Comscore Tracker

5 Dampak Negatif Ketika Memiliki Sifat Egois, Jangan Sampai Itu Kamu!

Hanya merugikan diri sendiri

Egois membuat kamu susah menerima nasihat dan justru menjerumuskan diri ke hal yang salah. Tanpa kamu sadar, bahwa egois adalah sifat yang tidak pantas untuk kamu pelihara. Apa salahnya memiliki sifat rendah hati jika hal tersebut membawa kamu pada kebahagiaan hidup. 

Lebih baik, latih untuk menghargai orang lain karena itu mampu membuat kamu belajar untuk tidak egois. Menghargai perbedaan, tingkah laku, dan pendapat orang lain menandakan kamu adalah pribadi yang tidak egois. Nah, berikut ini lima dampak negatif ketika kamu memiliki sifat egois. 

1. Tidak ada tujuan hidup

5 Dampak Negatif Ketika Memiliki Sifat Egois, Jangan Sampai Itu Kamu!Pexels/Pixabay

Jangan bangga jika kamu memiliki sifat egois karena membuat arah tujuan hidup menjadi tidak jelas. Kamu tetap tidak peduli terhadap orang lain pasti, hidup kamu tidak ada acuan. Kamu membuat hidup menjadi asal-asalan karena nasihat tidak mau kamu dengar. Jadi coba pikirkan lagi apakah kamu masih mau mempertahankan sifat ini atau segera berubah. 

2. Sulit menjadi seorang pemimpin

5 Dampak Negatif Ketika Memiliki Sifat Egois, Jangan Sampai Itu Kamu!Pexels/Daniel Reche

Egois membuat kamu menjadi pribadi yang sulit menerima pendapat orang lain. Tentu hal tersebut membuat kamu sulit menjadi seorang pemimpin. Mengajak anggota untuk bekerja sama adalah salah satu tugas pemimpin. 

Tapi, jika kamu suka mempertahankan pendapat dan tidak mau mendengarkan orang lain maka, anggota tidak dapat menghormati kamu. Sehingga kamu dapat dikatakan gagal untuk menjadi seorang pemimpin. 

Baca Juga: Jangan Takut, 5 Tanda Ini Menunjukkan Saatnya Egois dengan Keputusanmu

3. Sering mengalami kegagalan

5 Dampak Negatif Ketika Memiliki Sifat Egois, Jangan Sampai Itu Kamu!Pexels/Pixabay

Tanpa kamu sadar, egois membentuk kepribadian menjadi orang yang sulit dibimbing. Sehingga kamu akan sering mengalami kegagalan. Karena sebuah kesuksesan dapat terjadi jika kamu mampu bersikap rendah hati. Jadi, lebih baik ubah kebiasaan buruk tersebut dan pelihara sifat rendah hati. Itu akan jauh lebih baik untuk masa depan kamu.  

4. Tidak memiliki teman

5 Dampak Negatif Ketika Memiliki Sifat Egois, Jangan Sampai Itu Kamu!Pexels/Pixabay

Dan dampak negatif lainnya, egois menjadikan kamu sebagai seorang pemberontak sehingga tidak ada orang yang mau berteman dengan kamu. Dan justru ketika ada nasihat dari teman-teman, kamu malah tidak peduli dan mengeraskan hati juga pikiran. Tentu, orang terdekat akan lelah berteman dengan kamu. Dan lambat-laun kamu merasa kesepian tanpa ada teman sejati. 

5. Selalu mendapat masalah dalam hidup

5 Dampak Negatif Ketika Memiliki Sifat Egois, Jangan Sampai Itu Kamu!Pexels/Nathan Cowley

Tidak ada manusia yang dapat hidup sendiri karena butuh orang lain dalam memberi pendapat. Tapi jika kamu termasuk pribadi yang egois pasti, sulit bagi kamu untuk menerima pendapat orang. Itu sama saja bahwa kamu mengundang masalah setiap hari dalam hidup. Banyak orang yang mencari cara untuk mengatasi masalah tetapi kamu malah suka menambah masalah. 

Untuk mempertahankan sesuatu yang baik itu memang sulit tetapi, tidak ada salahnya untuk mengubah sifat buruk menjadi hal positif dalam diri. 

Baca Juga: 5 Kalimat yang Sering Digunakan Orang Egois, Kamu Termasuk Gak?

Martha Telaumbanua Photo Community Writer Martha Telaumbanua

Penulis muda yang selalu berkarya.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You