Comscore Tracker

5 Cara Tingkatkan Self Control Agar Langkah Hidupmu Makin Mantap

Kenali dirimu, jangan sampai salah langkah

Dalam menjalani kehidupan, kita tidak dapat melepaskan diri dari permasalahan. Meski selalu ada keinginan untuk sebisa mungkin menghindar dari permasalahan, terkadang masalah itu sendiri yang memghampiri. Membuat kita mau tidak mau bertemu dan terjebak dengan permasalahan. Lalu ekspresi yang muncul saat menyikapi masalah adalah dapat berupa kesabaran, dan dapat juga berupa kemarahan.

Ketika kamu ingin menyelesaikan satu pekerjaan pun kamu kerap mengalami penundaan dikarenakan fokusmu yang terbagi kepada beberap hal di luar pekerjaan sebelumnya yang menjadi fokus utama. Semua ini berkaitan dengan self control, dimana setiap orang memiliki kemampuan untuk mengendalikan dirinya sendiri sesuai keinginan dan tujuan yang ingin dicapainya.

Beberapa hal berikut patut kamu coba untuk mengendalikan dirimu menjadi pribadi yang lebih baik dan mampu menentukan arah kedepannya dalam menjalani hidup.

1. Manajemen waktu secara matang

5 Cara Tingkatkan Self Control Agar Langkah Hidupmu Makin MantapPexels/Jordan Benton

Pernah mendengar ungkapan time is money? Ungkapan tersebut mungkin benar untuk sebagian orang, tetapi mungkin juga kurang disetujui untuk sebagian yang lainnya. Apakah waktu selalu identik dengan uang? Tentu tidak.

Poinnya adalah memanfaatkan waktu yang kamu miliki sebaik mungkin akan berdampak pada kemajuan dirimu. Maka bijaklah dalam penggunaan waktu. Kamu dapat melakukan berbagai hal positif yang akan mengurangi kebimbangan dalam benakmu ketika kamu mulai merasa jenuh dan bingung untuk melakukan sesuatu.

Ketika kamu telah memiliki kesadaran waktu sangatlah berharga, keinginan yang kuat untuk meninggalkan kebiasaan yang itu-itu saja pasti akan ada. Lalu langkahmu untuk mengeksplor dan berpetualang pun telah dimulai. Kamu akan menemukan dirimu menjadi pribadi yang baru dan tentunya lebih baik dari sebelumnya.

2. Lakukan setiap hal sesuai kapabilitasmu

5 Cara Tingkatkan Self Control Agar Langkah Hidupmu Makin MantapPexels/cottonbro

Perlu diingat, setiap orang memiliki kapabilitasnya masing-masing dalam setiap pekerjaan. Kamu tentu merasa memiliki keterbatasan untuk melakukan satu pekerjaan yang mampu dilakukan temanmu. Begitu juga temanmu tidak sanggup melakukan apa yang mampu kamu lakukan.

Apakah itu menunjukkan kamu buruk? Dan temanmu juga buruk? Tidak. Setiap kemampuan yang dimiliki masing-masing orang itu special. Kenapa ini penting? Tujuannya agar kamu lebih mampu mengenali dirimu sendiri. Jangan memaksakan diri dan memforsir tenagamu untuk melakukan sesuatu yang bukan dirimu. Dampaknya kamu akan mudah stres dan jika ini berlangsung lama maka akan sangat merugikan dirimu sendiri.

Banyak hal yang seharusnya kamu ahli di bidang tersebut, lalu kamu meninggalkannya untuk satu hal yang kamu bahkan tidak nyaman dengan pekerjaan tersebut.

3. Mengevaluasi diri setiap hari

5 Cara Tingkatkan Self Control Agar Langkah Hidupmu Makin MantapPexels/Ric Rodrigues

Tolak ukur keberhasilan seseorang memang relatif. Semua itu kembali lagi pada setiap individunya. Manusia sebagai makhluk yang penuh keterbatasan juga memiliki peforma yang tidak stabil dalam menjalani hari-harinya dan cenderung naik turun. Terkadang kamu merasa apa yang telah kamu berikan hari ini masih kurang jika dibandingkan hari kemarin, maka diperlukan yang namanya evaluasi diri. Tujuannya adalah bukan menjadikan kamu sempurna, tetapi melihat seberapa sering kamu berjuang dan memacu diri untuk lebih dapat menuai manfaat bagi diri sendiri maupun orang banyak.

Baca Juga: Gampang Dicoba, Ini 5 Tips Cerdas Siasati Self Control

4. List apa saja yang ingin kamu capai

5 Cara Tingkatkan Self Control Agar Langkah Hidupmu Makin MantapPexels/Breakingpic

Membuat perencanaan tentang masa depan menunjukkan bahwa kamu adalah pribadi yang pekerja keras dan memiliki target sebagai motivasimu untuk meraih kesuksesan. Di sisi lain, hal tersebut akan menjadikanmu lebih dewasa dalam self control. Kamu akan mengetahui apa yang seharusnya menjadi prioritasmu dan apa yang seharusnya tidak perlu kamu kerjakan untuk saat ini. 

Lewat membuat list tentang apa saja yang ingin kamu capai, kesadaran yang muncul adalah bahwa semakin kamu berhasil mencapi setiap tujuanmu akan semakin berat list yang akan kamu buat kedepannya. Dengan pribadimu ke depan yang semakin baik, kamu pasti mampu menuntaskan perencanaan tersebut.

5. Sekarang waktunya keluar dari zona nyaman

5 Cara Tingkatkan Self Control Agar Langkah Hidupmu Makin MantapPexels/bruce mars

Saat seseorang terbuai dengan kenyamanan, sering melupakan bahwa perjalanan masih panjang. Bagaimana bisa memilih keluar dari zona nyaman jika kita telah merasa mampu mengendalikan diri di dalam zona nyaman tersebut? Jawabannya adalah bagaimana jika ketika kamu keluar dari zona nyaman tersebut kamu akan mendapati pengendalian dirimu yang lebih matang lagi? Apakah kamu tidak ingin mencapainya?

Ada perlunya kamu memikirnya untuk mengendalikan diri merupakan proses yang tidak ada ujungnya. Hal tersebut akan menjadikanmu pribadi yang ingin terus belajar akan sesuatu yang baru tentunya sesuai dengan kapabilitasmu tanpa merasa cepat puas akan hasil yang diperoleh sekarang. Pada akhirnya, kita semua menyadari mengendalikan diri bukanlah hal yang mudah. Diperlukan adanya proses belajar secara terus menerus.

Setelah kamu membaca artikel ini, kamu menyadari self control perlu untuk diasah dan dilatih. Sekarang seberapa sering kamu menjadi bagian dari proses itu? Tentukan pilihanmu. Semoga artikel ini bermanfaat!

Baca Juga: 5 Keuntungan Kalau Kamu Punya Self Control yang Baik

Mohamad Aby Gael Photo Writer Mohamad Aby Gael

I'm just ordinary, writing what crossed my mind.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya