Comscore Tracker

Selagi Muda Jangan Sampai Kamu Terjebak 5 Mindset Ini

Merugikan banget!
Seberapa hebat seorang manusia sebenarnya sudah ditentukan oleh dirinya sendiri. Bukan hanya lewat tindakan, tetapi mindset pun berperan besar terhadap masa depan kita. Ketika mindset buruk berada dalam pikiran kita, otomatis hal buruk lah yang dominan pada diri kita.
 
Selagi masih muda, membentuk mindset yang cerdas itu sangatlah perlu. Sebab, semakin dewasa kita, maka makin banyak pula hal yang kita perlu pelajari. Dan berikut ini adalah lima mindset buruk yang jangan sampai kamu terjebak di dalamnya!

1. Nakal dulu baru sukses

Selagi Muda Jangan Sampai Kamu Terjebak 5 Mindset IniUnsplash.com/MatheusFerrero

Pernah dengar kalimat "Nakal dulu baru sukses?" Apa menurutmu tentang pandangan tersebut? Sebenarnya sah-sah saja seseorang memilih jalan hidup yang ia sukai. Tetapi naasnya pun dia sendirilah yang akan menanggungnya. Selagi kamu masih muda, lebih baik jauhi mindset yang satu ini. Sebab, kenakalan yang berlebihan hanya akan menjebak kamu pada lubang kehidupan terendah.

2. Investasi nunggu tua

Selagi Muda Jangan Sampai Kamu Terjebak 5 Mindset IniUnsplash.com/NeONBRAND

Investasi itu perlu kamu lakukan sedini mungkin. Dan juga, investasi tak melulu tentang uang atau aset, tetapi juga ilmu. Investasikan ilmu yang kamu miliki pada hal-hal yang bermanfaat. Seperti mengajarkan orang lain, atau kamu juga yang belajar dari orang lain. Sebab, semakin kita jauh melangkah, maka makin banyak pula hal yang harus kita kuasai. Maka siapkan dirimu dengan ilmu yang bermanfaat ke depannya!

Baca Juga: 5 Kesalahan Mindset Hidup Minimalis yang Wajib Kamu Ketahui

3. Zona nyaman itu menenangkan

Selagi Muda Jangan Sampai Kamu Terjebak 5 Mindset IniUnsplash.com/DillonShook

Jangan berpikir bahwa hidup hanya akan selalu begitu. Kamu tidak hidup sebagai tokoh figuran, tetapi kamu hidup sebagai pemeran utama dalam hidupmu sendiri. Maka bertindak dan berpikirlah selayaknya sosok hebat. Di mana kamu harus bisa memiliki standar kesuksesanmu sendiri. Jangan terpaku pada alur kehidupan yang membosankan. Di mana semestinya kamu harus bisa menjadi versi terbaik dari dirimu sendiri.

4. Nikmati aja dulu masa muda

Selagi Muda Jangan Sampai Kamu Terjebak 5 Mindset IniUnsplash.com/SimonMaage

Kamu tahu hal paling destruktif dari kehidupan masa muda? Jawabannya adalah kebiasaanmu sendiri. Di mana masa muda kamu akan sia-sia atau bahkan hancur apabila kamu terlalu menikmati masa muda hingga lupa dengan masa depan. Kamu harus ingat bahwa tak ada satu pun manusia yang dapat memprediksikan masa depan. Oleh karena itu kamu wajib berpikir lebih dewasa dan berusaha lebih keras dari yang orang lain mampu.

5. Sekolah yang penting lulus

Selagi Muda Jangan Sampai Kamu Terjebak 5 Mindset IniUnsplash.com/IPutuBaldaYogiPranata
Jangan buat dirimu menyesal di saat kamu sendiri tahu penyebabnya. Kamu perlu tahu bahwa sekolah atau kuliah itu memang membosankan dan melelahkan. Tapi dari situlah mental mu diuji untuk menghadapi rintangan kehidupan yang jauh lebih keras ketika kamu dewasa nanti. Oleh karena itu, belajarlah yang rajin, sehingga kamu lulus dengan rasa hormat, bukan sekadar rasa lega.
 
Menikmati masa muda boleh saja, namun tetap ada batasnya ya. Menikmatinya bukan berarti lantas melupakan kewajiban utama serta hal-hal yang berpotensi untuk menambah value hidup ke depan.

Baca Juga: 5 Mindset yang Harus Diubah jika Ingin Sukses di Usia Muda

Muhammad Imam Maulana Photo Verified Writer Muhammad Imam Maulana

Anak Bola yang mulai mencari hal baru.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya