini hanya sebatas angan-angan?

Ketahui 5 Hal Ini buat Kamu yang Merasa Punya Jiwa PendobrakIlustrasi seorang pria memegang ponsel (unsplash.com/emmages)

Merasa memiliki jiwa pendobrak, tetapi sudah sejauh mana langkahmu? Jangan-jangan selama ini kamu cuma sibuk membayangkan dirimu tampil membawa perubahan besar untuk banyak orang.

Namun kenyataannya, itu gak pernah terjadi. Orang-orang tidak tahu siapa kamu dan apa kiprahmu. Percuma saja kalau begini.

Membayangkan menjadi seorang pendobrak yang dikagumi orang banyak memang terasa menyenangkan. Tanpa melakukan apa-apa, hatimu sudah melambung duluan.

Namun setiap kali kamu terbangun dari mimpi indahmu, kamu akan merasa gak puas pada segala hal. Pada dirimu sendiri sekaligus pada hal-hal lama di sekitarmu yang menurutmu harus diubah. 

Maka jika kamu memiliki jiwa pendobrak, arahkan secara tepat biar gak salah jalan atau aksimu hanya ada dalam angan-angan. Gunakan lima hal di atas sebagai panduanmu, ya!

Baca Juga: 5 Peribahasa Banjar Mengekspresikan Sifat Manusia, Ada Sifat Haus Puji

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya