Comscore Tracker

5 Poin Penting yang Perlu Diketahui agar Potensimu Berkembang

Jangan menyia-nyiakan kesempatan! 

Semua orang memiliki keinginan untuk mengembangkan potensinya, namun tak semua orang benar-benar sanggup untuk itu. Ada beberapa penyebab, termasuk rasa sungkan yang menghalangi. Makanya, ada beberapa poin yang perlu kamu pahami agar tak cepat menyerah dalam mengembangkan potensimu.

Nah, buatmu yang merasa sangat ingin mengembangkan potensi, berikut 5 poin penting yang perlu kamu pahami!

1. Menguntungkan atau tidak, jangan ragu untuk mencoba! 

5 Poin Penting yang Perlu Diketahui agar Potensimu BerkembangPexels.com/Startup Stock Photos

Kamu boleh jadi memiliki banyak ketertarikan. Kamu memiliki banyak minat, namun tetap merasa ragu. Bahkan terkadang beranggapan minatmu nggak ada gunanya sebelum sempat mencoba. Apabila begitu, segeralah buang pemikiran bahwa minatmu nggak menguntungkan.

Kamu cuma perlu mencoba, nggak perlu banyak memikirkan berbagai kemungkinannya lebih dulu. Berbagai kekhawatiran yang disebabkan pemikiranmu cuna menghalangi langkahmu buat berkembang.

2. Jangan ragu mencari tahu 

5 Poin Penting yang Perlu Diketahui agar Potensimu BerkembangUnsplash/clemono2

Setiap orang tentunya punya rasa ingin tahu yang besar, tetapi tak banyak yang mau repot-repot meladeni rasa ingin tahu itu. Padahal banyak keuntungan yang bisa didapatkan apabila mencoba mencari tahu akan berbagai hal yang bikin penasaran, Iho. Salah satunya yaitu, pengetahuanmu semakin bertambah. Sekecil apapun rasa penasaran yang menghinggapi pemikiranmu.

Kamu harus sadar bahwa kamu haus akan pengetahuan. Jangan sungkan mencari tahu, apalagi jika pengetahuanmu masih benar-benar sedikit! Mencari tahu sesuatu, kan, tak ada salahnya. Asalkan rasa penasaranmu bermakna positif, ya.

3. Tak perlu takut, semua usaha akan mendapatkan hasilnya 

5 Poin Penting yang Perlu Diketahui agar Potensimu BerkembangInstagram.com/wheein_25

Kamu mungkin takut tak mendapatkan apresiasi, atau dukungan atas minatmu. Namun, kamu tak perlu khawatir dan cukup terus berusaha sebelum rasa takut tak mendapat apresiasi itu menyerangmu. Percayalah, semua usahamu akan mendapat hasilnya kelak!

Baca Juga: Ini 5 Langkah Sederhana Kembangkan Potensi Diri Sepenuhnya

4. Jangan cepat merasa puas 

5 Poin Penting yang Perlu Diketahui agar Potensimu BerkembangPexels.com/Philip Justin Mamelic

Kamu tahu bahwa kamu masih perlu berbenah dan belajar lebih jauh untuk mengembangkan potensimu, kan? Makanya, jangan cepat merasa puas. Berbangga diri sesekali boleh, tetapi jangan sampai benar-benar puas dan tak mau lagi berusaha mengembangkan potensi diri. Ingatlah, masih banyak yang perlu kamu lakukan agar tak terus berada di titik yang sama.

5. Jangan sungkan menunjukkan keunggulan atas minatmu 

5 Poin Penting yang Perlu Diketahui agar Potensimu BerkembangPexels/Zun Zun

Rasa sungkan dan terlampau malu hanya akan terus membuatmu berada di titik yang sama. Tak ada yang bisa berkembang apabila kamu terus sungkan. Kamu harus berani menunjukkan keunggulanmu, entah pada keluarga, teman atau bahkan siapapun! Dunia harus tahu keunggulanmu!

Misalnya, kamu gemar menulis cerita fiksi, maka tunjukkanlah dengan mengikuti berbagai macam lomba dengan rasa yakin yang meliputimu. Sama halnya apabila kamu unggul dalam bernyanyi bahkan tahu banyak teknik yang bisa membuat orang-orang terpukau akan suaramu, maka kamu boleh menunjukkannya dengan mencoba menerima berbagai tawaran bernyanyi di berbagai event, atau berbagai cara lainnya. Apapun minatmu, pasti ada banyak cara menunjukkannya!

Nah, itulah poin penting yang perlu kamu pahami agar kamu dapat dengan maksimal mengembangkan potensimu. Semoga dapat kamu terapkan, ya! 

Baca Juga: 5 Perbedaan Cinta Diri dan Memanjakan Diri, Beda Banget Lho!

Fina Efendi Photo Verified Writer Fina Efendi

WINNER. DAY6.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya