Comscore Tracker

5 Sikapmu pada Orang Lain Ini Pertanda Kamu Merasa Insecure

Lebih baik kamu hindari dari sekarang deh!

Perasaan insecure atau gelisah dengan keadaan diri sendiri merupakan hal yang bisa dialami setiap orang. Tapi, setiap orang punya cara tersendiri dalam mengatasinya. Ada orang yang bisa mengendalikannya, tapi ada juga yang justru membiarkannya terus-menerus tanpa sadar.

Untuk mendeteksinya, perasaan insecure juga bisa terlihat dari sikap kita terhadap orang lain. Apa saja? Simak ulasan berikut.

1. Kamu merasa senang jika membicarakan keburukan orang lain

5 Sikapmu pada Orang Lain Ini Pertanda Kamu Merasa InsecureUnsplash/Ben White

Saat membicarakan keburukan orang lain membuat kamu senang, itu bisa menjadi tanda kalau kamu merasa insecure dan memilih untuk melampiaskannya dengan cara membicarakan orang lain.

Kamu sangat takut jika orang lain membicarakan hal buruk tentangmu, sehingga dengan membicarakan orang lain, kamu akan merasa aman.

2. Kamu merasa bahwa orang lain lebih rendah dibanding dirimu

5 Sikapmu pada Orang Lain Ini Pertanda Kamu Merasa InsecureUnsplash/Tamara Bellis

Memandang orang lebih rendah darimu juga bisa menjadi tanda kalau kamu sebenarnya terjebak dalam perasaan insecure.

Jauh di lubuk hatimu, sebenarnya kamu ragu dengan dirimu sendiri, sehingga dengan menganggap orang lain lebih rendah darimu bisa membuatmu menghindari ketakutan itu. Padahal, hal itulah yang justru membuatmu semakin merasa insecure.

3. Kamu cenderung menyalahkan orang lain atas kesalahan yang kamu buat

5 Sikapmu pada Orang Lain Ini Pertanda Kamu Merasa InsecurePexels/Vera Arsic

Kebiasaan menyalahkan orang lain merupakan bentuk ketakutan dan kegelisahan terhadap diri sendiri. 

Jika kamu melakukan kesalahan, sudah semestinya kamu mengakuinya dan bukan melimpahkan masalah kepada orang lain. Percayalah, dengan mengakui kesalahan diri sendiri, kamu akan belajar berbesar hati dan menerima dirimu lebih baik lagi.

Baca Juga: Jangan Menyerah Dulu, Ini 5 Tips Menghadapi Pasangan yang Insecure

4. Kamu sering merasa iri dengan orang lain

5 Sikapmu pada Orang Lain Ini Pertanda Kamu Merasa InsecureUnsplash/freestocks.org

Sadar atau tidak, sikap iri hati yang terus-menerus kamu lakukan justru menjadi tanda kalau kamu tidak percaya diri. Semakin kamu iri dengan kelimpahan yang dimiliki orang lain, akan membuatmu selalu merasa kurang dan sulit untuk bersyukur.

Daripada iri hati, lebih baik kamu fokus untuk mengembangkan kelebihan yang kamu miliki agar bisa bermanfaat bagi hidupmu.

5. Mengejek orang lain membuatmu merasa lebih baik

5 Sikapmu pada Orang Lain Ini Pertanda Kamu Merasa InsecurePexels/ELEVATE

Jika mengejek orang lain membuatmu merasa lebih baik, mungkin itu suatu tanda kalau kamu sebenarnya merasa insecure.

Kamu cenderung tidak yakin dengan dirimu sendiri, sehingga dengan mengejek orang lain membuatmu merasa lebih percaya diri. Kepercayaan diri seharusnya kamu kembangkan dari hal-hal positif yang kamu punya, sehingga kamu bisa lebih yakin bahwa dirimu adalah pribadi yang berharga.

Nah, itulah beberapa sikap yang jika kamu lakukan kepada orang lain, bisa menjadi tanda kalau kamu merasa insecure. Tidak ada orang yang sempurna. Daripada tenggelam dalam ketidakyakinan pada diri sendiri, lebih baik kamu fokus mengembangkan potensi yang kamu miliki agar bisa menjadi lebih baik lagi.

Baca Juga: Hati-hati, 6 Ucapan Ini Bisa Bikin Perempuan Insecure Lho!

Martaria Yohana Photo Community Writer Martaria Yohana

a journey of a thousand miles begins with a single step :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You