Comscore Tracker

Kisah Rama Suparta Dirikan Brand Kacamata Lokal SATURDAYS, Inspiratif!

Tawarkan produk dengan desain modern dan bahan premium

Kacamata kini bukan lagi hanya sekadar alat untuk bisa melihat dengan lebih jelas bagi para pemilik mata minus saja. Sebab, aksesori yang satu ini juga turut menjadi pemanis gaya yang lekat dengan penampilan sehari-hari.

Karena ada cukup banyak brand kacamata di Indonesia, kamu bisa mempertimbangkan SATURDAYS sebagai salah satu brand kacamata lokal yang memiliki desain modern dan bahan premium. IDN Times pun berkesempatan mewawancarai Co-Founder dari perusahaan tersebut, yakni Rama Suparta untuk mengetahui hadirnya SATURDAYS.

1. Gak punya optical background, SATURDAYS lahir justru dari pengalaman pribadi Rama memakai kacamata

Kisah Rama Suparta Dirikan Brand Kacamata Lokal SATURDAYS, Inspiratif!Rama Suparta, Co-Founder SATURDAYS (dok. SATURDAYS)

Meski gak memiliki latar belakang yang berhubungan dengan bidang optik, namun Rama mengaku bila kacamata sangat penting untuk menunjang hidup seseorang. Hal ini ia rasakan sendiri karena melihat bahwa kacamata mampu meningkatkan produktivitas seseorang saat mereka bekerja atau bersekolah.

"Menurut saya, kacamata sangat penting karena dari pengalaman awal bisnis kami, ternyata dengan sebuah kacamata, bisa meningkatkan produktivitas sebanyak 30 persen untuk sekolah atau kerja. Mereka bisa lihat dengan jelas, jadi bukan hanya fungsi atau aksesori saja, melainkan juga alat yang membantu meningkatkan kualitas hidup," katanya kepada IDN Times, Sabtu (18/6/22).

2. Ia berniat untuk menghadirkan kacamata dengan harga yang affordable dan berkualitas

Kisah Rama Suparta Dirikan Brand Kacamata Lokal SATURDAYS, Inspiratif!Rama Suparta, Co-Founder SATURDAYS (dok. SATURDAYS)

Sayangnya, Rama merasa bahwa di Indonesia sendiri, kacamata dengan kualitas yang baik terbilang cukup mahal dan memiliki desain yang membosankan. Untuk itu, lahirlah SATURDAYS demi memenuhi kebutuhan masyarakat akan kacamata modern dengan kualitas yang baik.

"Sebagai pengguna kacamata sejak kecil, saya memahami apa saja kendala yang dirasakan oleh pengguna kacamata, seperti harganya yang cukup mahal untuk kualitas bagus dan pengalaman membeli yang membosankan. Jadi, karena tahu persepsi itu, kita berusaha memenuhi keinginan pelanggan dengan menyediakan desain kacamata yang khusus dan dibuat dari material terbaik," tuturnya.

Kacamata yang ada di SATURDAYS diproduksi secara mandiri dengan pemilihan bahan terbaik tanpa ada penjualan dari tangan kedua atau ketiga. Dengan begitu, menurut Rama harga produk yang dijual bisa lebih murah.

"Kita produksi sendiri kacamatanya dan kita langsung jual ke costumer. Makanya, harga yang ditawarkan bisa jauh lebih murah dengan kualitas yang setara dengan yang dijual di pasaran karena mereka itu sebenarnya reseller di suatu brand," tambahnya.

3. Nama SATURDAYS sendiri dipilih untuk menggambarkan kesenangan dan kenyamanan

Kisah Rama Suparta Dirikan Brand Kacamata Lokal SATURDAYS, Inspiratif!Rama Suparta, Co-Founder SATURDAYS (dok. SATURDAYS)

Dalam diskusi hangat yang berlangsung, Rama bertanya kira-kira apa yang terbesit jika mendengar kata SATURDAYS. Menurutnya, ini juga berkaitan dengan makna yang ingin dipersepsikan kepada khalayak terhadap brand lokal ini sendiri.

"Kalau orang dengar nama SATURDAYS langsung, kami berharap terdengar menyenangkan seolah sedang liburan. Jadi, kacamata itu sebagai aksesori yang sebenarnya bisa dikombinasikan secara fungsional," jelasnya.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Kacamata Cepat Rusak

4. Agar mampu bertahan dan menjadi brand yang berkelanjutan, Rama mengajak public figure untuk berkolaborasi, salah satunya Marvel

Kisah Rama Suparta Dirikan Brand Kacamata Lokal SATURDAYS, Inspiratif!Salah satu koleksi kacamata SATURDAYS yang berkolaborasi dengan Black Widow (dok. SATURDAYS)

Banyaknya brand lokal yang kian hadir di pasar gak membuat Rama gentar dalam membangun SATURDAYS. Baginya, hal ini justru peluang baik untuk membuat brand yang ia dirikan tersebut menjadi sebuah pionir yang tertanam di benak masyarakat.

"Menurut saya, bagus sih ada banyak produk lokal yang muncul. Brand SATURDAYS sendiri nanti bisa jadi brand yang meyakini orang untuk lebih percaya diri karena desain yang ada semuanya bisa di-custom, sehingga jadi pembeda yang gak bisa ditemukan di toko lain," terangnya.

Selain itu, Rama juga membocorkan bila salah satu strategi andalan SATURDAYS agar tetap bisa bertahan di hati masyarakat adalah dengan menghadirkan produk kolaborasi dari public figure dunia. Misal, produk terbarunya ini terinspirasi dari Marvel, yakni Tony Stark.

"Kita tuh kolaborasi dengan beberapa brand dan juga public figure ternama di dunia dan juga lokal, seperti yang saya pakai ini kolaborasi dengan Marvel, terinspirasi dari Tony Stark. Sebelumnya, kita juga berkolaborasi dengan Black Widow di awal launching," imbuhnya.

5. Rama turut memberikan tips merawat kacamata yang baik

Kisah Rama Suparta Dirikan Brand Kacamata Lokal SATURDAYS, Inspiratif!Rama Suparta, Co-Founder SATURDAYS (dok. SATURDAYS)

Sebagai pengguna kacamata, Rama juga sangat memperhatikan perawatan dari kacamata itu sendiri. Pasalnya, masih ada banyak orang yang sembarangan dalam membersihkan atau merawat kacamata yang mereka miliki.

Padahal, menurutnya, merawat kacamata tidaklah sulit. Kamu hanya perlu membersihkannya dengan lap khusus lensa dan usahakan untuk gak menyentuhnya secara langsung dengan tanang.

"Usahakan gak kotor, tapi kalo kotor usahakan dibersihkan pakai lap khusus buat bersihin lensa. Lalu, ketika membersihkan jangan sampai tersentuh tangan karena bisa kotor. Ada pula cairan khusus yang bisa digunakan untuk membersihkan bagian lensanya," pungkasnya.

Itu dia kisah Rama Suparta, Co-Founder SATURDAYS dalam mendirikan brand kacamata lokal di Indonesia. Semoga cerita di atas bisa menjadi dorongan bagi kamu yang ingin memulai usaha meski gak memiliki latar belakang yang berkaitan, ya!

Baca Juga: Kisah Nafiza, Siswi Lampung Main Peran Wina Film Pengabdian Setan 2

Topic:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya