Comscore Tracker

6 Manfaat dari Sifatmu yang Selalu Mau Belajar, Pasti Ulet!

Tidak merasa paling pintar #IDNTimesLife

Mentang-mentang sudah lulus kuliah, bukan berarti kamu gak perlu lagi belajar. Sayang banget jika kamu gak mau memaksimalkan penggunaan kemampuan berpikirmu.

Meski terkesan gak asyik, gak seperti bila kamu bermain-main saja, selalu ingin belajar itu punya banyak manfaat. Dengan kesukaanmu belajar, kamu pasti akan merasakan enam keuntungan berikut ini!

1. Bagimu gak ada yang gak bisa dikerjakan, cuma butuh dipelajari saja

6 Manfaat dari Sifatmu yang Selalu Mau Belajar, Pasti Ulet!Ilustrasi pria sangat berkonsentrasi (unsplash.com/jeswinthomas)

Ini yang membuatmu gak pernah menyerah sebelum mencoba. Kamu gak punya kekhawatiran berlebih gak akan bisa mengerjakan sesuatu. Kamu selalu cukup percaya diri.

Asal diberi kesempatan, kamu yakin bisa mempelajarinya. Apalagi sudah disediakan buku panduan atau ada yang membimbing. Sesulit apa pun tampaknya, kamu gak bakal mundur.

2. Lebih bisa bekerja dalam tim

6 Manfaat dari Sifatmu yang Selalu Mau Belajar, Pasti Ulet!Ilustrasi diskusi rekan kerja (unsplash.com/kaleidico)

Bingung apa hubungannya? Jelas sangat berhubungan, dong. Di dalam tim, kamu gak bisa cuma memercayai pendapatmu sendiri sekalipun kamu juga punya landasan yang kuat.

Kamu tetap harus menyimak pendapat teman dan landasan berpikir mereka. Dengan begini, selain temanmu merasa lebih dihargai, setiap keputusan yang diambil oleh tim pasti juga yang terbaik.

Baca Juga: 5 Persiapan Penting dalam Belajar yang Mungkin Sering Kamu Abaikan

3. Cepat paham dan mampu menemukan alternatif solusi untuk berbagai persoalan

6 Manfaat dari Sifatmu yang Selalu Mau Belajar, Pasti Ulet!Ilustrasi bekerja sebagai tim (unsplash.com/sebastien_bonneval)

Gampang bingung jelas bukan dirimu. Dengan semua yang telah dipelajari, kamu jadi lebih cepat dibanding kebanyakan orang dalam memahami suatu permasalahan. 

Ibaratnya, kamu bisa lekas melihat alur perkaranya dari hulu sampai hilir. Kalau sudah jelas begini, mencari solusi dari setiapnya juga menjadi lebih mudah. Gak cuma berputar-putar gak jelas.

4. Gak cepat tersinggung saat mendapat saran

6 Manfaat dari Sifatmu yang Selalu Mau Belajar, Pasti Ulet!Ilustrasi mendengarkan petunjuk mentor (unsplash.com/blackcreek)

Kalau kamu gak suka belajar, setiap masukan bakal terasa sebagai tekanan besar bahkan mengancam harga diri. Akan tetapi jika belajar sudah menjadi napasmu, kamu malah senang bila ada yang sudi memberimu saran.

Terlebih, saran dari orang yang memang berkompeten dan berpengalaman di bidang itu. Kamu tahu semua saran itu sangat penting untuk meningkatkan kemampuan dan hasil kerjamu.

5. Gak akan puas jika belum menemukan akar masalah

6 Manfaat dari Sifatmu yang Selalu Mau Belajar, Pasti Ulet!Ilustrasi perempuan melihat ponsel (unsplash.com/jizhidexiaohailang)

Tanpa rasa suka belajar, setiap dihadapkan pada persoalan yang sedikit saja lebih rumit, kamu pasti akan langsung menyerah. Bersikap masa bodoh atau menyerahkan begitu saja pada orang lain.

Namun dengan kesenanganmu belajar, kamu bakal bersikap lebih bertanggung jawab. Kamu gak akan berhenti menelusuri akar masalahnya sampai tertemukan. Di tanganmu, setiap masalah akan tuntas terselesaikan.

6. Sudah pasti lebih mungkin berbagi ilmu

6 Manfaat dari Sifatmu yang Selalu Mau Belajar, Pasti Ulet!Ilustrasi wanita mengajar (unsplash.com/husniatisalma)

Kalau belajar saja gak suka, gak usah ngarep bisa berbagi ilmu. Apa yang diserap akan sebanding dengan apa yang dikeluarkan. Maka, semua yang kamu pelajari bakal bisa kamu ajarkan juga pada orang lain.

Bahkan, sekalipun profesimu bukan guru, selalu ada ilmu yang bisa kamu bagikan. Ini bakal membuat hidupmu sangat bermanfaat untuk banyak orang. Kamu hebat dan sangat patut dicontoh!

 

Setelah menyimak uraian di atas, makin semangat kan, buat mempelajari hal-hal baru? Yuk, tingkatkan terus pengetahuanmu biar makin keren!

Baca Juga: 5 Tips untuk Memudarkan Rasa Malas Belajar yang Semakin Menjadi-jadi

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya