Comscore Tracker

5 Perilaku yang Menunjukkan Kamu Sosok yang Egois dan Keras Kepala

Jangan sampai orang lain kesal dengan perilakumu!

Egois dan keras kepala merupakan dua perilaku yang saling berkaitan. Perilaku tersebut bisa membuat orang lain kesal, marah dan kurang menyukaimu. Kalau kamu sendiri termasuk si egois dan keras kepala gak sih?

Coba tengok, berikut ini lima tanda yang menunjukkan perilaku orang yang egois dan keras kepala. Mana tahu ada pada dirimu! Biar bisa segera berubah.

1. Tidak mau mendengarkan masukan atau nasihat dari orang lain

5 Perilaku yang Menunjukkan Kamu Sosok yang Egois dan Keras Kepalapexels.com/nappy

Orang egois merasa dirinya tidak perlu diberi nasihat dan masukan dari siapa pun. Karena ia merasa apa yang dilakukannya sudah paling benar dan tidak ada lagi kekurangan yang perlu dikoreksi. Alhasil, setiap diberi nasihat atau masukan ia terus membantah dan bahkan menolaknya mentah-mentah.

2. Terus menyalahkan orang lain, namun enggan mengoreksi atau menyalahkan diri sendiri

5 Perilaku yang Menunjukkan Kamu Sosok yang Egois dan Keras Kepalaunsplash.com/Roland Samuel

Terus menyalahkan orang lain merupakan salah satu tanda bahwa kamu sosok yang egois dan keras kepala. Kamu mau menang sendiri dengan terus-menerus melihat kekurangan orang lain. Sementara dirimu sendiri tidak mau kamu lihat kekurangan dan kesalahannya.

Baca Juga: Bukan Egois, 5 Alasan Logis Kamu Perlu Memikirkan Diri Sendiri

3. Berat mengatakan "maaf", "tolong" dan "terima kasih"

5 Perilaku yang Menunjukkan Kamu Sosok yang Egois dan Keras Kepalaunsplash.com/David Marcu

Bagi orang egois kepentingan dan harga dirinya lebih utama dari orang lain. Sehingga tak heran hatinya begitu keras untuk menerima dan memberikan kebaikan bagi orang lain. Misalnya, untuk memberikan ucapan maaf, tolong dan terima kasih seperti harga mahal yang sangat sulit diucapkan. Rasanya kata-kata tersebut bisa menjatuhkan kewibawaannya.

4. Menganggap dirinya lebih baik dari orang lain

5 Perilaku yang Menunjukkan Kamu Sosok yang Egois dan Keras Kepalaunsplash.com/@neonbrand

Ketika merasa dirimu paling baik dan benar, maka saat itu pula ada ancaman yang membahayakan dirimu. Karena kamu sudah tidak bisa lagi memandang keburukan dalam dirimu. Artinya, mata dan telingamu sudah tertutup dari banyak kebaikan. Tentu, perilaku tersebut bisa menunjukkan bahwa kamu terlalu keras hati dan keras kepala.

5. Tidak merasa iba dan peduli dengan kesusahan orang lain

5 Perilaku yang Menunjukkan Kamu Sosok yang Egois dan Keras Kepalapixabay.com/fantareis

Orang egois punya pandangan bahwa dirinya adalah nomor satu. Dia merasa bahwa tujuannya adalah hasrat terbesar yang harus dicapai dengan segala cara. Pun, meski harus menyakiti dan tidak memedulikan kepentingan dan perasaan orang lain. Karena dirinya saja yang dipentingkan, sehingga keberadaan orang lain seolah tak dianggap.

Itulah tadi lima perilaku orang egois dan keras kepala. Jika kamu merasa ada lima tanda di atas pada dirimu, maka segeralah berubah. Karena perilaku tersebut bukanlah hal baik untuk dirimu dan orang-orang di sekitarmu.

Baca Juga: Bukannya Untung, Ini 5 Kerugian kalau Kamu Terlalu Keras Kepala

Mia Lubis Photo Verified Writer Mia Lubis

Ambil kebaikan dari tulisan saya. Mohon maafkan dan tinggalkan yang buruknya. Semoga bermanfaat!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya