Comscore Tracker

Mulai Lelah Mengejar Mimpi? Coba Lakukan 5 Hal Ini Agar Semangat Lagi!

#GoodLife Tetap berjuang guys!

Pernah merasa stuck dan kehilangan semangat ketika kamu sedang berusaha mewujudkan impianmu? Tenang guys, hal itu wajar dan pasti pernah dialami oleh setiap orang yang punya cita-cita. Ada kalanya kamu bisa jenuh karena merasa setiap usaha yang dilakukan belum juga menuaikan hasil bahkan mungkin sempat terpikir bahwa apa yang selama ini diperjuangkan adalah sesuatu yang sia-sia?

Tapi, tidak ada yang sia-sia dari yang namanya usaha, karena percayalah bahwa semua usaha yang kamu lakukan tidak akan dikhianati oleh hasil yang akan kamu capai nanti. Jika ada awal pasti ada akhir, di mana usaha kamu pasti akan berhasil, jadi jangan putus asa dan tetaplah bertahan dengan mencoba beberapa tips baik di bawah ini.

1. Istirahatlah sejenak dari rutinitasmu, jangan memaksakan diri

Mulai Lelah Mengejar Mimpi? Coba Lakukan 5 Hal Ini Agar Semangat Lagi!unsplash/Lukasz Saczek

Mengistirakan tubuh dan pikiran merupakan hal yang sangat penting, hal ini bisa menjadikan tubuh dan pikiranmu lebih rileks. Jika kamu memaksakan diri untuk terus bekerja atau berkarya sampai lupa untuk beristirahat bisa-bisa tubuhmu drop juga stres.

Kalau kamu sudah gak sehat apalagi pikiranmu mulai stress maka hal itu justru akan membuatmu jadi tidak produktif. Wajar saja kalau kamu tidak bisa menemukan ide di saat-saat seperti ini. Jadi, jangan lupa untuk istirahat ya guys! Siapa tahu setelah beristirahat kamu justru bisa menemukan ide yang keren.

2. Cobalah jalan-jalan sejenak di pagi atau sore hari

Mulai Lelah Mengejar Mimpi? Coba Lakukan 5 Hal Ini Agar Semangat Lagi!unsplash/abi ismail

Mungkin kamu sudah terlalu lama berada di depan komputer atau meja kerjamu dan bisa jadi hal ini yang membuatmu kehabisan ide. Mencari inspirasi dengan membaca buku atau berselancar di dunia maya memang akan lebih memudahkan, tapi tetap saja ada perbedaannya. Segala hal-hal yang ada di dalam buku atau internet adalah sesuatu yang biasanya sudah mainstream karena itu mungkin ide yang kamu dapatkan juga tidak akan jauh berbeda.

Berjalan-jalan sejenak di pagi atau sore hari lebih memungkinkan untuk kamu menukan banyak hal baru yang menginspirasi dan pastinya berbeda dari biasanya. Selain itu hal ini juga akan semakin mengembangkan pikiranmu karena tahu bagaimana realita kehidupan dengan mengamati orang-orang yang kamu temui selama berjalan-jalan. Mulailah dengan berbelanja ke pasar terdekat, mengantar adik sekolah atau hanya sekedar bermain di taman kota.

Baca Juga: Sentil Kehidupan Masa Kini, 7 Quotes Buya Hamka Bikin Semangat!

3. Perluas pertemanan dan temukan orang yang satu passion denganmu

Mulai Lelah Mengejar Mimpi? Coba Lakukan 5 Hal Ini Agar Semangat Lagi!unsplash/Wenni Zhou

Apa selama ini kamu berjuang sendirian? Bisa jadi hal ini yang membuatmu merasa kesepian sehingga mulai putus asa. Mungkin kamu merasa tidak ada orang yang peduli dengan cita-cita atau impianmu, jangan kan mereka peduli mengerti saja tidak. Inilah saatnya untuk kamu mencari orang yang paham akan passionmu, sehingga mereka tidak hanya sekedar mengamini keinginanmu tetapi juga mau membantumu mewujudkan mimpi bersama-sama.

Kalu kamu bercita-cita jadi seorang penulis misalnya kamu bisa gabung dengan komunitas menulis, dimana disana banyak orang yang punya ketertarikan dalam bidang yang sama denganmu dan kalian bisa saling berdiskusi.  

4. Ikuti kegiatan sosial

Mulai Lelah Mengejar Mimpi? Coba Lakukan 5 Hal Ini Agar Semangat Lagi!Unsplash/Rawpixel

Sama halnya dengan berjalan-jalan di pagi ata sore hari, melakukan kegiatan sosial akan mengembangkan kemampuan berpikirmu karena kamu akan lebih sering berinteraksi. Selain itu kamu juga bisa memperluas perteman di sini. Ada banyak orang baru yang kamu temui, kalian bisa saling berkenalan dan bertukar pikiran. Dari sanalah kamu bisa menambah pengetahuan yang bisa jadi inspirasi nantinya.

5. Kenali diri lebih dalam

Mulai Lelah Mengejar Mimpi? Coba Lakukan 5 Hal Ini Agar Semangat Lagi!unsplash/Joshua Earle

Bisa jadi kamu kehilangan inspirasi dan mulai merasa lelah karena sebenarnya kamu belum mengenal siapa diri kamu sebenarnya. Coba renungkan kembali tentang apa yang sebenarnya kamu inginkan, jangan-jangan impianmu selama ini bukanlah impianmu yang sebenarnya, kamu menginginkan berberhasilan dari hal yang justru tidak kamu suka.

Ada kemungkinan jika kamu benar-benar lelah dengan semua usahamu karena kamu melakukannya untuk orang lain bukan untukmu sendiri. Jika seperti itu maka wajar saja akmu akan mudah putus asa ketika kamu gagal, karena orang-orang yang berusaha kamu senangkan menunjukkan kekecewaannya, dan kamu mulai frustasi. Kamu merasa terbebani sampai-sampai kamu tidak tahu harus berbuat apa lagi.

So, mulailah untuk melakukan sesuatu dan berkarya melalui hal yang kamu sukai karena dengan melakukan apa saja yang memang kamu suka kamu pasti tidak akan merasa terbebani.

Dengan melakukan hal-hal di atas, mudah-mudahan kamu jadi semangat lagi dalam menggapai mimpimu!

Baca Juga: Jangan Dibayangin saja, Wujudkan Impianmu Pakai 6 Cara ini

Melia Rosalina Photo Verified Writer Melia Rosalina

Menulis untuk belajar.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You