Comscore Tracker

Perbedaan Laki-laki dan Wanita dalam Mengerjakan Salat, Wajib Tahu!

#IDNTimesLife Jangan sampai salah dan keliru

Salat merupakan ibadah yang hukumnya wajib dikerjakan setiap umat muslim di dunia. Namun, tahukah kamu ketika menjalankannya, terdapat beberapa ketentuan yang berbeda antara laki-laki dan perempuan?

Daripada penasaran, mari simak informasi mengenai perbedaan laki-laki dan wanita dalam mengerjakan salat yang telah IDN Times rangkum dari buku "Risalah Tuntunan Shalat Lengkap" oleh Drs. Moh. Rifa'i berikut ini.

1. Aurat laki-laki dalam salat ada di antara pusar dan lutut, sedangkan perempuan seluruh tubuh

Perbedaan Laki-laki dan Wanita dalam Mengerjakan Salat, Wajib Tahu!Ilustrasi Salat (IDN Times/Besse Fadhilah)

Untuk dapat melaksanakan salat tentunya diwajibkan untuk menutup aurat menggunakan pakaian ibadah, baik sarung, baju koko, celana panjang, maupun mukena. Dalam hal ini, ternyata aturan aurat pada perempuan dan laki-laki berbeda.

Aurat bagi laki-laki dalam menjalankan salat berada antara pusar dan lutut, sedangkan, aurat perempuan adalah seluruh tubuhnya, kecuali muka dan kedua belah telapak tangannya.

2. Laki-laki diharuskan membaca dengan suara keras, sedang perempuan dengan suara rendah

Perbedaan Laki-laki dan Wanita dalam Mengerjakan Salat, Wajib Tahu!IDN Times/Feny Maulia Agustin

Selanjutnya, dalam mengerjakan salat laki-laki dianjurkan untuk membaca bacaannya dengan suara keras atau nyaring. Sedangkan, bagi perempuan ada baiknya merendahkan suaranya ketika membaca bacaan salat di hadapan laki-laki lain yang bukan muhrimnya.

3. Bila menderita sesuatu di saat salat, laki-laki bisa membaca tasbih, sedangkan perempuan menepuk tangan

Perbedaan Laki-laki dan Wanita dalam Mengerjakan Salat, Wajib Tahu!Ilustrasi salat (Dok. IDN Times)

Saat mengerjakan salat, lalu merasa atau menderita sesuatu (misalnya, imam salat mengalami kekeliruan atau lupa, makmun wajib mengingatkan), laki-laki dianjurkan memberikan imbauan dengan membaca tasbih "subhaanallah". Sementara, bagi perempuan, bisa bertepuk tangan dengan cara memukul punggung telapak tangan kiri. 

Baca Juga: Niat dan Tata Cara Salat Gaib, Untuk Mendoakan Orang Meninggal

4. Laki-laki salat dengan merenggangkan dua siku tangannya, tetapi perempuan merapatkan anggota badannya

Perbedaan Laki-laki dan Wanita dalam Mengerjakan Salat, Wajib Tahu!IDN Times/Feny Maulia Agustin

Meski terlihat sama, namun gerakan dalam mengerjakan salat bagi laki-laki dan perempuan ternyata memiliki perbedaan. Pada waktu rukuk dan sujud, laki-laki dianjurkan untuk mengangkat perutnya dari kedua pahanya. 

Namun, pada waktu perempuan melaksanakan rukuk dan sujud, mereka dianjurkan meletakkan perutnya pada dada serta kedua pahanya. 

5. Saat posisi rukuk dan sujud, laki-laki mengangkat perut dari dua pahanya. Perempuan meletakkan perutnya pada dada dan pahanya

Perbedaan Laki-laki dan Wanita dalam Mengerjakan Salat, Wajib Tahu!Ilustrasi Salat (IDN Times/Besse Fadhilah)

Masih dalam posisi rukuk dan sujud, laki-laki dianjurkan untuk mengambil posisi dengan merenggangkan kedua siku tangannya. Sedangkan, wanita dianjurkan untuk merapatkan satu anggota tubuh pada anggota tubuh lainnya. 

Itu dia beberapa perbedaan pelaksanaan salat antara laki-laki dan perempuan. Jangan lupa diterapkan agar tidak salah dalam pelaksanaannya, ya!

Baca Juga: 5 Salat Sunah yang Biasa Dikerjakan di Bulan Ramadan Disertai Niatnya

Topic:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya