Comscore Tracker

Move On, Ini 5 Cara Menemukan Keberanian untuk Keluar dari Zona Nyaman

Beranilah untuk melangkah dan memulai hidup yang baru!

Ada saat di mana kamu merasa nyaman dalam suatu kondisi. Bahkan, kamu tidak ingin beranjak dari zona nyaman tersebut. Sayangnya, hal itu bisa membatasi dirimu untuk menjadi lebih baik.

Oleh karenanya, coba lakukan beberapa cara menemukan keberanian untuk keluar dari zona nyamanmu sekarang! Simak poin-poinnya di bawah ini!

1. Tulis semua tujuan yang ingin kamu capai

Move On, Ini 5 Cara Menemukan Keberanian untuk Keluar dari Zona NyamanIDN Times/Rizka Yulita

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah mengidentifikasi tujuan yang ingin kamu capai. Setelah itu, tulislah semuanya!

Tempel di dinding atau tempat lain yang bisa kamu lihat setiap hari! Dengan begitu, hal ini bisa menjadi motivasi harianmu agar semangat mengejar tujuan tersebut. 

2. Cari tahu situasi di luar zona nyamanmu

Move On, Ini 5 Cara Menemukan Keberanian untuk Keluar dari Zona NyamanIDN Times/Rizka Yulita

Berani keluar dari zona nyaman bukan berarti kamu harus ceroboh dalam melangkah. Untuk itu, kamu perlu cari tahu terlebih dahulu situasi seperti apa yang jadi di luar zona nyaman kamu tersebut.

Dengan begitu, kamu bisa melihat dengan jelas apa saja yang sebenarnya bisa kamu dapatkan jika berani melangkah keluar zona nyaman kamu.

3. Bayangkan jika kamu tidak memiliki pilihan lain

Move On, Ini 5 Cara Menemukan Keberanian untuk Keluar dari Zona NyamanIDN Times/Rizka Yulita

Beberapa orang merasa nyaman dengan kondisi tertentu karena anggapan bahwa keluar dari zona tersebut, akan menghasilkan situasi yang buruk. Mereka memilih untuk melakukan hal yang sama karena berharap mendapatkan hasil yang sudah pasti.

Agar bisa keluar dari zona tersebut, cobalah untuk menghilangkan pola pikir seperti itu! Mulailah berpikir jika kamu tidak memiliki pilihan lain selain melangkah ke depan dan mencoba hal yang baru.

Baca Juga: Biar Pantang Menyerah, Ini 6 Cara Menikmati Proses Menuju Sukses 

4. Coba maju selangkah demi selangkah

Move On, Ini 5 Cara Menemukan Keberanian untuk Keluar dari Zona NyamanPixabay/Tabeajaichhalt-745002

Jangan pernah memaksakan diri untuk keluar dari zona nyaman! Cobalah untuk melangkah perlahan sambil menyusun rencana ke depan jika kamu benar-benar harus melakukan hal baru.

Jadi, setelah keluar zona tersebut, kamu tidak bingung harus melakukan apa. Kamu juga tak perlu takut mengalami kegagalan.

5. Jalin hubungan dengan orang-orang yang berani mengambil risiko

Move On, Ini 5 Cara Menemukan Keberanian untuk Keluar dari Zona NyamanPexels/Brett Sayles

Percaya atau tidak, lingkungan pertemanan bisa memengaruhi sifat dan persepsi seseorang dalam menjalani kehidupan. Kalau kamu ingin tumbuh menjadi orang yang berani mengambil risiko, cobalah berteman dengan orang-orang yang berani ambil risiko.

Dengan begitu, kamu akan berani menghadapi suatu keadaan yang tidak pasti. Misalnya, ketika kamu harus keluar dari zona nyaman itu sendiri.

Demikianlah cara menemukan keberanian untuk keluar dari zona nyaman. Ingat! Satu langkah yang kamu ambil, bisa memengaruhi kehidupan kamu selanjutnya. Jadi, cobalah untuk lebih berani!

Baca Juga: 5 Motivasi Agar Kamu Bisa Lebih Hemat, Ingin Hidup Tenang Kan? 

Topic:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya