Comscore Tracker

5 Cara Pintar Hadapi Kritikan Pedas dengan Cara yang Berkelas

Yakin pada kemampuanmu!

Semua orang memiliki tantangan dalam hidupnya, baik itu muncul dari dirinya sendiri ataupun orang lain. Setiap tantangan tersebut harus dilalui dengan penuh kekuatan agar dapat kembali bangkit sesudahnya.

Manusia selalu tak lepas dari kesalahan, kecerobohan, dan semacamnya. Di saat seperti itu, ada banyak orang yang berani mengkritik tindakan kita semau mereka saja. Tapi bagaiamana cara yang pintar untuk kita hadapi kritikan pedas?

Berikut lima cara pintar untuk hadapi kritikan pedas dari siapapun!

1. Berpikir positif

5 Cara Pintar Hadapi Kritikan Pedas dengan Cara yang Berkelasmtv.jtbc.joins.com

Kita sesungguhnya tidak perlu merasa tersakiti dengan kritik yang dilontarkan orang lain. Sesungguhnya kita perlu mengerti tujuan kritik yang sebenarnya. Kritik sepatutnya menjadi acuan kita agar menjadi lebih baik ketimbang saat kita melakukan kesalahan.

Orang lain mengkritik kita bukan karena benci, namun mereka peduli dengan kita dan ingin kita lebih baik. Tak perlu sakit hati yang berlebihan, memang kritik itu sering membuat kita sedih, tapi sedih itu tak berguna. Lebih baik kita bangkit dan mulai menyusun startegi yang lebih baik.

2. Jadikan motivasi untuk bangkit

5 Cara Pintar Hadapi Kritikan Pedas dengan Cara yang BerkelasUnsplash.com/brucedixon

Jika kamu sudah berpikir positif terhadap kritik yang kamu terima, selanjutnya kamu harus bisa buktikan dan jadikan kritik tersebut sebagai motivasimu untuk menjadi yang jauh lebih baik lagi. Jangan takut untuk kembali bangkit dan menunjukkan segala kemampuanmu.

Biasanya, jika seseorang sudah menerima kritik yang cukup berat, mereka akan mulai berpikir untuk berhenti melakukan apa yang biasanya mereka lakukan. Tetapi orang pintar tidak seperti itu, orang pintar selalu berpikir untuk membangkitkan dirinya yang terjatuh untuk kembali berdiri dengan kakinya sendiri. Maka jadikan kritikan sebagai motivasimu untuk menjadi yang lebih baik.

3. Pikirkan maksud dari kritikannya

5 Cara Pintar Hadapi Kritikan Pedas dengan Cara yang Berkelastwitter.com/officialtwt_OSW

Biasanya seorang yang mendapatkan kritik akan menaruh dendam pada sang pemberi kritik. Tapi sebenarnya tidak semestinya kita langsung membenci sang pemberi kritik tersebut. Kita harus pahami terlebih dahulu apa maksud dari kritikannya.

Jika kritikan tersebut muncul dari orang yang sudah sangat kamu kenal, maka tak perlu untuk kamu benci. Kamu semestinya sudah paham sifat dari si pemberi kritik, yang kamu perlu lakukan adalah memakluminya dan berterima kasihlah karena mereka sudah membangkitkan semangatmu lagi. Jangan hanya karena kritikan, kamu akan membenci sahabatmu.

4. Terima semua kritikan dalam hidupmu

5 Cara Pintar Hadapi Kritikan Pedas dengan Cara yang BerkelasUnsplash.com/agnieszkaboeske

Jika kamu sudah menerapkan tiga hal sebelumnya, kemungkinan besar kamu tidak akan takut lagi menghadapi kritikan. Justru kamu akan lebih terbuka dengan masukan, kritikan, atau bahkan pembicaraan orang lain tentang kamu.

Orang yang terbuka terhadap kritikan dan masukan dari orang lain, akan lebih cepat mengerti kesalahan yang telah mereka perbuat. Berbeda dengan orang yang tak pernah menerima kritikan usai kesalahan yang telah mereka perbuat. Kritikan adalah cara orang lain untuk membantu kita agar tidak melakukan kesalahan yang sama dengan sudut pandang mereka. Jadi kita harus menghargai dan bersyukur atas kritikan tersebut.

5. Berterimakasih pada sang pengkritik

5 Cara Pintar Hadapi Kritikan Pedas dengan Cara yang BerkelasUnsplash.com/colehuston

Kita bukanlah makhluk hidup yang bisa berdiri sendiri tanpa bantuan orang lain. Kita dilahirkan dengan sikap dan jiwa sosial yang kuat antar sesama manusia dan makhluk hidup lainnya. Tanpa ada sosok orang lain dalam hidup kita, kita tak akan mungkin ada di dunia ini.

Maksudnya, sudah sewajarnya kita menghargai dan berterima kasih atas kritikan dari orang lain. Seperti yang sudah dijabarkan, kritik adalah cara orang lain membantu kita agar tidak jatuh pada kesalahan yang sama dengan sudut pandang mereka masing-masing. Jadi kita sepatutnya bersyukur atas perhatian yang masih mereka berikan meski dengan cara yang menurut kita menyakitkan.

Itulah kelima cara pintar hadapi kritikan dalam hidup. Semoga hari-hari kita lebih cerah jika selalu berpikir positif ya!

Baca Juga: 5 Sikap Elegan Saat Dikritik Pasangan, Jangan Langsung Ngambek Ya!

Muhammad Imam Maulana Photo Community Writer Muhammad Imam Maulana

Anak Bola yang mulai mencari hal baru.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You