Comscore Tracker

5 Sebab Harus Tetap Menghargai Hasil Kerja Keras Sendiri

#IDNTimesLife Jangan kejam pada dirimu

Sifat cepat puas memang gak baik karena bisa membuat pencapaianmu kurang maksimal. Namun terlalu sulit merasa puas pada hasil kerja keras sendiri juga gak lantas lebih baik.

Itu justru menyulitkanmu untuk menghargai hasil dari seluruh usahamu selama ini. Padahal, seharusnya kamu menjadi orang pertama yang bisa mengapresiasinya sebab ...

1. Belum memuaskan gak sama dengan gagal total

5 Sebab Harus Tetap Menghargai Hasil Kerja Keras SendiriIlustrasi seorang pria (unsplash.com/jhilivan)

Kurangnya sikap menghargaimu pada hasil kerja keras sendiri tentu ada alasannya. Salah satunya, mungkin hasilnya memang masih jauh di bawah target yang kamu tetapkan sehingga mengecewakanmu.

Namun ingatlah bahwa sejauh apa pun hasilnya dari target, setidaknya kamu gak pulang dengan tangan kosong. Saat kamu gagal total saja, kamu harus tetap bisa menghargai kemauanmu mencoba. Apalagi masih ada hasilnya sekalipun sedikit.

2. Gak sesuai dengan standar kesuksesan orang lain bukan masalah

5 Sebab Harus Tetap Menghargai Hasil Kerja Keras SendiriIlustrasi seorang perempuan (unsplash.com/tikh)

Penyebab berikutnya dari sikap kurang menghargaimu pada hasil kerja keras sendiri ialah kamu membandingkannya dengan hasil kerja keras orang lain. Bahkan mungkin kamu membandingkannya dengan lebih dari satu orang.

Benar-benar celaka bila dari perbandingan itu, hasil kerja kerasmu yang paling sedikit. Kamu pasti akan langsung merasa sedih, malu, bodoh, sekaligus iri pada orang lain. Terlebih jika orang-orang di sekitarmu jadi mengejekmu.

Pencapaianmu jauh dari standar kesuksesan mereka. Maka inilah pentingnya kamu punya standar kesuksesanmu sendiri dan berpegang teguh pada itu. Bikin saja standar yang masuk akal bagimu biar kamu tetap bisa menikmati hidup.

3. Kalau gak bisa menghargai hasil kerja kerasmu, semangatmu akan menurun

5 Sebab Harus Tetap Menghargai Hasil Kerja Keras SendiriIlustrasi seorang pria (unsplash.com/dwayne29legrand)

Sikapmu pada diri sendiri amatlah penting. Bahkan lebih penting ketimbang sikap orang lain padamu. Meski orang-orang mencemooh hasil kerja kerasmu yang dinilai gak seberapa, kamu akan tetap bangga dan percaya diri bila bisa mengapresiasi diri sendiri.

Sebaliknya kalau kamu gak bisa menghargai hasil jerih payahmu sendiri, sebesar apa pun kekaguman orang lain padamu menjadi gak ada artinya. Kamu tetap merasa gak ada yang bisa dibanggakan dari diri dan hidupmu.

Baca Juga: 10 Quotes Inspiratif Eric Nam tentang Self Love dan Kerja Keras

4. Selama ini kamu sudah mencurahkan energi yang begitu besar

5 Sebab Harus Tetap Menghargai Hasil Kerja Keras SendiriIlustrasi seorang wanita (unsplash.com/iam_os)

Terlepas dari hasilnya, coba deh ingat-ingat lagi sekeras apa perjuanganmu selama ini. Hasil yang belum memuaskan memang perlu menjadi bahan evaluasi. Sebab mungkin saja usahamu kurang maksimal.

Akan tetapi gak perlu juga menjadi kejam pada diri sendiri. Sebab gak jarang, itu hanyalah soal waktu. Kalau namanya belum rezeki, akan tetap terlepas sekalipun usahamu gak kurang-kurang. Sabar saja dan jangan menyerah.

5. Yang kurang masih bisa dicari, yang sudah teraih nikmatilah

5 Sebab Harus Tetap Menghargai Hasil Kerja Keras SendiriIlustrasi wanita sedang beres-beres (pexels.com/antonius-ferret)

Sepanjang hidupmu nanti, kamu akan sangat sering mendapati hasil kerja kerasmu belum sesuai dengan harapan. Maka belajarlah untuk membiasakan diri. Sejauh kamu masih punya hari esok, kamu juga masih punya harapan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Dan bila hari esok bukan lagi milikmu, kamu sudah gak perlu meributkan soal kerja keras apalagi hasilnya. Jadi, jangan sampai gak bisa menikmati sekecil apa pun hasil kerja kerasmu saat ini.

Sekalipun itu hanya sebutir pasir, hargailah seakan-akan itu sebongkah berlian. Kemampuanmu menghargai hasil kerja keras sendiri akan membuat energimu selalu terbarukan. 

Baca Juga: Sudah Kerja Keras tapi Hidup Gini-Gini Saja? Mungkin Ini 5 Penyebabnya

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya