Comscore Tracker

5 Pola Pikir Bijak agar Kamu Dapat Lebih Menghargai Kehidupan

Karena setiap detik dalam hidupmu begitu berharga

Kehidupan adalah anugerah dari Yang Maha Kuasa. Diberikan kesehatan, keamanan dan kenikmatan hidup harus disyukuri dengan sebaik-baiknya. Salah satu cara untuk mensyukuri hidupmu adalah dengan menghargai setiap detik kesempatan hidup yang kamu peroleh.

Mulai sekarang, cobalah merenungkan dan menanamkan pola pikir berikut agar kamu bisa lebih menghargai hidupmu.

1. Waktu dua puluh empat jam adalah kesempatan yang tidak bisa diputar kembali

5 Pola Pikir Bijak agar Kamu Dapat Lebih Menghargai Kehidupanunsplash.com/Cathryn Lavery

Tidak bisa dipungkiri bahwa waktu dua puluh empat jam dalam sehari adalah hal yang mutlak dan tidak bisa berubah. So, kamu tidak bisa menawar agar waktu dalam sehari bisa bertambah sesuai keinginanmu.

Karena terbatasnya waktu yang kamu punya, memaksa kamu harus mampu mengaturnya dengan cara paling bijak. Lakukan hal yang bermanfaat dan dahulukan hal yang paling penting dalam keseharianmu. Jangan sampai waktumu berlalu sia-sia dan merugi.

2. Setiap orang terlahir istimewa, jangan memandang orang lain dengan kacamatamu sendiri

5 Pola Pikir Bijak agar Kamu Dapat Lebih Menghargai Kehidupanpexels.com/nappy

Setiap manusia itu terlahir unik. Tidak ada manusia yang sama persis. Bahkan, anak kembar sekali pun masih punya beberapa perbedaan. Terlalu tidak adil, jika kamu memaksakan orang lain untuk menjadi sosok yang kamu mau.

Kamu istimewa dan orang lain istimewa. Kalau kamu memandang orang lain hanya dari kaca mata pribadimu sendiri, tentu tidak ada satu kata sepakat untuk menilai bahwa seseorang dianggap terbaik. Hargailah hidup setiap orang agar orang lain bisa menghargai hidupmu.

Baca Juga: 10 Aliran Filsafat yang Mempengaruhi Pola Pikir Manusia

3. Jangan hanya memberi manfaat untuk dirimu sendiri, sebarkan juga kepada manusia dan makhluk hidup lainnya

5 Pola Pikir Bijak agar Kamu Dapat Lebih Menghargai Kehidupanunsplash.com/Zac Durant

Ingatlah, bahwa hidupmu begitu berarti. Sangat disayangkan jika dalam hidup hanya memikirkan hidupmu dan kepentinganmu sendiri. Bukankah lebih bahagia ketika kamu bisa turut membahagiakan orang lain? Jadi, jika kamu menginginkan kebaikan untuk dirimu sendiri maka inginkanlah hal yang sama pada orang lain.

Jangan egois dalam hidupmu, berbagilah kebaikan kepada orang lain terutama orang-orang terdekatmu. Pun, untuk lingkungan dan makhluk hidup lainnya berusahalah agar kamu bisa menebarkan banyak kebaikan.

4. Kehidupanmu bukan di dunia maya, cobalah lebih menikmati kehidupanmu di dunia nyata

5 Pola Pikir Bijak agar Kamu Dapat Lebih Menghargai Kehidupanunsplash.com/@neonbrand

Tanpa disadari, terkadang gadget begitu menyibukkan hidup seseorang. Terkadang dari sibuknya menyelami hidup di dunia maya membuatmu menjadi orang yang negatif. Kesibukan tak berarti di dunia online bisa memberi dampak buruk seperti, membuang waktu, membuatmu membanding-bandingkan hidup dan berusaha menjadi diri orang lain.

Alhasil, kamu lebih enjoy hidupmu di dunia maya dan lupa bahwa kamu punya kehidupan nyata yang harusnya lebih kamu hargai 

5. Kamu bukan hidup sendiri, jangan merasa mampu melakukan semua hal tanpa bantuan orang lain

5 Pola Pikir Bijak agar Kamu Dapat Lebih Menghargai KehidupanUnsplash.com/Marc Fanelli-Isla

Tentu boleh saja menjadi sosok pribadi yang mandiri dan tidak tergantung pada orang lain. Namun, menganggap dirimu mampu melakukan semuanya tanpa bantuan orang lain adalah keputusan yang keliru. Kamu bukan hidup sendiri, hargailah keberadaan orang-orang di sekitarmu dengan menghargai hubungan kalian.

Cintai dirimu dengan tidak memaksakan yang tidak bisa kamu lakukan. Karena kamu punya kekurangan dan kelebihan yang harus dihargai. Pun, kamu harus menyadarinya pada orang lain agar bisa timbul rasa saling menghargai dalam kehidupan.

Semoga lima pola pikir di atas bisa menyentuh hatimu agar bisa lebih bijak dalam menghargai hidup. Karena setiap detikmu begitu berharga, jangan sampai kamu sia-siakan ya!

Baca Juga: 5 Pola Pikir Ini Akan 'Membunuh' Masa Depanmu, Bahaya!

미아 Photo Verified Writer 미아

Ambil kebaikan dari tulisan saya. Mohon maafkan dan tinggalkan yang buruknya. Semoga bermanfaat!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya