Comscore Tracker

Jangan Sampai Ditagih, Pertimbangkan Dulu 5 Hal Ini sebelum Berjanji

Jangan asal berjanji ya!
Janji sering juga disebut sebagai hutang yang harus dilunasi lewat tindakan nyata dari sebuah perkataan. Janji yang tidak mampu ditepati, akan menjadi masalah bagi yang mengucapkannya. Dimana janji akan selalu ditagih hingga ia mau menunaikannya.
Karena itu, sebagai manusia, kita harus berhati-hati sebelum berjanji di hadapan orang lain, dan Tuhan sekalipun. Berikut ini adalah lima hal yang harus kamu pertimbangkan sebelum memutuskan berjanji!

1. Kesanggupanmu

Jangan Sampai Ditagih, Pertimbangkan Dulu 5 Hal Ini sebelum BerjanjiUnsplash.com/JonasWeckschmied

Jangan berjanji di saat kamu tak mampu menyanggupinya. Mungkin kamu merasa aman ketika janji itu telah kamu ucapkan, tetapi masalah baru akan muncul di saat orang-orang menagih janjimu. Janji itu bukan sekedar ucapan yang bisa kamu anggap remeh. Karena besar sekali tanggungannya di saat kamu tak mampu memenuhi janji tersebut. Maka pikiranlah seberapa sanggup kamu menunaikan janji tersebut.

2. Keseriusanmu

Jangan Sampai Ditagih, Pertimbangkan Dulu 5 Hal Ini sebelum BerjanjiUnsplash.com/FelixRostig

Jangan berjanji jika niatmu hanya untuk bercanda atau sekedar menghangatkan suasana pembicaraan. Mungkin saja kamu menganggap itu sebagai guyonan, tapi apa jadinya jika temanmu menilai itu serius? Awal-awal mungkin dia tidak akan mengatakan apa pun kepadamu. Tetapi lama kelamaan dia akan mulai menagih janji tersebut. Sehingga kamu sendirilah yang kesulitan dalam hal ini.

3. Skema buruk

Jangan Sampai Ditagih, Pertimbangkan Dulu 5 Hal Ini sebelum BerjanjiUnsplash.com/JasonStrull

Jangan berpikir baiknya saja, coba pikirkan juga apa sih hal buruk yang mungkin saja menghalangi kamu dalam menunaikan janji? Sebab, yang namanya kehidupan, kita tak pernah dapat memprediksikan apa yang terjadi di masa depan. Oleh karena itu, kita harus pintar-pintar dalam memilah tindakan hari ini, agar terhindar dari masalah sekecil apa pun di kemudian hari.

Baca Juga: 6 Trik Menghindari Rasa Tidak Enakan Saat Berjanji Pada Orang

4. Apa untung/ruginya untukmu

Jangan Sampai Ditagih, Pertimbangkan Dulu 5 Hal Ini sebelum BerjanjiUnsplash.com/EliottReyna

Apa sih untungnya kamu berjanji? Apakah itu sebagai bentuk nazar atau rasa syukur? Ataukah ada hal lain yang menguntungkan kamu atau bahkan justru membuat kamu rugi? Jangan berjanji jika kamu tak mengetahui untung/ruginya terhadap diri kamu. Sebab, lebih baik menyadari dampaknya sekarang, daripada baru sadar nanti dengan perasaan yang lebih buruk daripada ini.

5. Seberapa penting janji itu untukmu

Jangan Sampai Ditagih, Pertimbangkan Dulu 5 Hal Ini sebelum BerjanjiUnsplash.com/MubarizMehdizadeh

Jangan sibukkan dirimu dengan hal yang tidak penting disaat kamu memiliki hal penting lain yang harus diselesaikan! Coba pikirkan dahulu seberapa pentingnya janji itu? Jika itu adalah bentuk nazar maka itu hukumnya wajib. Tetapi jika kamu berjanji hanya demi dipandang lebih di mata orang lain, lebih baik jangan.

Itulah kelima hal yang mesti kamu pertimbangkan sebelum mengucapkan janji. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 6 Trik Menghindari Rasa Tidak Enakan Saat Berjanji Pada Orang

Muhammad Imam Maulana Photo Verified Writer Muhammad Imam Maulana

Anak Bola yang mulai mencari hal baru.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya