Comscore Tracker

7 Sumber Bau di Kamar Kos Kamu Ini Harus Segera Diatasi!

Yuk, bersih-bersih! #IDNTimesLife

Tinggal di kos sepertinya memang memberimu kebebasan. Tak seperti saat serumah dengan orangtua, sekarang tak ada lagi yang menyuruhmu untuk rajin membersihkan kamar.

Namun, seharusnya kos dapat membuatmu lebih bertanggung jawab atas diri sendiri, termasuk soal kebersihan kamar. Jangan sampai telanjur terbiasa hidup dengan cara yang jorok!

Tandanya seperti kamarmu menguarkan bau yang tidak sedap. Selain malu kalau ada teman yang berkunjung, tentu kamu pun jadi gak nyaman, bukan? Yuk, cari tahu apa saja yang bisa bikin kamarmu berbau gak sedap di bawah ini.

1. Sampah sisa makanan yang gak langsung dibuang ke luar

7 Sumber Bau di Kamar Kos Kamu Ini Harus Segera Diatasi!ilustrasi piza (pexels.com/Pixabay)

Segala macam sampah basah seharusnya memang langsung dikeluarkan dari kamarmu. Misalnya, setelah kamu menyantap nasi bungkus atau piza seperti dalam ilustrasi di atas.

Sekalipun makanmu terbilang bersih, gak menyisakan sebutir pun nasi, tetap saja ada bekas makanan di kemasannya yang bakal basi seperti sisa bumbu.

2. Kaus kaki yang jarang diganti

7 Sumber Bau di Kamar Kos Kamu Ini Harus Segera Diatasi!ilustrasi kaus kaki (pexels.com/Susanne Jutzeler)

Terutama buat kamu yang punya masalah bau kaki, nih. Pantang buatmu menunda-nunda mencuci kaus kaki yang telah dipakai. Jangan sembarangan meletakkan kaus kaki kotor.

Bahkan jika kamu gak punya masalah bau kaki, kaus kaki yang basah oleh keringat atau hujan juga dapat menimbulkan bau. Bila kamu bermasalah dengan bau kaki, ganti dan cuci kaus kakimu setiap hari.

Untukmu yang gak punya masalah ini, tetap ganti kaus kaki dua kali seminggu atau lebih sering tergantung kegiatanmu di luar. 

Baca Juga: 6 Rekomendasi Dekorasi Kamar ala Drakor, Kamar Kos Makin Estetis 

3. Tumpukan pakaian kotor

7 Sumber Bau di Kamar Kos Kamu Ini Harus Segera Diatasi!ilustrasi pakaian kotor (pexels.com/Karolina Grabowska)

Bagi yang gak terbiasa, mencuci pakaian setiap hari mungkin terdengar merepotkan. Padahal kamu masih harus bekerja. Namun, idealnya memang begitu, mengingat setiap hari kamu berganti pakaian.

Baik pakaian yang digunakan untuk bepergian maupun selama di rumah saja tentu telah kotor. Tidak segera mencuci pakaian yang telah terkena keringat malah akan membuat bau tidak sedapnya sukar dihilangkan, lho.

Cucilah pakaian kotor sekalian kamu mandi pagi atau sore. Kalaupun kamu akan membawanya ke laundry satu atau dua kali dalam seminggu, angin-anginkan pakaian yang basah oleh keringat sampai kering agar tak berjamur.

4. Kamar mandi dalam yang jarang dibersihkan

7 Sumber Bau di Kamar Kos Kamu Ini Harus Segera Diatasi!ilustrasi kamar mandi (pexels.com/Christa Grover)

Tinggal di kamar kos dengan fasilitas kamar mandi dalam memang enak. Kamu jadi gak perlu antre buat mandi atau buang air. Kamu juga gak perlu bergantian piket dengan teman satu kos, jika gak ada asisten rumah tangga.

Namun, kamar mandi yang jarang dibersihkan pasti akan mengeluarkan bau tak sedap yang memenuhi kamarmu. Kalau begini, apakah kamu masih bisa bermimpi indah?

Bersihkan kamar mandi paling tidak seminggu sekali dengan cairan pembersih. Jika kamar mandimu menggunakan bak, kuraslah agar tak menjadi sarang nyamuk.

5. Handuk yang gak pernah diganti atau dijemur

7 Sumber Bau di Kamar Kos Kamu Ini Harus Segera Diatasi!ilustrasi handuk (pexels.com/Karolina Grabowska)

Gak seperti pakaian untuk bepergian yang kerap diganti biar gak malu-maluin, handuk biasanya terlupakan. Hayo, sudah berapa bulan atau bahkan tahun handukmu gak dicuci?

Ih, jangan jorok begitu, ya! Ingat, setiap kali kamu menggunakannya, handukmu pasti basah. Tidak segera menjemurnya di bawah matahari saja sudah bisa membuatnya berjamur dan bau.

Apalagi jika gak pernah dicuci? Belilah beberapa handuk baik yang berukuran besar untuk mandi maupun kecil untuk sekadar cuci muka agar kamu dapat menggunakannya bergantian. 

6. Sirkulasi udara yang buruk

7 Sumber Bau di Kamar Kos Kamu Ini Harus Segera Diatasi!ilustrasi orang sedang menatap ke luar jendela (pexels.com/Tatiana)

Aliran udara yang lancar amat penting untuk kesehatanmu. Kalau jendela kamarmu gak pernah dibuka, semua bau tak sedap akan sulit keluar.

Lama-lama, kamu bakal sesak napas. Meski kamarmu menggunakan pendingin ruangan, tetaplah membuka jendela secara rutin. Misalnya, di pagi hari sampai menjelang siang sebelum kamu mulai menyalakan pendingin ruangan.

7. Kapan terakhir mengganti sarung bantal dan guling?

7 Sumber Bau di Kamar Kos Kamu Ini Harus Segera Diatasi!ilustrasi bantal (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Ini juga perlengkapan pribadimu yang kerap senasib dengan handuk. Digunakan setiap hari, tapi sering dilupakan kebersihannya.

Padahal, kamu dapat berkeringat atau bahkan berliur saat tidur. Seminggu saja sudah berbau gak sedap, apalagi berbulan-bulan?

Kalaupun tak bisa sering mencuci seprainya karena ukuran yang besar, minimal sarung bantal dan gulingnya rutin seminggu sekali diganti. Sarung bantal yang kotor juga membuatmu lebih mudah jerawatan, lho.

Sudah ketahuan mana saja yang menjadi biang bau di kamar kosmu? Lekaslah membersihkannya, agar kamu lebih nyaman menghuninya. Jangan tunggu sampai menimbulkan penyakit!

Baca Juga: 9 Inspirasi Kamar Tidur Bertema Colorful, Ganti Suasana untuk Anak Kos

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya