Comscore Tracker

5 Sikap Ini Tunjukkan Kalau Hatimu Sedang Terluka, Jangan Bohong!

Penyebabnya hanya kamu yang tahu

Suasana hati terkadang lebih sulit diatur ketimbang dengan apa yang ada pikiran. Tak jarang juga kamu juga akan berusaha untuk berpura-pura baik-baik saja agar semua berjalan seperti biasanya. Namun, meski begitu ada saja sikap yang menjelaskan bahwa kamu memang sedang tidak baik-baik saja. Penasaran sikap apakah itu? Berikut adalah jawabannya!

1. Lebih emosional dari biasanya

5 Sikap Ini Tunjukkan Kalau Hatimu Sedang Terluka, Jangan Bohong!Hati yang disakiti (Unsplash.com/GiuliaBertelli)

Ketika hati kamu sedang di dalam kesedihan, kamu cenderung akan lebih emosional dari biasanya. Segala sesuatunya akan kamu hadapi dengan melibatkan lebih banyak perasaan ketimbang akal sehat. Oleh karena itu kamu harus berhati-hati dalam hal ini.

Sulit memang untuk bisa mengendalikan ketidakstabilan suasana hati. Namun, kamu juga tidak boleh berpasrah hati saja. Kamu bisa kok meminimalkan dampak buruk dari suasana hati yang buruk itu dengan cara lebih bijak dalam mengambil keputusan. Libatkan lebih banyak akal sehat, agar kamu tidak terjerumus ke dalam permasalahan berikutnya.

2. Terlalu banyak melamun

5 Sikap Ini Tunjukkan Kalau Hatimu Sedang Terluka, Jangan Bohong!Meratapi kesedihan (Unsplash.com/AnthonyTran)

Melamun cenderung lebih banyak disebabkan oleh kondisi dimana kita sedang banyak berpikir tentang banyak hal yang membebani pikiran dan hati. Ketika kamu lebih banyak melamun hari ini, maka kemungkinan besar diri kamu sedang tidak baik-baik saja hari ini.

Masalah yang kamu hadapi mungkin terlalu berat sehingga kamu merasa agak sulit untuk melepas pikiran itu. Namun, kamu juga harus bisa menempatkan dirimu di antara orang-orang yang peduli sama kamu. Sebab, merekalah orang-orang yang akan membantu kamu melewati segala kesulitan dengan masukkan dan pendapat yang mungkin membantu untukmu.

Baca Juga: 5 Tanda Seseorang Butuh Dukungan Emosional, Sedang Terluka!

3. Tidak fokus pada pembicaraan

5 Sikap Ini Tunjukkan Kalau Hatimu Sedang Terluka, Jangan Bohong!Mengobrol bareng (Unsplash.com/AndreaTummons)

Karena pikiranmu terbagi antara realitas yang kamu hadapi dengan masalah yang sedang menerpa, maka wajar apabila kamu menjadi sulit fokus terhadap pembicaraan. Kamu akan lebih mudah terpecah konsentrasinya dan kurang memerhatikan apa yang sedang dibicarakan. Akan lebih baik jika kamu memilih salah satu hal yang akan kamu selesaikan lebih dulu.

Jika memang bagimu pembicaraan ini lebih penting, maka dahulukan itu. Namun jika kamu menganggap masalah yang kamu hadapi harus cepat teratasi, maka hadapi itu sesegera mungkin dengan meminta pengertian dari orang di sekitarmu. Karena selain untuk menghargai, barangkali mereka juga tahu bagaimana menyelesaikan masalah yang tengah kamu hadapi.

4. Memilih menghabiskan waktu sendiri

5 Sikap Ini Tunjukkan Kalau Hatimu Sedang Terluka, Jangan Bohong!Masih sendirian (Pexels.com/keenanconstance)

Buat orang-orang yang senantiasa ceria dan suka bergaul dengan banyak orang, memilih menghabiskan waktu sendirian itu adalah hal yang aneh. Begitu juga dengan kamu! Jika kamu tiba-tiba lebih memilih menghabiskan waktu sendirian, maka ada hal yang tidak wajar yang tengah kamu hadapi.

Memilih menghabiskan waktu sendiri ketika sedang menghadapi masalah itu bisa berakibat baik dan juga berakibat buruk. Dimana akibat baiknya adalah kamu akan lebih fokus dalam menghadapi masalah. Dan akibat buruknya adalah kamu hanya berpikir dengan satu sudut pandang. Jauh lebih baik jika kamu mampu memadukan kedua cara berpikir itu demi penyelesaian masalah yang lebih baik.

5. Tertawa terlalu hebat

5 Sikap Ini Tunjukkan Kalau Hatimu Sedang Terluka, Jangan Bohong!Tertawa karena cerita (Unsplash.com/BrookeCagle)

Bagi sebagian orang mungkin tertawa hebat adalah hal yang lumrah. Namun, bagi kamu yang jarang tertawa dan cenderung pendiam tertawa seperti itu adalah hal yang tak biasa dan aneh bagi kamu. Wajar apabila orang lain menilai kamu sedang tidak baik-baik saja.

Selain itu, ketika kamu dihadapkan oleh masalah yang besar sisi emosional mu akan berubah 180 derajat. Dimana yang biasanya pendiam seperti kamu akan berubah menjadi lebih banyak tertawa. Mengapa? Karena kamu memang butuh hiburan di saat kondisimu sedang tidak baik-baik saja.

Menyelesaikan masalah tidak dapat sepenuhnya kita lakukan sendirian. Akan lebih baik apabila kita lalui semua dengan dukungan orang lain. Oleh karena itu, terbukalah dengan kondisi mu agar kamu juga merasa dilindungi oleh orang di sekitarmu.

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Terlalu Mencintai Orang Lain, Sering Merasa Terluka!

Muhammad Imam Maulana Photo Verified Writer Muhammad Imam Maulana

Based on my perspective

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya