Comscore Tracker

6 Ciri-ciri Penerimaan Diri yang Harus Dimiliki Generasi Millennial

Penerimaan diri dipandang komponen utama kesehatan mental

Hidup dipenuhi dengan kebutuhan-kebutuhan yang harus dipenuhi dan harapan-harapan yang menuntut untuk dicapai. Manusia memiliki kecenderungan untuk terus bergerak menuju pencapaian tersebut. Di era saat ini untuk mendapatkan segala sesuatu selalu disertai dengan kompetisi. Tak jarang hal ini mengendurkan motivasi millennials dalam melakukan berbagai hal.

Millennial harus memiliki penerimaan diri yang baik. Karena penerimaan diri berkorelasi positif dengan langkah-langkah penyesuaian diri, pencapaian kesejahteraan, hubungan interpersonal yang memuaskan, dan mempengaruhi evaluasi diri.

Ketika kita menerima keadaan diri, maka pada saat yang sama sebenarnya kita sedang memberikan perhatian yang positif terhadap diri sendiri. Ingin tau apakah kamu telah memiliki penerimaan diri yang baik? Yuk simak 6 ciri-ciri penerimaan diri berikut!

1. Memiliki pandangan yang positif terhadap diri sendiri

6 Ciri-ciri Penerimaan Diri yang Harus Dimiliki Generasi Millennialpexels/Andi Alexander

Hal yang paling dasar adalah mengenali kelebihan dan kekurangan diri sendiri. Pandangan yang positif tidak hanya penting pada kekurangan diri tetapi juga pada kelebihan dirinya. Dengan mengenali kelebihan yang dimiliki, seseorang dapat megoptimalkan kegiatan yang berkaitan dengan kelebihannya. Dan pandangan yang positif dapat membantu seseorang untuk berpikir bahwa kekurangan dirinya bukanlah suatu hambatan.

2. Dapat mengatur dan bertoleransi dengan keadaan emosi yang sedang dialami

6 Ciri-ciri Penerimaan Diri yang Harus Dimiliki Generasi Millennialfritz.photography.com

Dalam aktivitas sehari-hari, kita dapat mengalami berbagai emosi baik emosi positif maupun negatif. Mayoritas emosi memang didapatkan dari interaksi lingkungan di sekitar kita. Tetapi pada dasarnya kita dapat mengelola emosi yang hadir dalam diri kita. Sehingga dengan demikian kita akan dapat bertoleransi dengan frustrasi dan kemarahan atas kekurangan diri dengan baik tanpa perasaan yang tidak menyenangkan dan perasaan bermusuhan.

3. Dapat berinteraksi dengan baik pada orang lain

6 Ciri-ciri Penerimaan Diri yang Harus Dimiliki Generasi Millennialpexels/Min An

Kita tidak bisa lepas dari interaksi dengan orang lain dalam kegiatan sehari-hari. Karenanya kita membutuhkan hubungan interpersonal yang baik. Dua hal yang menjadi kriteria hubungan interpersonal yang baik dengan orang lain adalah kedekekatan dan kasih sayang. Coba lihat lagi hubungan pertemananmu, Millenials.

Baca Juga: 5 Fase Kehidupan yang Bakalan Kamu Alami, Sudah Siap Belum? 

4. Memiliki pemikiran yang realistis dan kemampuan untuk menyelesaikan masalah

6 Ciri-ciri Penerimaan Diri yang Harus Dimiliki Generasi Millennialjanebenston.com

Di era ini setiap pekerjaan membutuhkan usaha yang lebih. Kita dituntut memiliki kemampuan menyelesaikan masalah yang baik. Saat memiliki penerimaan diri yang baik, kita dapat melihat dan berfokus pada hal-hal yang ada pada diri kita. Bukan pada hal-hal yang tidak ada dan diharapkan ada pada diri kita, sehingga kita tetap berpijak pada realitas.

5. Memiliki rasa humor

6 Ciri-ciri Penerimaan Diri yang Harus Dimiliki Generasi Millennialpixabay/StockSnap

Seseorang yang mengenal dirinya tidak perlu melimpahkan kesalahan yang ia buat pada orang lain. Dia dapat melihat dirinya secara objektif dan mengakui kelemahan yang dimiliki. Karenanya memiliki sense of humor  atau rasa humor dapat membantu meringankan beban masalah yang mereka hadapi.

6. Memiliki konsep yang jelas tentang tujuan hidup

6 Ciri-ciri Penerimaan Diri yang Harus Dimiliki Generasi Millennialpixabay/Free-Photos

Tanpa konsep ini, hidup kita akan terasa kosong dan tandus. Kita akan menjalani kehidupan seperti zombie. Menetapkan tujuan hidup sangat diperlukan untuk meningkatkan motivasi hidup kita. Saat memiliki penerimaan diri yang baik, mencapai tujuan hidup tidaklah sulit. Karena kita telah menerima kekurangan diri dan tidak berlarut-larut meratapi hal tersebut, tetapi kita dapat berfokus dalam meningkatkan dan mengoptimalkan kelebihan diri kita.

Penerimaan diri berarti memiliki kesadaran dan kemauan melihat fakta-fakta yang ada pada diri kita, baik secara fisik maupun psikis, hal ini berkaitan dengan berbagai kekurangan dan ketidaksempurnaan yang ada, serta menerimanya secara total tanpa kekecewaan. Dalam hal ini kita memberikan perhatian yang positif terhadap diri kita dan menghargai diri kita seutuhnya.

So Millennials, sudahkah kamu menerima dirimu dengan baik?

Baca Juga: Ini Alasan Rosiana Silalahi Nilai Millennials Itu Generasi Receh

Melinda Aisyah Photo Community Writer Melinda Aisyah

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You