Comscore Tracker

5 Pesona Kamu yang Kalem, Menarik tanpa Banyak Omong 

Jangan digunakan untuk menutupi kejahatan, ya!

Di satu sisi, orang yang kalem banyak disukai. Namun terkadang juga ada yang gemar meremehkannya. Pemilik sifat kalem bisa dianggap kurang berani atau kurang pintar.

Kalau kamu juga punya sifat begini, kamu gak perlu minder dan berusaha untuk menjadi seperti orang lain yang lebih aktif. Orang-orang yang menyukaimu pasti terpikat oleh lima kelebihanmu di bawah ini.

1. Biasanya, kamu seorang pendengar yang baik

5 Pesona Kamu yang Kalem, Menarik tanpa Banyak Omong ilustrasi teman bercerita (pexels.com/nguy-n-khanh-790383)

Kamu memang gak banyak bicara tentang diri sendiri. Akan tetapi, kamu selalu punya waktu untuk mendengarkan orang lain. Kamu senang menyimak cerita mereka. Kamu merasa bisa belajar banyak dari apa pun yang diceritakan orang. Sementara itu, mereka juga menjadi lega karena menemukan pendengar yang baik tidaklah mudah.

2. Terlihat lebih dewasa

5 Pesona Kamu yang Kalem, Menarik tanpa Banyak Omong ilustrasi seorang pria (pexels.com/cottonbro)

Makin kamu irit bicara dan gak banyak tingkah, kamu bakal tampak lebih dewasa. Sebaliknya, seseorang yang berbicara terlalu banyak tentang diri sendiri akan terlihat seperti anak-anak.

Ini pula yang membuatmu terlihat lebih berwibawa. Selain merasa nyaman, orang-orang juga otomatis akan lebih menjaga sikap ketika berhadapan denganmu.

Baca Juga: 5 Tips biar Bisa Tetap Kalem di Tengah Omongan Negatif Orang

3. Kendali dirimu bagus

5 Pesona Kamu yang Kalem, Menarik tanpa Banyak Omong ilustrasi seorang perempuan (pexels.com/bethany-ferr)

Dengan sifat kalemmu, kamu selalu memikirkan baik-baik semua yang hendak kamu katakan atau lakukan. Gak ada tuh yang namanya suka keceplosan atau marah dan tertawa berlebihan.

Walau ada yang menganggapmu orang yang membosankan karena kurangnya spontanitasmu, kendali diri yang bagus membuatmu terhindar dari banyak masalah. Terutama terkait hal-hal yang dapat menyinggung perasaan orang lain.

4. Gak banyak bicara, langsung memberi bukti

5 Pesona Kamu yang Kalem, Menarik tanpa Banyak Omong ilustrasi di tempat kerja (pexels.com/ron-lach)

Ini yang bikin orang gak bisa selamanya menyepelekan sifat kalemmu. Tanpa banyak bicara, kamu selalu mampu menunjukkan kemampuan terbaikmu.

Di lingkungan yang baru, hal ini dapat sangat mengejutkan orang-orang di sekitarmu. Kamu kerap dipandang sebelah mata pada awalnya sampai semua orang melihat langsung hasil kerja atau prestasimu.

5. Mampu menenangkan orang lain

5 Pesona Kamu yang Kalem, Menarik tanpa Banyak Omong ilustrasi seorang pria (pexels.com/toulouse)

Ada banyak keuntungan memiliki teman yang kalem sepertimu. Selain kamu gak suka mengumbar janji-janji palsu dan lebih dapat menjaga perasaan mereka, kamu pun pintar menenangkan orang yang sedang panik. Kamu akan mengajak mereka berpikir lebih jernih, meredam emosi, dan meyakini kenyataan tak seburuk yang dibayangkan.

Orang yang gampang panik memang gak bisa menjadi sekalem kamu. Namun biasanya, mereka memilih untuk memercayai perkataanmu. Alasannya simpel, mempercayai ucapan-ucapanmu membuat mereka merasa lebih baik.

Walaupun banyak hal positif dari sifat kalemmu, kamu gak boleh memanfaatkannya untuk keburukan, ya! Misalnya, diam-diam melakukan kecurangan atau kejahatan.

Sifat kalemmu mungkin akan membuat perbuatanmu tak lekas terbongkar. Orang-orang tidak terpikir untuk mencurigaimu. Akan tetapi begitu terbuka, kamu bakal kehilangan seluruh kepercayaan mereka.

Jangan sampai terjadi padamu. Gunakan sifat kalemmu untuk hal-hal baik saja.

Baca Juga: 5 Zodiak Paling Santai saat Dihadapkan pada Masalah, Kalem Terus!

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya