Comscore Tracker

5 Alasan Pola Pikir Menentukan Masa Depan dan Keberhasilan Hidup

Apakah pola pikirmu sudah baik saat ini?

Pola pikir atau mindset adalah cara seseorang dalam berpikir. Memiliki mindset yang baik merupakan awal untuk hidup yang baik bagi seseorang. Oleh karena itu, kamu harus memberi perhatian penuh tentang bagaimana cara berpikirmu.

Pola pikir dapat dipengaruhi dari banyak hal seperti didikan orangtua, pergaulan, hingga hasil pembelajaran pribadi. Jadi, pola pikir adalah sesuatu yang bisa dibentuk dan diubah semaumu. Sebenarnya, sepenting apa peran pola pikir dalam hidupmu? Simak lima alasannya di bawah ini!

1. Memberi sugesti pada alam bawah sadar

5 Alasan Pola Pikir Menentukan Masa Depan dan Keberhasilan Hidupilustrasi melukis (unsplash.com/huynhbeat)

Pola pikir berasal dari pengalaman dan pembelajaran dalam hidup sebelumnya. Tak jarang, apa yang didapat tertanam kuat di alam bawah sadar dalam bentuk memori atau ingatan. Oleh karena itu, ada orang-orang yang kerap mengaitkan apa yang terjadi padanya sekarang dengan apa yang telah terjadi padanya di masa lalu.

Meski dipengaruhi pola pikir masa lalu, pemikiran bawah sadarmu juga dapat diprogram kembali dengan hal-hal baru yang kamu inginkan. Kamu bisa menggunakan teknik pengulangan dengan menyebutkan dan melakukan suatu perbuatan secara berulang. Alhasil, hal ini akan membentuk memori baru yang lebih baik di alam bawah sadarmu, dan bahkan menggantikan memori lama yang kurang baik.

2. Bentuk memotivasi diri

5 Alasan Pola Pikir Menentukan Masa Depan dan Keberhasilan Hidupilustrasi semangat (pexels.com/Min An)

Motivasi datang dari faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal biasanya diperoleh dari dorongan diri sendiri. Sementara, faktor eksternal diperoleh dari dorongan luar. Baik motivasi dari faktor internal maupun eksternal keduanya hanya dapat berfungsi jika pikiranmu menyetujuinya.

Melalui mindset yang baik kamu bisa memotivasi dan men-support diri secara positif. Pola pikirmu akan mempengaruhi bagaimana kamu memandang diri sendiri. Misalnya, kamu punya mindset kalau kegagalan merupakan sebuah kekalahan, maka kamu akan jadi terpuruk dan sulit untuk bangkit.

Bandingkan, kalau kamu punya mindset kegagalan adalah sebuah pembelajaran, maka kamu punya mental pantang menyerah dan semangat untuk terus memperbaiki diri. Sangat terlihat perbedaannya, kan?

Baca Juga: 5 Tips Mengatur Pola Pikir tentang Hidup yang Gak Pernah Adil

3. Panduan dalam berkomunikasi

5 Alasan Pola Pikir Menentukan Masa Depan dan Keberhasilan Hidupilustrasi mengobrol bersama teman (unsplash.com/Brooke Cagle)

Pola komunikasi sedikit banyaknya dipengaruhi oleh pola pikir. Bagaimana kamu merespon orang lain, mendengar orang lain, mengemukakan pendapat serta berbagai cara komunikasi lainnya turut dipengaruhi oleh sebuah mindset. Cara berpikir yang tepat tentu akan mempengaruhi kualitas komunikasi.

Kemampuan komunikasi yang baik sangat dibutuhkan dalam berbagai lini kehidupan. Karena hampir setiap hal di dunia ini perlu menjalin komunikasi dengan orang lain, seperti dalam kehidupan asmara, karier dan pertemanan. Banyak orang yang berhasil karena memiliki kemampuan komunikasi yang memukau dan di atas rata-rata.

4. Menentukan bagaimana bersikap

5 Alasan Pola Pikir Menentukan Masa Depan dan Keberhasilan Hidupilustrasi menolong sesama (unsplash.com/IsmaelParamo)

Pikiranmu mengarahkan bagaimana sikapmu. Maksudnya, dalam setiap hal yang dilakukan, seseorang akan cenderung memikirkannya terlebih dahulu sebelum melakukannya. Karena orang yang bijak adalah yang berpikir sebelum bertindak. Sehingga, yang dilakukannya tidak akan bertentangan dengan prinsip pribadi dan aturan yang berlaku.

Bayangkan kalau pola pikirmu menyimpan hal yang kurang baik, maka yang muncul di pikiranmu ketika akan melakukan sesuatu adalah hal yang kurang baik pula. Itulah mengapa peran pola pikir sangat penting. Mindset yang baik akan menghasilkan sikap dan tindakan yang baik.

5. Mempengaruhi pengambilan keputusan

5 Alasan Pola Pikir Menentukan Masa Depan dan Keberhasilan Hidupilustrasi berpikir keras. (pexels.com/Ivan Samkov)

Setiap hari manusia mengambil keputusan, baik keputusan kecil maupun besar. Bahkan hal yang terdengar sepele juga merupakan pengambilan keputusan dari hasil berpikir. Jadi, pilihan-pilihan yang kamu ambil dalam hidup pada hakikatnya berasal dari proses berpikir.

Cara berpikir yang tepat akan membantumu membuat keputusan hidup yang tepat. Karena kamu mampu mempertimbangkan baik dan buruk, untung dan rugi serta salah dan benar dari keputusanmu. Keputusanmu adalah hak dan tanggung jawabmu yang dapat kamu tentukan sendiri.

Pola pikir memiliki peran yang sangat krusial dalam berbagai aspek kehidupan. Dengan adanya pola pikir yang baik, maka akan membawa manfaat bagi dirimu dan sekitarmu. Untuk memiliki mindset yang baik, kamu bisa mengevaluasi ulang pola pikir lamamu dan menggantikannya dengan pola pikir baru jika diperlukan.

Baca Juga: 5 Buku Inspiratif untuk Mengubah Pola Pikir, Insightful Banget!

Mia Lubis Photo Verified Writer Mia Lubis

Jika ada kesalahan / kekeliruan dalam tulisan saya adalah ketidaksengajaan. Ambil baiknya, buang buruknya. Thanks for reading!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya