Comscore Tracker

6 Tips Menunjukkan Kasih Sayang Bagi Kamu yang Gengsian, Yuk Coba! 

Sederhana, tetapi berkesan! 

Rasa gengsi terkadang membuat segalanya menjadi rumit, bahkan bisa-bisa menghalangimu dalam menunjukkan kasih sayang terhadap orang yang benar-benar kamu sayangi seperti keluarga dan teman.

Tentu saja tidak menyenangkan apabila terus-terusan menyembunyikan kepedulian dan rasa kasih sayang, kan? Jika kamu ingin mencoba, yuk, simak! 

1. Tak perlu berkata-kata manis, langsung saja bertindak 

6 Tips Menunjukkan Kasih Sayang Bagi Kamu yang Gengsian, Yuk Coba! Pexels.com/Startup Stock Photos

Biasanya, rasa gengsi membuatmu kesulitan mengungkapkan berbagai ungkapan manis terhadap orang yang kamu sayangi. Tampaknya sederhana, namun sebenarnya sulit apalagi jika kamu memang bukan orang yang pandai mengungkapkan pemikiran.

Nah, sebagai gantinya, mulailah bertindak untuk menunjukkan kasih sayangmu. Kamu jadi nggak perlu menghibur orang yang kamu sayangi dengan kata-kata saat dia menggalau, cukup berikan ia sesuatu yang dapat mengembalikan moodnya.

2. Mengapresiasi pemberian orang yang kamu sayangi dengan cara unik

6 Tips Menunjukkan Kasih Sayang Bagi Kamu yang Gengsian, Yuk Coba! Instagram.com/theheirs__fanpage

Kamu yang sering merasa gengsi tentu kebingungan mau menunjukkan rasa terima kasihmu dengan cara apa. Kamu kemungkinan enggan dianggap berlebihan, namun juga sebenarnya sangat ingin memberikan apresiasi.

Maka, kamu boleh mencari tahu cara unik dan tidak terkesan berlebihan. Misalnya ia memberikanmu kado, maka, tunjukkanlah bahwa kamu menyukai kado itu dengan memakai pemberiannya. Atau jika ia sering membantumu, kamu boleh mengapresiasinya dengan cara selalu bersedia membantunya secara reflek tanpa perlu memberi tahu niatmu dulu. Langsung lakukan, ia akan menyadari walaupun kamu tak tampak memberikan kalimat manis yang berlebihan!

3. Kalau kamu ragu memeluk, beberapa gestur yang menunjukkan kepedulian saja sudah cukup

6 Tips Menunjukkan Kasih Sayang Bagi Kamu yang Gengsian, Yuk Coba! Unsplash/priscilladupreez

Beberapa orang yang gengsian sebenarnya juga kebingungan dalam mengekspresikan kepeduliannya saat seseorang yang disayanginya curhat tentang kesulitannya. Sebuah pelukan hangat sebetulnya berarti, namun sulit dilakukan apabila gengsi mengendalikan.

Tak masalah. Kamu bisa mengganti pelukan dengan gestur lain yang tidak berlebihan namun berkesan, seperti mengusap punggungnya atau menatapnya dengan intens dan mencermati ceritanya. Tatapan penuh ketulusan serta senyuman yang menyatakan ada secercah harapan sebenarnya mempunyai efek yang bagus, lho. Bahkan, orang yang curhat sebenarnya tidak terlalu menginginkan saran atau kalimat motivasi yang cenderung memuakkan, hanya perlu merasa dipedulikan.

Baca Juga: Kelihatannya Judes, 5 Zodiak ini Sebenarnya Penuh Rasa Kasih Sayang

4. Ragu mengirim pesan? Ajaklah orang yang kamu sayangi berdiskusi secara langsung 

6 Tips Menunjukkan Kasih Sayang Bagi Kamu yang Gengsian, Yuk Coba! Pexels/bruce mars

Rasa gengsi terkadang membuat segalanya rumit, mengirimkan pesan pun rasanya jadi dipenuhi kebingungan. Nggak sedikit, lho, orang yang memikirkan pesan terbaik untuk orang yang disayangi hingga waktu terus berlalu dan tak kunjung dapat mengirimkannya.

Jika kamu merasa demikian, maka, cobalah mengajak berdiskusi secara langsung. Kamu cenderung akan merasa nyaman dan bahkan rasa sungkan sedikit menghilang saat mengobrol secara langsung, sebab diskusi secara langsung dapat membuatmu langsung menyatakan pendapatmu tanpa perlu banyak berpikir.

Kedekatan melalui obrolan secara langsung perlahan akan membuatmu nyaman dalam menunjukkan kepedulianmu tanpa perlu pikir panjang. Hanya saja, kamu perlu keberanian untuk ini. Ajaklah langsung saat melihatnya, jangan kebanyakan berpikir dan berujung merasa gengsi.

5. Membiasakan diri menyatakan terima kasih secara sederhana 

6 Tips Menunjukkan Kasih Sayang Bagi Kamu yang Gengsian, Yuk Coba! Pexels/Canva Studio

Kamu perlu lebih sering mengungkapkan terima kasih karena itu perlu, sehingga orang yang kamu sayangi merasa lebih dihargai. Kata maaf mungkin akan membuatmu kaku dalam mengungkapkan kata selanjutnya, berakhir kikuk dan pesan sebenarnya jadi tidak tersampaikan. Tidak perlu berlebihan pada awalnya, coba saja dengan kalimat singkat seperti, "Terima kasih atas bantuanmu."

Dengan membiasakan diri, kemungkinan kamu akan menjadi ragu dan dikendalikan gengsi pun semakin tipis. Kamu juga tidak perlu berpikiran bahwa orang yang kamu sayangi mungkin kebingungan akan sikapmu jika sudah sering kamu lakukan, kan?

6. Ikuti instingmu 

6 Tips Menunjukkan Kasih Sayang Bagi Kamu yang Gengsian, Yuk Coba! Unsplash/jcosens

Jangan sampai menyesal, lakukan saja apa yang mau kamu lakukan untuk menunjukkan kasih sayangmu. Rasa gengsi yang mengganggumu perlu kamu kalahkan dengan mengikuti instingmu. Selagi bisa, lakukanlah! Tanamkan hal tersebut dalam pemikiranmu agar kamu dapat terus mengandalkan instingmu alih-alih gengsimu.

Nah, itulah tips yang bisa kamu gunakan jika kamu benar-benar tipe orang yang gengsi dalam menunjukkan kasih sayang. Tentu perlu kamu terapkan, agar tips ini tidak sia-sia. 

Baca Juga: Gengsian, 5 Zodiak Ini Tak Mudah Mengakui Rasa Rindunya

Fina Efendi Photo Verified Writer Fina Efendi

WINNER. DAY6.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya