Comscore Tracker

5 Cara agar Tidak Cemas Menunggu Balasan Chat, Hati Plong!

Kuncinya harus lebih aware

Menunggu balasan chat dari seseorang kadang menjadi momen yang cukup mendebarkan. Tak jarang, chat yang tak kunjung dibalas membuat pengirimnya jadi merasa gelisah dan berpikiran negatif. Padahal, seseorang mungkin ada alasan tersendiri mengapa belum membalas chat-mu.

Maka dari itu, ketika kamu mengalami cemas menunggu balasan chat ada baiknya lakukan kontrol diri dengan beberapa cara berikut ini, ya.

1. Kenali jenis perasaan yang kamu rasakan

5 Cara agar Tidak Cemas Menunggu Balasan Chat, Hati Plong!ilustrasi orang bermain handphone (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Tanyakan pada dirimu, apa yang kamu rasakan ketika melihat chat-mu belum dibalas? Apa kamu hanya merasa cemas atau ada merasakan emosi lainnya? Namai jenis perasaan yang kamu rasakan seperti, sedih, marah, kecewa dan sebagainya.

Dengan menamai jenis perasaan yang kamu alami, kamu jadi lebih paham mengenai perasaanmu. Pun, kamu jadi benar-benar mengerti inti permasalahan yang sebenarnya kamu hadapi. Sehingga, nantinya akan lebih memudahkanmu dalam mengatasinya.

2. Sibukkan diri dengan melakukan hal yang bermanfaat

5 Cara agar Tidak Cemas Menunggu Balasan Chat, Hati Plong!ilustrasi orang bekerja (pexels.com/Ivan Samkov)

Ketika sibuk, kamu tidak akan punya waktu untuk membuka handphone. Sehingga, kesempatan untuk mengecek chat didalam handphone-mu pun jauh lebih kecil. Sebaliknya, kalau tidak ada kesibukan, maka akan ada waktu kosong untuk bermain handphone. Ini berpeluang membuatmu semakin sering mengecek handphone dan melihat isi chat di dalamnya.

Terus memikirkan chat yang belum dibalas hanya akan menyita waktu berhargamu. Kamu hanya terfokus pada urusan yang itu-itu saja. Padahal, banyak hal bermanfaat lainnya yang bisa kamu lakukan.

3. Fokus pada hal yang bisa kamu kendalikan

5 Cara agar Tidak Cemas Menunggu Balasan Chat, Hati Plong!ilustrasi orang yang sedang fokus (pexels.com/Kelvin Valerio)

Kecemasanmu pada dasarnya bersumber dari pemikiranmu sendiri. Bisa jadi karena kamu banyak berpikiran negatif atau terlalu sering membuat asumsi akan suatu hal, sampai membuatmu gelisah.

Oleh sebab itu, aturlah pikiranmu. Karena pikiranmu adalah salah satu hal yang bisa kamu kendalikan. Belajar untuk positive thinking dan fokus pada hal baik yang kamu miliki saat ini.

Baca Juga: 5 Tips Terampil Menambah Koneksi ke Siapa Saja, Aktif Berkomunikasi

4. Matikan handphone sementara waktu

5 Cara agar Tidak Cemas Menunggu Balasan Chat, Hati Plong!ilustrasi orang bermain handphone (pexels.com/Carolina Grabowska)

Kecemasan membuatmu berulang kali memantau isi chat di handphone, berharap agar pesanmu segera dibalas. Kalau tak sesuai ekspektasi, rasanya pun kesal dan handphone seolah jadi biang masalahnya. Padahal letak masalahnya ada pada dirimu. Pada bagaimana kamu menyikapi chat yang belum dibalas oleh orang lain.

Sesekali, lakukanlah detoks handphone untuk mengurangi kecemasanmu. Caranya, matikan handphone atau internet di handphone sementara waktu. Dengan begitu, kamu tak akan bisa membuka aplikasi chatting di handphone-mu.

5. Jalin hubungan bermakna dengan orang terdekat

5 Cara agar Tidak Cemas Menunggu Balasan Chat, Hati Plong!ilustrasi pertemanan (pexels.com/Helena Lopes)

Kecemasan terjadi karena ada hal yang mendasarinya. Termasuk kecemasan dalam berkirim chat. Salah satu penyebabnya bisa jadi karena tidak adanya hubungan sosial dan support system yang baik dalam keseharianmu.

Untuk itu, carilah hubungan sosial yang berkualitas di dunia nyata. Bangun kedekatan emosional dengan orang-orang yang positif secara tatap muka. Sehingga, kamu terhindar dari kecemasan saat berinteraksi secara online.

Tak bisa dimungkiri, ada beberapa orang yang mengalami cemas menunggu balasan chat  dan hal ini wajar adanya. Namun perlu diingat, kalau terus-terusan terjadi malah bikin hubungan sosialmu jelek. Kalau kamu salah satu yang merasakannya, lakukanlah lima cara di atas untuk membantumu.

Baca Juga: 5 Trik Berkomunikasi dengan Lancar, Biar Orang Lain Gak Salah Paham!

Mia Lubis Photo Verified Writer Mia Lubis

Jika ada kesalahan / kekeliruan dalam tulisan saya adalah ketidaksengajaan. Ambil baiknya, buang buruknya. Thanks for reading!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya