5 Tanaman Hias yang Cocok untuk Interior, Nuansa Hijau nan Asri!

Berikan keindahan visual di dalam rumahmu

Rumah bukan lagi sekadar tempat berlindung, melainkan ekspresi dari kepribadian dan gaya hidup seseorang. Dalam era terus berkembang, tanaman hias di dalam rumah semakin menjadi pilihan populer bagi banyak orang. Tanaman-tanaman ini tidak hanya memberikan sentuhan alami dan keindahan visual pada ruangan, tetapi juga menyumbang manfaat kesehatan dan kesejahteraan bagi penghuninya.

Pemeliharaan tanaman hias di dalam ruangan bukan hanya untuk keindahan visual semata. Tanaman ini secara aktif memurnikan udara dengan menyerap zat-zat kimia berbahaya dan menjadikannya lebih segar untuk dihirup. Selain itu, tanaman hias juga dapat meningkatkan kadar kelembaban udara, mengurangi risiko sakit kulit dan masalah pernapasan. Bisa mempercantik interior rumahmu, langsung saja simak lima tanaman hias yang cocok untuk interior berikut ini. Cekidot!

Baca Juga: 8 Tanaman Hias dengan Kelopak Bunga Merah yang Unik

1. Monstera Deliciosa

5 Tanaman Hias yang Cocok untuk Interior, Nuansa Hijau nan Asri!Monstera Deliciosa (istockphoto.com/lamyai)

Monstera Deliciosa atau disebut Swiss Cheese Plant, memikat perhatian dengan daun-daunnya yang unik dan berlobus. Bentuknya yang besar dan lubang-lubang pada daunnya memberikan sentuhan estetika yang menarik dan kontemporer. Tanaman ini dapat menjadi fokus perhatian di ruangan mana pun, memberikan sentuhan kealamian dan kesegaran.

Selain memberikan keindahan visual, Monstera Deliciosa juga berperan sebagai penyaring udara alami. Tanaman ini membantu menyaring polutan udara seperti formaldehida dan xilena, yang dapat berasal dari bahan-bahan bangunan dan perabotan rumah tangga. Dengan memiliki Monstera Deliciosa di dalam rumah, kamu tidak hanya mendapatkan tampilan hijau yang indah, tetapi juga udara yang lebih bersih.

2. Snake Plant (Sansevieria)

5 Tanaman Hias yang Cocok untuk Interior, Nuansa Hijau nan Asri!Snake Plant (istockphoto.com/Inna Luzan)

Snake Plant dikenal sebagai salah satu tanaman yang memiliki kemampuan unik dalam membersihkan udara. Melalui proses fotosintesis, tanaman ini mampu menyerap karbon dioksida dan menghasilkan oksigen, sehingga meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan. Selain itu, Snake Plant juga dapat menyerap zat-zat berbahaya seperti formaldehida dan benzene, yang umumnya dapat ditemukan dalam bahan-bahan bangunan dan furnitur.

Salah satu kelebihan Snake Plant adalah kemampuannya untuk beradaptasi dalam berbagai kondisi lingkungan. Tanaman ini tahan terhadap cahaya rendah dan tidak memerlukan perawatan yang rumit. Oleh karena itu, Snake Plant sangat cocok untuk ditempatkan di dalam ruangan dengan pencahayaan terbatas atau bagi kamu yang memiliki jadwal yang sibuk namun tetap ingin menikmati kehadiran tanaman hias di rumah.

Baca Juga: 5 Fakta Tanaman Gude, Penghasil Kacang Sumber Pangan Potensial

3. Pothos (Epipremnum aureum)

5 Tanaman Hias yang Cocok untuk Interior, Nuansa Hijau nan Asri!Pothos (istockphoto.com/FeelPic)

Pothos memiliki kemampuan untuk menyerap kelembaban udara, yang membuatnya menjadi tanaman yang ideal untuk dijadikan pengatur kelembaban di dalam ruangan. Dengan cara itu, tanaman ini dapat membantu menjaga tingkat kelembaban yang optimal, mengurangi risiko penyakit pernapasan dan kulit kering yang disebabkan oleh udara yang terlalu kering.

Kelebihan lain dari Pothos adalah kemudahan perawatannya. Tanaman ini tahan terhadap berbagai kondisi cahaya dan tidak memerlukan perawatan yang rumit. Bahkan bagi mereka yang tidak memiliki pengalaman dalam merawat tanaman, Pothos tetap tumbuh subur dengan memberikan air secara teratur dan mendapatkan cahaya yang cukup.

4. Peace Lily (Spathiphyllum)

5 Tanaman Hias yang Cocok untuk Interior, Nuansa Hijau nan Asri!Peace Lily (istockphoto.com/Grumpy Cow Studios)

Salah satu tantangan utama di dalam rumah adalah menjaga kelembapan udara yang optimal. Peace Lily mampu memberikan kontribusi positif dalam menjaga kelembapan karena tanaman ini dapat melepaskan uap air melalui daunnya. Ini sangat bermanfaat, terutama di ruangan dengan sistem pemanas atau pendingin udara yang dapat membuat udara menjadi kering.

Ketika diletakkan di dalam rumah, kehadiran Peace Lily juga dapat memberikan manfaat psikologis. Tanaman ini dikaitkan dengan kemampuannya meredakan stres dan meningkatkan suasana hati. Dengan melibatkan unsur alam di dalam lingkungan rumah, Peace Lily menciptakan nuansa tenang dan damai yang dapat membantu mengurangi ketegangan sehari-hari.

5. ZZ Plant (Zamioculcas Zamiifolia)

5 Tanaman Hias yang Cocok untuk Interior, Nuansa Hijau nan Asri!ZZ Plant (istockphoto.com/jittawit.21)

Dalam era modern yang penuh dengan perangkat elektronik, ZZ Plant dapat berfungsi sebagai penyaring radiasi elektromagnetik (EMF) yang dihasilkan oleh peralatan seperti komputer dan telepon seluler. Menempatkan tanaman ini di sekitar peralatan elektronik dapat membantu mengurangi tingkat paparan radiasi yang dapat berdampak negatif pada kesehatan manusia.

Selain manfaat kesehatan, ZZ Plant juga memberikan sentuhan estetika yang elegan dan mempesona pada interior rumah. Daun-daunnya yang mengkilap dan bertekstur memberikan nuansa segar, hijau, dan modern, membuatnya menjadi dekorasi yang sempurna untuk berbagai gaya ruangan.

Menambahkan tanaman hias ke dalam rumah bukan hanya tentang estetika visual, tetapi juga menciptakan lingkungan yang sehat dan harmonis. Yuk, hias sudut rumahmu dengan salah satu tanaman di atas!

Baca Juga: 8 Tanaman Hias dengan Kelopak Bunga Merah yang Unik

Muhammad Ayub Rifai Photo Verified Writer Muhammad Ayub Rifai

2:30

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Fajar Laksmita

Berita Terkini Lainnya