Comscore Tracker

5 Manfaat Bikin Daftar Kelebihan & Kekurangan Diri, Yuk Evaluasi!

Agar mengenal lebih dekat siapa dirimu

Sebagai manusia kita pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dari kelebihan dan kekurangan itulah bisa kamu bisa lebih mengenal siapa dirimu. Pun, kamu bisa mengendalikan kedua bagian hidupmu tersebut agar hidupmu lebih lebih seimbang.

Salah satu caranya adalah dengan membuat daftar kekurangan dan kelebihan dirimu dalam sebuah kertas atau buku catatan.Tidak hanya sekedar untuk mengetahuinya, tapi ini lima manfaat lainnya yang bisa kamu peroleh ketika mencatat daftar kekurangan dan kelebihan diri.

1. Mengetahui arah dan tujuan hidup

5 Manfaat Bikin Daftar Kelebihan & Kekurangan Diri, Yuk Evaluasi!Unsplash.com/Priscilla Du Preez

Ketika membuat daftar kelebihan dan kekurangan dirimu selengkap-lengkapnya dalam sebuah catatan, maka akan terlihat jelas apa yang selama ini membuatmu lemah dan kuat dalam hidup.

Sehingga, kamu bisa memanfaatkan hal-hal yang menjadi kelebihanmu sebagai jalan menuju kesuksesan. Sementara kekuranganmu dapat dihindari atau minimalisir agar tidak menjadi penghambat tujuan hidupmu.

2. Menyadari batas kemampuan diri

5 Manfaat Bikin Daftar Kelebihan & Kekurangan Diri, Yuk Evaluasi!pexels.com/Nathan Cowley

Ketika melihat daftar kelebihan dan kekuranganmu, kamu jadi tahu hal-hal yang memang bisa kamu capai dan sulit kamu capai dalam hidup. Karena kamu mengenal betul dirimu, kamu tahu kemampuanmu dari daftar yang sudah kamu buat sendiri.

So, kamu bisa lebih jujur dengan dirimu. Jika memang sulit melakukannya karena keterbatasan atau ketidakmampuanmu, maka kamu tidak akan pernah berusaha memaksakan diri.

3. Sebagai evaluasi untuk memperbaiki kekurangan diri

5 Manfaat Bikin Daftar Kelebihan & Kekurangan Diri, Yuk Evaluasi!Unsplash.com/Ethan Sykes

Jika memungkinkan mintalah masukan dari orang lain tentang sikapmu atau kebiasaanmu yang tidak mereka sukai. Karena terkadang terasa sulit untuk mengoreksi kekurangan diri sendiri. Setelah mengetahuinya, evaluasilah.

Kalau kekuranganmu itu bisa kamu hilangkan maka berusahalah untuk menghilangkannya dan membuatnya lebih baik lagi. Jika tidak memungkinkan, maka tutupilah kekuranganmu dengan berusaha keras menonjolkan kelebihanmu.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Kamu Belum Dapat Dikatakan Sukses, Mari Introspeksi!

4. Sebagai motivasi agar semakin meningkatkan kelebihan diri

5 Manfaat Bikin Daftar Kelebihan & Kekurangan Diri, Yuk Evaluasi!unsplash.com/Bruce Mars

Ketika kamu sudah tahu kelebihan dirimu, poin itulah yang menjadi pemacu semangat agar hidupmu lebih berkualitas. Jadikan kelebihanmu sebagai pengingat bahwa dirimu punya aset yang sangat berharga.

Sehingga, kamu gak akan berusaha mengeluhkan kekuranganmu. Kamu lebih percaya diri serta bangga jadi diri sendiri. 

5. Semakin mengapresiasi diri sendiri

5 Manfaat Bikin Daftar Kelebihan & Kekurangan Diri, Yuk Evaluasi!unsplash.com/@officestock

Membuat daftar kelebihan dan kekurangan diri itu artinya kamu sedang berani menerima kenyataan manis dan pahitnya keadaan dirimu. Hal itulah yang membuatmu memiliki kesadaran dan kepedulian terhadap hidupmu. Kamu bisa lebih menghargai, mencintai, mengapresiasi serta mensyukuri hidup yang Tuhan berikan kepadamu.

Hidupmu pun tidak akan sibuk dengan membanding-bandingkan kelebihan dan kekurangan orang lain. Karena setiap orang diciptakan unik dan punya kelebihan serta kekurangannya masing-masing. 

Itulah tadi lima manfaat membuat daftar kelebihan dan kekurangan diri. Yuk buat mulai dari sekarang! 

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Jangan Malas Introspeksi Diri. Yuk, Mulai dari Sekarang!

Mia Rianti Lubis Photo Verified Writer Mia Rianti Lubis

Tulisan saya= sudut pandang saya. Silahkan ambil baiknya dan buang buruknya. Terima kasih sudah membaca! Semoga bermanfaat. Ask me: mriantilubis@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya