Comscore Tracker

Jangan Sedih, Ini 5 Tips Hadapi Orang yang Tak Menganggap Keberadaanmu

Karena tak semua orang suka pada kita!

Dalam hidup terkadang ada orang-orang yang suka dan tidak suka kepadamu. Karena pada dasarnya kita tidak bisa mengatur isi hati seseorang, jadi bisa saja ada orang bersikap tak baik kepadamu. Salah satunya adalah mereka yang tak pernah menganggap keberadaanmu.

Entah apa pun alasan orang yang bersikap demikian, namun kamu tetap harus bersikap baik dalam menghadapinya. Nah, berikut ini ada lima tips dalam menghadapi orang yang tak menganggap keberadaanmu. Simak yuk!

1. Sadari bahwa tidak semua karakter orang sesuai dengan keinginanmu

Jangan Sedih, Ini 5 Tips Hadapi Orang yang Tak Menganggap Keberadaanmuunsplash.com/Omar Lopez

Kamu harus sadar bahwa tak semua orang bisa bersikap sesuai harapanmu. Untuk itu, dirimulah yang harus lebih bijaksana dalam menyikapi berbagai tipe orang. Pahami bahwa ada orang-orang baik dan orang-orang tak baik sebagai pemberi warna dalam hidupmu. Itulah ujian hidup yang harus kamu lalui selama di dunia.

Jika ada orang yang tak menganggapmu atau tak menghargaimu, maka pandanglah orang tersebut sebagai kategori orang yang tak sesuai keinginanmu. Tentu, kamu jauh lebih lapang dada dalam menghadapinya. Karena sejak awal kamu sudah menyadari bahwa akan menemui karakter orang seperti itu.

2. Koreksi diri sendiri, mungkin penyebabnya ada pada dirimu

Jangan Sedih, Ini 5 Tips Hadapi Orang yang Tak Menganggap KeberadaanmuUnsplash.com/Priscilla Du Preez

Mungkin orang yang enggan menerima keberadaanmu bukan karena mereka memang berniat melakukannya. Bisa jadi, kamu yang sejak awal menyebabkannya bersikap demikian. Karena terkadang dari satu kesalahan yang kamu lakukan bisa menimbulkan perubahan sikap orang lain kepadamu.

Sehingga, orang lain akan jadi malas berhubungan denganmu. Maka, evaluasi diri sendiri dulu sebelum kamu mengevaluasi orang lain. Salahkan diri sendiri dulu sebelum menyalahkan orang lain, karena kita tak bisa berprasangka buruk kepada seseorang sebelum benar-benar mengetahui alasan di balik sikapnya.

Baca Juga: 5 Cara yang Bisa Kamu Lakukan untuk Menghadapi Temanmu yang Emosional

3. Memaafkan sikap buruk yang diberikan orang lain kepadamu

Jangan Sedih, Ini 5 Tips Hadapi Orang yang Tak Menganggap Keberadaanmuunsplash.com/Yufraz Singh

Memaafkan sebelum orang lain meminta maaf merupakan hal yang lebih mulia, meskipun terkadang cukup sulit untuk dilakukan. Namun, setelah melakukannya hatimu bisa merasa lebih lapang dan lega.

Meski orang lain mengabaikan, mengucilkan dan meremehkanmu, kamu yang harus lebih dulu melapangkan hatimu untuk memaafkannya. Tetaplah berpikir positif dengan beranggapan bahwa seseorang mungkin saja tergelincir pada kesalahan.

Jika seseorang bersikap tak menganggapmu, maka berpikirlah bahwa dia memang sedang melakukan kesalahan dan dia juga punya kesempatan untuk berubah. Sehingga, dengan sikapmu yang demikian tak akan merugikan dirimu sedikitpun. Malah kamu bisa lebih tenang dan tak sibuk memperpanjang masalah dengan siapa pun.

4. Membalas dengan balasan yang jauh lebih baik

Jangan Sedih, Ini 5 Tips Hadapi Orang yang Tak Menganggap Keberadaanmuunsplash.com/benwhitephotography

Kejahatan dibalas dengan kejahatan tentu tak akan ada hasil yang baik ke depannya. Ketika orang lain bersikap buruk kepadamu, jangan dibalas dengan keburukan pula. Karena hanya akan memberikan jarak dan perbedaan yang tak pernah menyatukan kedua pihak.

Balaslah sikap orang yang tak menganggapmu dengan sikap sebaliknya. Perlakukan orang tersebut dengan lebih istimewa. Anggap saja orang tersebut kurang mendapat perhatian darimu, sehingga kamu sendiri yang harus memerhatikan lebih dirinya.

Memang terkesan konyol, tapi cara ini setidaknya bisa meredakan emosi dan membuatnya bingung dengan sikapmu. Alhasil, bisa saja dia berubah baik karena meniru sikap yang kamu lakukan kepadanya. Karena membalas kejahatan dengan kebaikan adalah bentuk kewibawaan diri yang membuat orang lain bisa segan kepadamu.

5. Mengingat bahwa masih ada orang-orang yang peduli kepadamu

Jangan Sedih, Ini 5 Tips Hadapi Orang yang Tak Menganggap Keberadaanmuunsplash.com/@matheusferrero

Orang yang tak menganggap keberadaanmu hanyalah satu dari sekian banyaknya orang yang menganggap, menghargai dan mencintaimu. Jadi, kamu tak perlu repot-repot memikirkan satu orang yang membawa satu masalah dalam hidupmu. Namun, sibukkanlah pikiranmu dengan berbahagia dan menikmati hari dengan orang-orang yang lebih respect kepadamu.

Bukan bermaksud bodoh amat, tapi setidaknya kamu tidak berlarut pada hal yang kurang bermanfaat bagimu. Tentu boleh saja berusaha memperbaiki hubungan dengan orang yang tak menganggap keberadaan dirimu dalam hidupnya. Namun, alangkah lebih baiknya jika tidak menjadikan hal tersebut sebagai fokus hidupmu. Karena nantinya malah kamu sendiri yang akan merasa terganggu.

Nah, kalau kamu sendiri pernah atau tidak menemui orang yang tak menganggap keberadaanmu dalam hidupnya? Jika pernah, yuk coba terapkan lima tips di atas. So, biar hubunganmu dan dia bisa lebih membaik. Pun, kamu tidak merasa sedih, minder atau berkecil hati lagi.

Baca Juga: 5 Alasan Memang Sebaiknya Kamu Lebih Percaya pada Diri Sendiri

Mia Lubis Photo Verified Writer Mia Lubis

Tulisan saya= sudut pandang saya. Silahkan ambil baiknya dan buang buruknya. Terima kasih sudah membaca! Semoga bermanfaat. Ask me: mriantilubis@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya