Comscore Tracker

Lewat Konten Komedi, Ini Cerita Avan the Love Temukan #SerunyadiTikTok

Kamu juga bisa jadi kreator konten di TikTok lho!

Baru-baru ini, TikTok, destinasi terdepan untuk video singkat, meluncurkan kampanye bertajuk #SerunyadiTikTok untuk mengajak masyarakat mengekspresikan kreativitas serta membagikan kebahagiaan dengan cara seru melalui konten video singkat di TikTok. 

Salah satu kategori konten yang paling banyak digemari di TikTok adalah kategori komedi, yang akhirnya menjadikan TikTok sebagai platform untuk mendapatkan berbagai konten yang menghibur. Sejumlah kreator dari berbagai kategori turut memeriahkan kampanye ini, termasuk dari kategori komedi yang berhasil mencuri perhatian para pengguna TikTok.

Salah satu kreator di kategori komedi yang banyak dikenal adalah Avan the Love, dengan menghadirkan persona khas, Avan selalu menyajikan konten yang mengangkat situasi sehari-hari yang terkadang memicu emosi, tapi tetap dikemas dengan humor dan berhasil mengundang gelak tawa bagi komunitas TikTok. Penasaran seperti apa cerita dari Avan the Love? Yuk, cek di bawah ini!

1. TikTok sebagai wadah mengekspresikan kreativitas selama pandemik

Lewat Konten Komedi, Ini Cerita Avan the Love Temukan #SerunyadiTikTokAvan The Love, kreator konten TikTok (Instagram/avanputravan24)

Avan Putravan, nama asli Avan the Love, sebelumnya bekerja sebagai MC dan personal trainer di salah satu gym di Jakarta. Namun, kariernya terpaksa terhenti karena dampak pandemik. Avan pun mulai memanfaatkan TikTok untuk mengisi waktu luangnya dan menuangkan ide-ide kreatifnya, dengan narasi serta karakter Avan yang keras. Ia mengaku kerap mendapatkan ide konten dari situasi yang biasa dihadapi setiap hari, misalnya saat bertemu mantan kekasih, reuni dengan teman yang mengesalkan, atau pengalaman saat wawancara kerja. 

Di balik ciri khas kontennya, Avan mengaku bahwa ia hanya ingin menyuarakan hal tabu yang jarang diutarakan secara terbuka oleh masyarakat. Dalam kontennya, Avan biasa mengangkat hal yang secara umum dirasakan dan dipikirkan orang banyak, tapi tidak ada yang berani untuk menyampaikannya. Peran itu diambil oleh Avan semata-mata hanya untuk memberikan keseruan kepada para pengguna TikTok dan bukan sebagai ujaran kebencian atas pihak tertentu. 

“Aku hanya mau embrace myself di TikTok. Aku ingin jujur dan menunjukkan diriku secara apa adanya di setiap konten. Tapi, aslinya hatiku malaikat kok, hahaha," gurau Avan.

Lewat Konten Komedi, Ini Cerita Avan the Love Temukan #SerunyadiTikTokTangkapan layar Avan The Love, kreator konten TikTok (TikTok/avanthelove)

Baca Juga: 10 Foto Avan Putravan, Artis TikTok Berkonten 'Pegawai Magang Nyinyir'

2. Memanfaatkan masukan dari pengguna lain sebagai semangat belajar

Lewat Konten Komedi, Ini Cerita Avan the Love Temukan #SerunyadiTikTokAvan The Love, kreator konten TikTok (Instagram/avanputravan24)

Mengunggah konten yang dekat dengan hidup dan topik sehari-hari membuat banyak pengguna mereka relate dengan konten dari Avan. Banyak pengguna lain yang ikut memberikan komentar kepada Avan, baik melalui kolom komentar maupun memberikan reaksi kepada konten Avan menggunakan fitur “Stitch” di TikTok. Hal ini sering dimanfaatkan Avan untuk mendapatkan inspirasi dalam membuat konten lainnya.

“Pengguna lain pasti punya kesan yang berbeda saat menonton kontenku, ada yang setuju dan ada juga yang memberikan masukan. Awalnya memang aku deg-degan, khawatir mereka salah paham dengan cerita di konten. Tapi, lama-kelamaan mereka mengerti dan akhirnya bisa merasa terhibur dengan konten videoku," tutur Avan.

3. Keseruan berinteraksi dengan pengguna lain

Lewat Konten Komedi, Ini Cerita Avan the Love Temukan #SerunyadiTikTokAvan The Love, kreator konten TikTok (Instagram/avanputravan24)

Avan merupakan salah satu kreator yang selalu membangun interaksi dengan para penggunanya. Dengan menggunakan karakter komedi, konten-konten Avan berhasil mengundang gelak tawa pengguna lainnya dan mendapatkan lebih dari 3,2 juta pengikut serta 123,9 likes. Selain itu, Avan beberapa kali juga memanfaatkan fitur reply with video di TikTok, untuk membalas gurauan para followers setianya dalam bentuk video

Selain itu, konten komedi yang relatable dengan keseharian banyak orang, memancing para pengguna untuk saling berinteraksi melalui cerita pribadi yang jenaka. Seperti konten Avan yang menggambarkan situasi makan bersama keluarga, banyak pengguna yang bercerita pengalaman pribadinya melalui kolom komentar.

Lewat Konten Komedi, Ini Cerita Avan the Love Temukan #SerunyadiTikTokTangkapan layar Avan The Love, kreator konten TikTok (TikTok/avanthelove)

4. Membangun karier sebagai kreator konten

Lewat Konten Komedi, Ini Cerita Avan the Love Temukan #SerunyadiTikTokAvan The Love saat memerankan karakter Mas Yos dalam film Vertikal 'X&Y' di TikTok (Dok. TikTok).

Dengan karakter yang khas, konten-konten Avan semakin banyak dikenal dan disukai oleh pengguna lainnya. Kepopulerannya ini mengantarkannya ke berbagai peluang kolaborasi, baik dengan sesama kreator, brand, ataupun dengan platform TikTok sendiri. Avan juga menjadi salah satu kreator yang ikut berperan di film pendek vertikal pertama TikTok berjudul "X&Y" dan membintangi video kampanye terbaru #SerunyadiTikTok bersama Najwa Shihab bersama kreator terpilih lainnya.

Dengan kreativitasnya, Avan terus mengeksplorasi berbagai cerita untuk konten TikToknya, selagi mempertahankan ciri khas ‘julidnya’, hingga kini ia dijuluki 'King of Roasting'. Kini, ia mantap menjalani karier sebagai kreator konten, baik sebagai influencer untuk mendukung aktivitas pemasaran brand maupun sebagai host untuk berbagai program di sejumlah platform.

"Seiring dengan bertambahnya jumlah kreator dan konten yang hadir di TikTok, kami senang sekali melihat platform ini bisa menjadi rumah kreatif bagi para pengguna untuk mengekspresikan diri serta berbagi keseruan untuk sesama. Kami juga sangat senang melihat kreator seperti Avan bisa ditemukan oleh banyak orang, yang membuat Avan terus bersemangat untuk berbagi konten seru yang menghibur. Bersama para kreator, kami tidak henti-hentinya ingin mendorong pengguna untuk  terus mengekspresikan kreativitas mereka di TikTok dan sama-sama merasakan #SerunyadiTikTok," kata Angga Anugrah Putra, Head of Operations, TikTok SEA. 

Untuk melihat berbagai keseruan lainnya di TikTok, yuk ikuti akun resmi TikTok Official Indonesia atau tagar #SerunyadiTikTok. (WEB)

@tiktokofficialindonesia Apapun yang kamu suka, yuk sama-sama temukan #SerunyadiTikTok! Kasih tau mimin dong, apa sih yang paling seru di TikTok versi kamu? #SerunyadiTikTok ♬ original sound - tiktokIDofficial

Baca Juga: Lagi Tren di TikTok, Apa itu Emoji Mix? Ini Cara Ikut Main

Topic:

  • Marwan Fitranansya

Berita Terkini Lainnya