Comscore Tracker

Doa Khatam Al-Qur'an, Terjemahan, Arti, dan Keutamaannya

#IDNTimesLife Amalan yang paling dicintai Allah SWT

Gak sedikit orang yang berusaha mengkhatamkan Al-Qur'an pada saat bulan Ramadan. Ini karena membaca Al-Qur'an merupakan kewajiban yang senantiasa dilimpahi pahala dan karunia oleh Allah SWT.

Bagi kamu yang sedang berusaha mengkhatamkan Al-Qur'an, yuk ketahui terlebih dahulu mengenai doa khatam Qur'an berikut ini! Terdapat sejumlah keutamaan yang bisa dirasakan, lho!

1. Anjuran membaca Al-Qur'an

Doa Khatam Al-Qur'an, Terjemahan, Arti, dan Keutamaannyailustrasi membaca Al-Qur'an (freepik.com/freepik)

Membaca serta menghafal Al-Qur'an adalah ibadah yang bila dikerjakan, akan diganjar pahala luar biasa oleh Allah SWT. Bahkan, bagi yang mendengar lantunan Al-Qur'an pun, Allah menyiapkan pahala kebaikan untuknya. Anjuran ini dijelaskan dalam hadis Nabi Muhammad SAW yang berbunyi:

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم أفضل عبادة أمتي تلاوة القرآن

Artinya:

“Rasulullah SAW bersabda, ‘Ibadah paling utama dari umatku adalah pembacaan Alquran.”

Selain itu, perintah mendengarkan bacaan Al-Qur'an terdapat dalam Surat Al-A'rof ayat 204, yakni:

وَإِذَا قُرِئَ الْقُرْآنُ فَاسْتَمِعُوا لَهُ وَأَنْصِتُوا لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ

Artinya:

"Dan apabila dibacakan Alquran, maka dengarkanlah baik-baik, dan perhatikanlah dengan tenang agar kamu mendapat rahmat."

2. Bacaan doa khatam Qur'an

Doa Khatam Al-Qur'an, Terjemahan, Arti, dan KeutamaannyaIlustrasi membaca Al-Qur'an (unsplash.com/RachidOucharia)

Dikutip dari Kitab Ihya' Ulumiddin karya Imam Al Ghazali halaman 579, Hudzfah menceritakan, pernah suatu ketika dia salat bersama Rasulullah SAW. Selesai salat dan membaca Al-Qur'an, disebutkan bahwa Rasulullah SAW membaca doa yang kemudian disebut sebagai doa khatam Al-Qur'an. Ada pun bacaannya sebagai berikut:

اللَّهُمَّ ارْحَمْنِي بِالْقُرْآنِ وَاجْعَلْهُ لِي إِمَامًا وَنُورًا وَهُدًى وَرَحْمَةً، اللَّهُمَّ ذَكِّرْنِي مِنْهُ مَا نُسِّيتُ وَعَلِّمْنِي مِنْهُ مَا جَهِلْتُ وَارْزُقْنِي تِلَاوَتَهُ آنَاءَ اللَّيْلِ وَأَطْرَافَ النَّهَارِ وَاجْعَلْهُ لِي حُجَّةً يَا رَبَّ الْعَالَمِينَ

Allhummarhamni bilquran. Waj'alhu lii imaman wa nuran wa hudan wa rohmah. Allhumma dzakkirni minhu maa nasiitu wa 'allimnii minhu maa jahiltu warzuqnii tilawatahu aana-allaili wa'atrofannahaar waj'alhu li hujatan ya rabbal 'alamin

Artinya :

"Ya Allah, rahmatilah aku dengan Al-Qur'an. Jadikanlah ia sebagai pemimpin, cahaya, petunjuk, dan rahmat bagiku. Ya Allah, ingatkanlah aku atas apa yang terlupakan darinya. Ajarilah aku atas apa yang belum tahu darinya. Berikanlah aku kemampuan membacanya sepanjang malam dan ujung siang. Jadikanlah ia sebagai pembelaku, wahai Tuhan semesta alam."

Baca Juga: Begini Cara Mudah Khatam Alquran Selama Ramadan

3. Hukum membaca doa khatam Al-Qur'an

Doa Khatam Al-Qur'an, Terjemahan, Arti, dan Keutamaannyapixabay.com/Darwis Alwan

Hadis mengenai doa khatam Al-Qur'an ini diriwayatkan oleh Abu Manshur al-Muzhaffar ibn al-Husain al-Dhahak dalam al-Syama'il. Keduanya dari jalur Abu Dzar al-Harawi dari riwayat Dawud ibn Qais.

Namun, status hadisnya sendiri adalah mu'dhal, yakni pada sanadnya ada dua rawi yang jatuh (terputus) secara berurutan, sehingga hadis ini termasuk dengan sanad lemah.

Namun, sejumlah ulama memperbolehkan doa ini sesekali dibaca setelah mengkhatamkan Al-Qur'an. Karena itu, praktiknya tidak harus selalu dibaca usai khatam Al-Qur'an.

4. Keutamaan mengkhatamkan Al-Qur'an

Doa Khatam Al-Qur'an, Terjemahan, Arti, dan Keutamaannyailustrasi membaca Al-Qur'an (unsplash.com/Ed Us)

Terdapat banyak keutamaan yang dapat kamu rasakan bila berhasil mengkhatamkan Al-Qur'an. Berikut ini beberapa di antaranya:

Pertama, dengan mengkhatamkan Al-Qur'an, kita akan mendapatkan rahmat, ketenteraman, didoakan oleh malaikat, serta mendapatkan pujian dari Allah SWT.

عَنْ أَبي هُرَيْرَةَ قَالَ: قَالَ رَسُول اللَّهِ ﷺ: ومَا اجْتَمَعَ قَوْمٌ فِي بَيْتٍ مِنْ بُيوتِ اللَّهِ يَتْلُونَ كِتَابَ اللَّهِ، ويتَدَارسُونَه بيْنَهُم، إِلاَّ نَزَلتْ علَيهم السَّكِينَة، وغَشِيَتْهُمْ الرَّحْمَة، وَحَفَّتْهُم الملائِكَةُ، وذَكَرهُمْ اللَّه فيِمنْ عِنده


Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda, ''Tidaklah suatu kaum berkumpul di salah satu rumah-rumah Allah untuk melantunkan ayat-ayat suci Alquran dan mempelajarinya, melainkan akan turun kepada mereka ketenangan, akan dilingkupi pada diri mereka dengan rahmat, akan dilingkari oleh para malaikat, dan Allah pun akan menyebut (memuji) mereka di hadapan makhluk yang ada di dekat-Nya.'' (HR Muslim).

Kedua, membaca dan mengkhatamkan Al-Qur'an adalah amalan yang paling dicintai Allah. Ibnu Abbas RA menceritakan bahwa suatu hari, ada seorang sahabat yang bertanya kepada Rasulullah SAW. 

سأل رجلٌ النَّبيَّ صلَّى اللهُ عليه وسلَّم فقال : أيُّ العملِ أحبُّ إلى اللهِ تعالَى ؟ قال : الحالُّ المُرتَحِلُ . قال : يا رسولَ اللهِ ! ما الحالُّ المُرتَحِلُ ؟ قال : صاحبُ القرآنِ يضرِبُ في أوَّلِه حتَّى يبلُغَ آخرَه ، وفي آخرِه حتَّى يبلُغَ أوَّلَه

''Wahai Rasulullah, amalan apakah yang paling dicintai Allah?'' Beliau menjawab, ''Al-hal wal murtahal.'' Orang ini bertanya lagi, ''Apa itu al-hal wal murtahal, wahai Rasulullah?'' Beliau menjawab, ''Yaitu yang membaca Alquran dari awal hingga akhir. Setiap kali selesai ia mengulanginya lagi dari awal.'' (HR Tirmidzi).

Ketiga, dengan membaca Al-Qur'an, maka kita akan mendapatkan syafaat di akhirat nanti. 

عن أَبي أُمامَةَ قَالَ: سمِعتُ رسولَ اللَّهِ ﷺ يقولُ: اقْرَؤوا القُرْآنَ، فإِنَّهُ يَأْتِي يَوْمَ القيامةِ شَفِيعًا لأَصْحابِهِ

Dari Abu Amamah RA, ia mendengar Rasulullah SAW bersabda, ''Bacalah Alquran, karena sesungguhnya ia akan menjadi syafaat bagi para pembacanya di hari kiamat.'' (HR Muslim). 

Itu dia doa khatam Qur'an beserta penjelasan mengenai keutamaan-keutamaannya. Semoga dengan informasi di atas, kamu jadi lebih termotivasi untuk membaca dan mengamalkan Al-Qur'an, ya!

Baca Juga: Doa 5 Nabi di Al-Quran, Mudahkan Urusan Hingga Sembuhkan Penyakit 

Topic:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto
  • Febriyanti Revitasari
  • Bella Almira Siregar
  • Retno Rahayu

Berita Terkini Lainnya