Comscore Tracker

5 Dampak Negatif Ketika Kamu Suka Memfitnah Orang Lain

Tidak ada kata terlambat untuk berubah 

Kesadaran dalam diri itu penting agar tidak terjadi fitnah. Ketika kamu menjadi salah satu orang yang suka memfitnah orang lain, secara tidak langsung hal itu membawa kamu ke arah pergaulan yang buruk. Orang lain bahkan menilai kamu sebagai pembohong. Lebih baik jujur dan segera berubah karena itu, akan membawa kamu menjadi pribadi yang lebih bijaksana. Berikut ini lima dampak negatif ketika kamu suka memfitnah orang lain. 

1. Kamu akan dikucilkan

5 Dampak Negatif Ketika Kamu Suka Memfitnah Orang LainPexels/Daniel Reche

Agar terlihat baik maka kamu lebih memilih untuk memfitnah orang lain. Padahal hal tersebut salah dan membuat masalah kamu semakin bertambah. Jika ketahuan bahwa kamu yang berbuat salah dan tidak mengaku maka, siap-siap akan dikucilkan oleh orang sekitar. Ini justru membuat kamu kehilangan teman dan tidak ada yang membelamu. 

2. Sulit mendapat kepercayaan dari orang lain

5 Dampak Negatif Ketika Kamu Suka Memfitnah Orang LainPexels/Daria Shevtsova

Butuh waktu dan usaha untuk membuat orang lain percaya dengan kamu. Tapi jika kamu membiasakan diri dengan memfitnah orang lain, bisa jadi mereka tidak akan mempercayaimu lagi. Karena lebih banyak yang kamu ucapkan adalah dusta bukan kebenaran. Alhasil, ketika kamu jujur tidak ada yang peduli dan kelamaan hal tersebut membuatmu sakit hati. 

Baca Juga: 5 Cara Bijak Atasi Fitnah yang Ditujukan Padamu

3. Tidak dapat mencapai kesuksesan

5 Dampak Negatif Ketika Kamu Suka Memfitnah Orang LainPexels/Elijah O'Donnell

Memfitnah orang lain merupakan salah satu penghambat kamu dalam mencapai kesuksesan. Kamu berusaha menjatuhkan orang lain, dan bagaimana orang tersebut membantumu dalam mencapai kesuksesan. Jadi, sebenarnya harus ada timbal balik dan tidak boleh kalau hanya kamu yang beruntung dan orang lain rugi. 

4. Tidak mendapat kedamaian dalam hidup

5 Dampak Negatif Ketika Kamu Suka Memfitnah Orang LainPexels/Keenan Constance

Damai yang sesungguhnya dalam hidup adalah ketika kamu mampu menghargai orang lain. Hidup penuh dengan tekanan karena kamu suka memfitnah orang-orang. Jadi, bagaimana kamu mendapat kedamaian dalam hidup jika orang lain tidak menyukai dan menjauh dari dirimu. 

Cobalah buang kebiasaan buruk ini dan belajar untuk jujur walaupun itu sulit. Karena memfitnah orang lain membuat kamu sulit mendapat kedamaian hidup. 

5. Sulit memiliki teman

5 Dampak Negatif Ketika Kamu Suka Memfitnah Orang LainPexels/Pixabay

Memfitnah orang lain sering kamu lakukan agar menutupi kesalahan yang diperbuat. Segera ubah cara pikirmu tersebut, karena dengan begitu semakin lama kamu akan sulit memiliki teman. Kamu sudah dicap sebagai tukang memfitnah dan tersebarlah hal tersebut. Bagaimana orang lain mau berteman dengan tulus, jika kamu saja bermaksud jahat. 

Memfitnah orang lain hanya enak sesaat tetapi, sadarilah dampak negatifnya akan sangat besar menimpa kamu. Jadi, lebih baik berubah mulai sekarang sebelum terlambat.

Baca Juga: 5 Dampak Buruk Jika Terbiasa Berbohong, Apa Untungnya Sih?

Martha Telaumbanua Photo Community Writer Martha Telaumbanua

Penulis muda yang selalu berkarya.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You