Comscore Tracker

4 Akar Masalah yang Bisa Memicu Trauma, Ketahui dan Hindari!

Disampaikan langsung oleh ahli

Masalah yang gak ditangani dengan baik, nyatanya bisa memicu trauma bagi siapa pun yang mengalaminya. Untuk itu, banyak ahli yang menyarankan untuk segera mengatasi masalah saat pertama kali konflik yang ada mulai muncul.

Nina Moran selaku Praktisi Kesehatan Mental, menuturkan bila ada empat akar masalah yang bisa memicu trauma. Semua itu pun berhubungan erat dengan mindset yang berkaitan dengan penerimaan diri.

"Akarnya trauma itu ada empat dan berhubungan dengan mindset. Aku gak bisa dapatkan apa yang aku mau, aku gak pantas, aku gak merasa cukup bagus atau gak pernah cukup, dan aku pasti gak dapat," tuturnya dalam sesi "Healing Sampai Hilang and Other Missued Term That Hurts Mental Wellness" di stage Future is Female pada acara Indonesia Millenial and Gen-Z Summit (IMGS) 2022 by IDN Media.

Dalam kondisi tersebut, Nina memberikan saran untuk meningkatkan kesadaran atas diri sendiri. Kemudian kamu bisa mencari bantuan dengan mengunjungi profesional.

"Untuk mengatasinya, kamu bisa mulai meditasi. Namun untuk masalah yang spesifik, sebaiknya pergi ke ahli untuk mendapatkan bantuan," tambah Nina.

Hanya saja, perlu diketahui bahwa saat pergi ke seorang terapis, gak sedikit orang yang akan merasa kehilangan atas dirinya sendiri. Oleh karena itu, setelah selesai dengan terapis, kamu bisa melanjutkan sesi lain dengan bertemu coach untuk growth personality.

Indonesia Millennial and Gen-Z Summit (IMGS) 2022 yang digelar IDN Media mengusung tema Indonesia Fast Forward. Acara ini berlangsung 2 hari, 29-30 September 2022, di Tribrata Jakarta, dengan menghadirkan 3 stage, yakni Visionary Leaders by IDN Times, Future is Female by Popbela, dan Talent Trifecta by ICE.

IMGS 2022 menghadirkan 115 pembicara kompeten di berbagai bidang, dari politik, ekonomi, bisnis, olahraga, budaya, lintas agama, sosial, lingkungan sampai kepemimpinan millennial. Ajang millennial dan Gen-Z terbesar di Tanah Air ini dihadiri lebih dari 4.000 future leader Indonesia. Dalam IMGS 2022, IDN Times juga meluncurkan Indonesia Gen Z and Millennial Report 2022. Survei ini dikerjakan IDN Research Institute bekerja sama dengan Populix.

Survei ini digelar pada periode 27 Januari - 7 Maret 2022, dengan margin of error kurang dari 5 persen. Melalui survei yang melibatkan 1.000 responden di 12 kota dan daerah aglomerasi ini, IDN Times ingin menyajikan potret yang jelas dan lengkap mengenai Gen Z Indonesia, sehingga bisa memahami dan membentuk mereka lebih baik sebagai calon pemimpin bangsa. Simak hasilnya di IMGS 2022, dan ikuti perkembangannya di situs kami, IDN Times.

Baca Juga: Femininity Bukan Kelemahan, Perempuan Harus Saling Mendukung!

Topic:

  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya