Comscore Tracker

5 Keuntungan Punya Semangat Belajar yang Tinggi, Jadi Open Minded!

Penting walaupun sudah gak sekolah atau kuliah

Memiliki semangat belajar yang tinggi tak memastikanmu akan menjadi juara kelas atau lulusan terbaik di kampus. Namun, keuntungan dari punya semangat ini justru akan terasa hingga jauh ke masa depanmu, lho.

Keuntungan tersebut tak berhenti hanya pada nilai-nilai mata pelajaran atau IPK kamu saat kuliah. Berapa pun nilai akademismu, lima manfaat berikut pasti akan kamu rasakan. 

1. Tidak kesulitan saat mengikuti proses belajar mengajar

5 Keuntungan Punya Semangat Belajar yang Tinggi, Jadi Open Minded!ilustrasi belajar online (pexels.com/Julia M Cameron)

Terlepas dari seberapa lengkap fasilitas yang dapat disediakan oleh orangtua atau tempat belajar, kamu tak mengalami kesulitan yang berarti dalam memahami beragam materi yang disampaikan pengajar. Sebab, selain menunggu penjelasan mereka, kamu juga selalu mencuri start dengan belajar di rumah.

Oleh karena itu, kamu sudah punya bayangan terkait materi yang bakal diajarkan. Bila saat mempelajarinya sendiri kamu belum cukup paham, penjelasan pengajar akan sangat membantumu.

2. Terbentuk menjadi pribadi yang open minded

5 Keuntungan Punya Semangat Belajar yang Tinggi, Jadi Open Minded!ilustrasi berdiskusi dengan teman (pexels.com/Mikhail Nilov)

Gak sulit untuk mengetahui apakah seseorang punya semangat belajar yang tinggi atau rendah. Perhatikan saja cara berpikirnya tentang berbagai hal. Apabila dia kolot dan picik dalam menyikapi apa pun, kemungkinan besar dia tidak suka belajar.

Alasannya, belajar itu pasti meluaskan sekaligus memperdalam pandangan seseorang. Semakin banyak tahu, makin banyak ilmu sehingga seseorang dapat melihat begitu banyak kemungkinan. Bukan cuma apa yang diyakininya benar.

Baca Juga: 5 Cara Cepat untuk Belajar Bahasa Baru, Manfaatkan Waktumu!

3. Makin banyak yang perlu dipelajari, makin bersemangat

5 Keuntungan Punya Semangat Belajar yang Tinggi, Jadi Open Minded!ilustrasi membaca banyak buku (pexels.com/George Milton)

Orang yang tak punya semangat belajar sudah tentu akan merasa sangat tertekan jika diberi lebih banyak materi buat dipelajari. Baru melihat tumpukan tugas atau bukunya saja rasanya sudah malas.

Ini tak akan terjadi pada orang dengan semangat belajar yang tinggi. Buku sebanyak apa pun akan dilahapnya. Dia tak hanya menggunakan buku-buku tebal berbahasa asing sebagai modal bergaya, melainkan benar-benar membacanya satu per satu.

4. Tak mudah terkejut oleh beragam peristiwa

5 Keuntungan Punya Semangat Belajar yang Tinggi, Jadi Open Minded!ilustrasi belajar (pexels.com/Yaroslav Shuraev)

Jika dilihat dari peristiwanya yang tak biasa, itu memang mengejutkan. Namun, orang dengan semangat belajar yang tinggi biasanya kurang tertarik untuk meributkannya.

Dia lebih suka mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi dan mengapa hal tersebut dapat sampai terjadi. Pemahaman yang baik akan suatu peristiwa membuatnya tak mudah termakan hoaks dan bereaksi secara tidak tepat.

5. Tidak perlu banyak bertanya pada orang lain, kamu bisa belajar sendiri

5 Keuntungan Punya Semangat Belajar yang Tinggi, Jadi Open Minded!ilustrasi belajar sendiri (pexels.com/Zen Chung)

Bertanya pada orang yang lebih tahu juga salah satu cara untuk belajar. Namun, kalau terlalu banyak bertanya, kamu pasti akan dianggap pengganggu sekaligus pemalas lantaran tak mau mencari tahu sendiri sesuatu.

Nah, jika punya semangat belajar yang tinggi, kamu tak akan mengalaminya. Kamu bisa pergi ke perpustakaan, membeli buku, atau mencari jawaban apa pun menggunakan internet. Selain mandiri, kamu akan mendapatkan informasi yang lebih akurat dan lengkap.

Sampai kapan pun, semangat belajar memang harus dirawat. Meski mungkin tak dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi karena beragam alasan, kamu bisa terus mengembangkan diri berbekal semangat belajar yang besar.

Baca Juga: 6 Cara Hidup Lebih Santuy dan Menikmati Setiap Proses Kehidupan

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya