Comscore Tracker

Bacaan Niat, Zikir, dan Keutamaan Salat Sunah Qobliyah Subuh

#IDNTimesLife Lebih baik daripada dunia dan seisinya

Salat sunah qobliyah adalah salat sunah yang dikerjakan sebelum salat fardu dan termasuk sebagai salat rawatib. Hukum dari salat ini adalah sunah muakad yang berarti sunah yang sangat kuat. 

Sesuai dengan definisinya, salat sunah qobliyah dilaksanakan sebelum salat wajib, di mana salah satunya adalah sebelum salat subuh atau biasa disebut sunah qobliyah subuh. Nah, berikut ini bacaan niat salat qobliyah subuh dan zikir untuk melaksanakan salat sunah qobliyah subuh beserta keutamaannya.

1. Niat salat sunah qobliyah subuh

Bacaan Niat, Zikir, dan Keutamaan Salat Sunah Qobliyah SubuhIlustrasi Berdoa (IDN Times/Sunariyah)

Sama halnya dengan ibadah lain, ketika ingin mulai melaksanakan salat sunah qobliyah subuh, kamu juga harus membaca niat terlebih dahulu. Adapun bacaan niatnya, yakni:

Ushallii sunnatash shubhi rak’ataini qabliyyatan lillaahi Ta’aala

Artinya:

"Aku niat salat sunah sebelum Subuh dua rakaat karena Allah Ta’ala."

2. Bacaan zikir setelah salat sunah qobliyah subuh

Bacaan Niat, Zikir, dan Keutamaan Salat Sunah Qobliyah Subuhpexels.com/@michael-burrows

Setelah selesai menjalankan salat sunah qobliyah subuh, sangat dianjurkan bagi kamu untuk melakukan zikir. Bacaan zikir untuk diamalkan setelah salat sunah qobliyah subuh, yaitu:

  • Baca kalimat “Ya hayyu ya qoyyum laa ilaaha illa anta” sebanyak 40 kali. Arti bacaan tersebut adalah, "Wahai Yang Maha Hidup, Wahai Yang Maha Berdiri Sendiri, tiada tuhan selain Engkau."
  • Kemudian, lanjutkan dengan membaca Surat Al-Ikhlas sebanyak 11 kali, Surat Al-Falaq sebanyak 1 kali, dan Surat An-Nas sebanyak 1 kali.
  • Lalu, baca “Subhanallah wabihamdihi subhanallahil ‘adzim astaghfirullah” sebanyak 100 kali. Artinya adalah, “Maha Suci Allah, dan dengan memuji-Nya. Maha Suci Allah Yang Maha Agung. Aku memohon ampunan pada Allah.”
  • Terakhir, baca doa “Allahuumma rabba jibrila wa israfila wa mika’ila wa muhammadin nabbiyi shallallahu ‘alaihi wa sallama a’udzubika minan nar" yang berarti “Ya Allah, Rabb-nya Jibril, Israfil, Mikail, dan Muhammad, aku memohon perlindungan-Mu dari siksa api neraka.”

Bacaan zikir di atas, bisa kamu baca setelah selesai melaksanakan salat sunah qobliyah subuh sambil menunggu masuknya waktu salat subuh.

Baca Juga: Amalan Sunah, 3 Jenis Bacaan Doa Qunut, Kunut Subuh dan Witir Ramadan

3. Keutamaan salat sunah qobliyah subuh

Bacaan Niat, Zikir, dan Keutamaan Salat Sunah Qobliyah SubuhIlustrasi Salat (IDN Times/Besse Fadhilah)

Salat sunah Qobliyah pada dasarnya dikerjakan guna menyiapkan diri sebelum salat wajib. Selain itu, salat ini juga memiliki banyak keutamaan. Salah satunya adalah rakaatnya lebih baik daripada dunia dan seisinya. Hal ini disampaikan langsung dalam sabda Rasulullah SAW.

Nabi Muhammad SAW bersabda:

An Aisyata Radliyallaahu Anhaa, 'Anin Na-Biyyi SAW Qaala: Rak'atal Fajri Khairun Minad Dun-Ya Wamaa Fiihaa

Artinya:

"Dari Aisyah RA bahwa Nabi SAW telah bersabda: Dua rakaat fajar (salat sunah yang dikerjakan sebelum subuh) itu lebih baik daripada dunia dan seisinya." (HR. Muslim)

Itu dia bacaan niat salat qobliyah subuh serta keutamaan yang bisa kamu dapatkan ketika menjalankannya. Mari perbanyak ibadah guna menambah pahala di bulan Ramadan.

Baca Juga: Tantang Dirimu dengan Melakukan 5 Hal Ini di Bulan Ramadan, Berkah!

Topic:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto
  • Febriyanti Revitasari
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya