Comscore Tracker

Bukan Jutek, Sedikit Bicara Justru Bisa Berikan 6 Manfaat Ini

Diam itu emas lho, talk less do more!

Kebanyakan kita berbicara sekitar 16.000 kata per hari. Tentu saja, angka-angka tersebut bervariasi tergantung pada pekerjaan, berapa banyak orang yang tinggal bersama, dan berapa banyak orang yang berinteraksi dengan kita setiap hari.

Hal itu juga akan berpengaruh pada banyaknya jumlah informasi yang masuk melalui otak kita. Jadi, pada saat tertentu terkadang otak kita membutuhkan kedamaian dan di sanalah kita berlatih untuk diam atau tidak terlalu banyak bicara.

Mungkin hal tersebut bisa menjadi pengalaman yang menakutkan pada awalnya. Orang-orang akan berpikir bahwa sering diam dan tidak banyak bicara berarti kehilangan kemampuan untuk berkomunikasi.

Padahal berdiam diri selama beberapa hari dapat memberi perasaan bebas yang mungkin belum pernah kita alami sebelumnya. Selain itu juga dapat mengarah pada hubungan yang lebih kuat dengan diri kita dan memberikan perasaan damai yang sejati.

Berikut ini beberapa manfaat yang bisa kita rasakan ketika kita belajar untuk tidak terlalu banyak bicara.

1. Menghilangkan tekanan

Bukan Jutek, Sedikit Bicara Justru Bisa Berikan 6 Manfaat Iniunsplash.com/whoislimos

Berdiam diri akan memungkinkan kita memiliki waktu untuk berpikir tentang apa tanggapan jujur yang ingin kita berikan. Kita juga tidak akan tergesa-gesa dalam memberikan komentar dan mampu menyampaikan pesan dengan cara yang baik sehingga orang lain tidak akan tersinggung dengan ktitikan jujur yang kita sampaikan.

Hal ini penting, terutama jika pertanyaan yang dilontarkan merupakan sesuatu yang sulit dan akan menyebabkan respons yang menekan.

2. Membantu membuat keputusan yang lebih baik dalam jangka panjang

Bukan Jutek, Sedikit Bicara Justru Bisa Berikan 6 Manfaat Iniunsplash.com/victoriano

Dengan berlatih diam, kita dapat memastikan bahwa selain mendengar pendapat semua orang tentang permasalahan yang kita alami, kita juga bisa mendengar pendapat sendiri yang justru mungkin takut untuk kita bagikan.

Semua hal yang tersembunyi di bawah pembicaraan kita sendiri atau suara lainnya akan bisa kita dengar dan menjadi bahan renungan. Hal itu akan membuat diri kita menjadi lebih peka baik terhadap orang lain maupun pada lingkungan sekitar.

 

3. Membantu berpikir sebelum berbicara

Bukan Jutek, Sedikit Bicara Justru Bisa Berikan 6 Manfaat Iniunsplash.com/kmw152

Terkadang berbicara adalah cara yang sering kita gunakan untuk menyuarakan pikiran yang cemas dan penuh tekanan, tetapi berbicara tanpa akhir juga bisa membuat kita sulit menemukan solusi dari sebuah permasalahan. Kita cenderung terlalu fokus pada hal-hal yang mengganggu kita saat membicarakan suatu permasalahan yang dialami.

Hal itu akan membuat kita menjadi tidak bisa lagi berpikir positif dan sulit menangkap hikmah dari permasalahan yang dialami atau yang terjadi di lingkungan sekitar.

Baca Juga: Gak Bisa Basa-basi, 6 Zodiak Cewek Ini Paling Suka Bicara Blak-blakan

4. Menghadirkan rasa nyaman

Bukan Jutek, Sedikit Bicara Justru Bisa Berikan 6 Manfaat Iniunsplash.com/mvp

Banyak orang merasa tidak nyaman dengan keheningan, merasa hampir selalu membosankan terutama selama interaksi sosial. Tapi ketika kita berlatih untuk diam dan tidak terlalu banyak bicara, kita akan lebih banyak memperhatikan orang lain. Kita dapat mengenal sifat-sifat mereka sehingga mampu merasakan bagaimana rasanya berada di ruangan yang dipenuhi orang-orang dan tahu bahwa tidak ada hal buruk yang akan terjadi hanya karena bicara sedikit saja.

5. Menjadi pendengar yang lebih baik

Bukan Jutek, Sedikit Bicara Justru Bisa Berikan 6 Manfaat Iniunsplash.com/ann_van_

Jika kita tidak terlalu banyak memotong pembicaraan orang lain atau memberikan feedback yang panjang ketika teman atau lawan biacara kita bercerita maka kita akan lebih mampu menguasai ruang sendiri. Mengisinya dengan hal hal yang seringkali luput dari perhatiaan kita seperti kontak mata, menangkap isyarat, dan informasi bahasa tubuh yang mungkin tidak dibagikan secara lisan.

Itu membuktikan bahwa kita tidak hanya bersimpati tetapi juga memiliki empati terhadap dan benar-benar ingin mendengarkan lawan bicara kita.

6. Memberi kesempatan hati untuk berbicara

Bukan Jutek, Sedikit Bicara Justru Bisa Berikan 6 Manfaat Iniunsplash.com/aiony

Saat kita tumbuh dewasa dan dihadapkan dengan lebih banyak tantangan dan tanggung jawab hidup, idealisme kita akan banyak diuji. Kita semakin sulit untuk mendengarkan kata hati kita sendiri. Terkadang kita juga menjadi orang yang kontradiktif diantara kata-kata dan tindakan.

Berdiam diri berarti kita memiliki kesempatan untuk mendengarkan apa yang hati kita katakan, membuat kita lebih bijak dalam mengambil keputusan. Dengan demikian sedikit sekali kemungkinan kita akan kecewa saat kita sudah mengambil sebuah keputusan.

So guys, jangan sampai kita langsung menilai buruk orang yang pendiam karena terkadang ada banyak hal baik yang belum kita ketahui di balik sifat seseorang.

Setiap orang memiliki karakteristik masing-masing yang unik dengan kelebihan dan kekurangannya. Tidak ada yang manusia sempurna, tetapi kita bisa menjadi sempurna dengan saling melengkapi dan memaklumi.

Baca Juga: Suka Bicara, 5 Zodiak Cewek Ini Konon Kabarnya Ceriwis Banget!

Melia Rosalina Photo Verified Writer Melia Rosalina

Menulis untuk belajar.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You