Comscore Tracker

Cara Merawat dan Memilih Ulos yang Baik, Wastra Asli Masyarakat Batak!

Harus dicuci dengan sabun khusus

Memperingati Hari Ulos Nasional 2021 yang jatuh pada 17 Oktober, TobaTenun menggelar kampanye budaya dengan tema “Bangga Bertenun Bangga Berbudaya”. Melalui konferensi pers yang dilakukan secara virtual pada Jumat (15/10/2021), TobaTenun berupaya merepresentasikan wastra nusantara, ulos, yang gak hanya jadi kebanggaan masyarakat Sumatera Utara, tetapi juga nasional. 

Kampanye budaya “Bangga Bertenun Bangga Berbudaya” merupakan wujud komitmen TobaTenun untuk memberikan edukasi, tidak hanya bagi pelaku usaha dan komunitas Ulos, tetapi juga masyarakat umum. Salah satu yang disampaikan dalam bincang-bincang tersebut adalah cara tepat merawat dan memilih kain ulos yang baik. Penasaran? 

1. Usahakan cuci kain dengan sabun khusus

Cara Merawat dan Memilih Ulos yang Baik, Wastra Asli Masyarakat Batak!Myra Widiono, Ketua Umum Warlami, dalam kampanye budaya dengan tema “Bangga Bertenun Bangga Berbudaya” yang diselenggarakan oleh TobaTenun untuk memperingati Hari Ulos Nasional 2021. 15 Oktober 2021. (IDN Times/M. Tarmizi Murdianto)

Kain ulos yang jadi salah satu wastra nusantara sekaligus budaya dari suku Batak, memang perlu perawatan khusus. Beda dengan kain lainnya, Myra Widiono selaku Ketua Umum Warlami, mengatakan bahwa ulos sebenarnya diperuntukkan bukan untuk dicuci.

Akan tetapi, menurutnya beberapa kain tetap bisa dicuci jika kualitas kainnya baik dan gak dilakukan sering-sering. "Tergantung dari kualitas pewarnaan alamnya. Kalau kualitasnya baik, dia gak terlalu ringkih, itu tetap bisa dicuci tapi tetap dengan sabun pencuci khusus dan usahakan jangan sering-sering," katanya.

2. Jemur kain di tempat yang tidak terkena matahari secara langsung

Cara Merawat dan Memilih Ulos yang Baik, Wastra Asli Masyarakat Batak!Kampanye budaya dengan tema “Bangga Bertenun Bangga Berbudaya” yang diselenggarakan oleh TobaTenun untuk memperingati Hari Ulos Nasional 2021. 15 Oktober 2021. (IDN Times/M. Tarmizi Murdianto)

Lalu, pada proses penjemuran, Myra menyarankan agar tidak menjemur kain di bawah sinar matahari langsung. Hal ini bertujuan untuk menjaga serat kain agar tetap awet dan tahan lama.

"Kalau dijemur tidak boleh terkena matahari langsung. Hindari karena bisa merusak serat kain," ucapnya.

3. Ketika ingin menyetrika, lapisi kain ulos dengan kain lain

Cara Merawat dan Memilih Ulos yang Baik, Wastra Asli Masyarakat Batak!Kampanye budaya dengan tema “Bangga Bertenun Bangga Berbudaya” yang diselenggarakan oleh TobaTenun untuk memperingati Hari Ulos Nasional 2021. 15 Oktober 2021. (IDN Times/M. Tarmizi Murdianto)

Sama dengan kain atau pakaian lain yang sudah melewati proses penjemuran, kain ulos juga bisa disetrika sehingga terlihat lebih rapi. Hanya saja, dalam melakukannya, usahakan agar besi alat setrika tidak bertemu langsung dengan kain.

"Selanjutnya, ketika akan segera disetrika, agar terlihat rapi, harus dilapisi dengan kain lain. Jangan sampai langsung mempertemukan besi panas setrika dengan kain," imbuhnya.

Baca Juga: 4 Fakta Menarik Ulos, Wastra Khas Suku Batak yang Mendunia

4. Tips memilih kain ulos yang baik adalah cari tahu dari mana kain tersebut berasal

Cara Merawat dan Memilih Ulos yang Baik, Wastra Asli Masyarakat Batak!Ilustrasi kain ulos (dok. TobaTenun)

Bagi orang awam, memilih kain ulos yang baik tentu bukan perihal mudah. Dibutuhkan wawasan yang luas mengenai wastra serta teknik pewarnaan kain yang betul terlebih dahulu.

Oleh karena itu, Kerri Na Basaria selaku Founder & CEO TobaTenun berusaha memaparkan cara terpenting dalam memilih kain ulos. Menurutnya, hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah mencari tahu asal atau dari mana datangnya kain tersebut.

"Pertama, harus tahu dari mana datang atau awalnya barang itu. Kalau kita sudah tahu, hasilnya pasti jauh lebih baik. Kalau kita beli langsung, paling mudah ke pasar. Selanjutnya, cari tahu teknik pewarnaannya seperti apa," jelasnya.

5. Kain ulos yang baik umumnya dipatok dengan harga yang agak mahal

Cara Merawat dan Memilih Ulos yang Baik, Wastra Asli Masyarakat Batak!Ilustrasi kain ulos (dok. TobaTenun)

Selain itu, Kerri juga menyarankan untuk membeli kain ulos dengan kisaran yang agak mahal. Sebab, umumnya kain ulos yang bagus memiliki kisaran harga yang mahal.

"Semua ulos dan tenun punya background-nya masing-masing, tergantung kisaran harga dan tergantung dipakai untuk apa. Kalo kamu berani bayar mahal dan kenal penenunnya atau desainer tertentu, ya langsung aja ke sana," tuturnya.

Demikian tips cara merawat dan memilih kain ulos yang baik dan bagus. Yuk, lestarikan budaya leluhur!

Baca Juga: 5 Inspirasi Kebaya ala Astrid Tiar, Tampilan Elegan dengan Kain Ulos!

Topic:

  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya