5 Cara Tetap Fokus untuk Penderita ADHD, No Multitasking!

Kalahkan distraksi yang muncul!

Distraksi menjadi musuh besar ADHD yang seringkali menghantui mereka. Mulai dari suara, cahaya, hingga gerakan bisa membuat mereka hilang fokus. Meskipun diberkahi dengan kemampuan hiperfokus, tetapi kenyataannya yang lebih sering dialami adalah fokus yang mudah teralihkan.

Untuk itu penting bagi individu dengan ADHD mencari cara agar fokus mereka tidak mudah hilang dan menghambat pekerjaan yang mereka miliki. Buat kamu yang sedang mencari cara untuk menjaga fokus meskipun memiliki ADHD, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Apa aja? Stay tune, ya!

Baca Juga: 5 Potensi Besar Sebagai ADHD di Kantor, Aset buat Perusahaan!

1. Hindari multitasking

5 Cara Tetap Fokus untuk Penderita ADHD, No Multitasking!ilustrasi multitasking (pexels.com/RDNE Stock project)

Menyelesaikan tugas dengan tepat waktu ataupun lebih awal memang penting, tapi jangan coba melakukannya dengan cara multitasking jika kamu memiliki ADHD. Riset Journal of Experimental Psychology: Human Perception and Performance menemukan bahwa multitasking berakibat buruk pada pemeliharaan fokus.

Saat melakukan multitasking, kinerja fungsi eksekutif akan menjadi terhambat. Fungsi eksekutif seperti perencanaan, organisir, pengambilan keputusan, hingga eksekusi rencana sangat penting untuk menjaga fokus. Pada orang ADHD, fungsi ini kurang berjalan dengan baik. Dengan melakukan multitasking, maka akan memperparah terhambatnya fungsi eksekutif pada ADHD. Akibatnya, mereka akan kesulitan untuk tetap fokus.

2. Buat deadline!

5 Cara Tetap Fokus untuk Penderita ADHD, No Multitasking!ilustrasi deadline (pexels.com/RDNE Stock project)

Seringkali individu dengan ADHD suka memanfaatkan “The Power of Kepepet.” Padahal jangka waktu yang diberikan sudah panjang atau bahkan tidak ada deadline pasti.

Oleh sebab itu, penting bagi penderita ADHD untuk membuat deadline pasti dalam jangka waktu dekat. Penekanan urgensi dengan deadline pendek membuat mereka akan bersemangat dalam menyelesaikan tugas. Dengan menetapkan deadline jangka pendek yang pasti akan membuat individu dengan ADHD lebih fokus dalam mengerjakan tugas mereka.

Baca Juga: 5 Kelebihan jadi ADHD yang Mungkin Gak Kamu Sadari

3. Kuras semua isi kepalamu!

5 Cara Tetap Fokus untuk Penderita ADHD, No Multitasking!ilustrasi fokus (pexels.com/RDNE Stock project)

Penyebab terganggunya fokus ADHD bisa saja datang dari diri sendiri. Dalam hal ini pikiran mereka yang random dapat membuat fokus mereka buyar. Jika hal ini menjadi alasanmu, kamu perlu menguras isi kepalamu.

Untuk melakukannya, kamu bisa meletakan buku catatan di dekat meja kerjamu. Nah, jika ada ide atau pemikiran yang muncul saat kamu bekerja, tulis dalam catatan tadi. Dan saat pekerjaanmu sudah selesai, buka buku catatanmu dan lakukan jika ada hal yang perlu dilakukan. Dengan membuat daftar pikiran, kamu bisa menangani pikiran random yang muncul saat kamu bekerja.

4. Buat notes untuk diri sendiri

5 Cara Tetap Fokus untuk Penderita ADHD, No Multitasking!ilustrasi notes motivasi (pexels.com/cottonbro studio)

Saat kamu mulai kehilangan fokus, sangat penting untuk mengembalikan fokusmu. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan cara membuat notes.

Notes tersebut bisa berisi rules, to do list, ataupun motivasi untuk kamu lebih fokus. Kamu bisa menempatkan notes tersebut ditempat yang selalu kamu lihat. Notes ini akan mengingatkan kamu untuk fokus lagi ketika mulai terdistraksi.

5. Ubah tugasmu jadi game yang menyenangkan

5 Cara Tetap Fokus untuk Penderita ADHD, No Multitasking!ilustrasi fokus (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Salah satu alasan kenapa kamu mudah kehilangan fokus adalah tugas yang dilakukan terlalu membosankan. Kamu bisa mengatasinya dengan mengubah tugasmu jadi game yang mengasyikan.

Tapi, emangnya tips ini bisa membuat lebih fokus? Alasan mengapa individu dengan ADHD sulit fokus adalah adanya gangguan regulasi dopamin dalam otak. Gangguan ini menyebabkan mereka mudah kehilangan fokus dan motivasi yang rendah (Neuropsychiatric disease and treatment, 2008). Sehingga untuk menyiasatinya, bisa dilakukan dengan melakukan aktivitas yang meningkatkan dopamin dalam tubuh. Salah satunya dengan mengubah tugas yang dilakukan jadi game yang menyenangkan. Hal ini bisa dilakukan dengan menerapkan reward jika kamu berhasil ataupun metode lain yang membuatmu nyaman.

Jika kamu menderita ADHD, sangatlah lumrah jika kamu kesulitan untuk tetap fokus. Tapi, bukan berarti kamu pemalas dan tidak bisa bekerja dengan baik, ya! Dengan mencari solusi, mencoba, dan mencari mana yang cocok membuktikan kamu berkomitmen dan bertanggung jawab pada pekerjaanmu. So, tetap semangat, ya!

Baca Juga: 5 Efek yang Mungkin Terjadi Ketika Kondisi ADHD Tidak Ditangani!

Masrurotul Hikmah Photo Verified Writer Masrurotul Hikmah

A girl with ADHD and still learn to manage it!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Fajar Laksmita

Berita Terkini Lainnya