Comscore Tracker

5 Soft Skill yang Bikin Mudah Diterima Orang Lain, Latih Sekarang 

Skill berpikir kritis salah satunya

Menjadi orang yang mudah diterima di berbagai tempat pasti rasanya menyenangkan, ya. Tapi, memang itu gak mudah untuk dilakukan dan harus melalui sebuah proses. Kamu harus memiliki value dalam diri yang bisa menarik perhatian orang lain.

Hal tersebut akan membuat orang lain bisa menerimamu dengan baik sehingga kamu akan mendapatkan peluang dan kesempatan baru yang belum pernah kamu dapatkan sebelumnya. Kalau kamu harus segera beradaptasi di lingkungan baru, berikut ini merupakan sederet soft skill yang bakal bikin kamu mudah diterima orang lain. Kamu bisa segera melatih skill itu dari sekarang, ya!

1. Skill komunikasi 

5 Soft Skill yang Bikin Mudah Diterima Orang Lain, Latih Sekarang ilustrasi orang sedang mengobrol (pexels.com/Christina Morillo)

Komunikasi yang tepat bisa membantu kamu untuk menyampaikan sesuatu tanpa menimbulkan kesalahpahaman. Kemampuan komunikasi yang baik sangat dibutuhkan dimanapun kamu berada. Kamu bisa melatih skill komunikasi yang kamu miliki sehingga nantinya kamu bisa mudah diterima orang lain.

Kamu bisa menyampaikan isi kepalamu dengan cara yang dimengerti orang lain. Mulailah dengan menjadi pendengar yang baik, karena dari mendengarkan kamu akan lebih banyak memahami lawan bicaramu.

2. Skill bekerja dalam tim 

5 Soft Skill yang Bikin Mudah Diterima Orang Lain, Latih Sekarang ilustrasi orang berjabat tangan (pexels.com/fauxels)

Kamu harus tahu, bahwa tidak selamanya pekerjaanmu bisa diselesaikan seorang diri. Oleh karena itu, skill bekerja dalam tim ini sangat dibutuhkan dalam menjalin kerjasama dengan orang lain.

Karena yang namanya kerja dalam tim berarti kamu harus bisa menyingkirkan ego dan mengutamakan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi. Belajarlah mendengarkan sudut pandang orang lain. Siapa tahu dari sana kamu bisa menemukan sebuah solusi.

Baca Juga: 7 Soft Skill yang Diburu Perusahaan di Masa Depan 

3. Skill berpikir kritis 

5 Soft Skill yang Bikin Mudah Diterima Orang Lain, Latih Sekarang ilustrasi wanita membaca buku (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kemampuan berpikir kritis akan membuatmu bisa menemukan solusi atas masalah yang sedang kamu hadapi. Belajarlah mengatasi masalah dengan win-win solution tanpa menyakiti salah satu pihak.

Mulai sekarang, latihlah dirimu untuk berpikir kritis dengan banyak membaca buku dan belajar studi kasus dari berbagai media. Kamu juga bisa melatih soft skill ini dengan cara selalu memandang sesuatu dari berbagai sudut pandang.

4. Skill mengelola waktu dengan baik 

5 Soft Skill yang Bikin Mudah Diterima Orang Lain, Latih Sekarang ilustrasi wanita tersenyum (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kita dan orang lain sama-sama diberikan waktu 24 jam dalam sehari. Tapi, yang membedakannya adalah bagaimana cara kita mengelola waktu tersebut dengan baik sehingga kita bisa lebih produktif.

Datang tepat waktu dan mengerjakan tugas sesuai deadline adalah poin penting saat berurusan dengan orang lain. Jadi, ketika kamu berhasil menguasai itu, orang pasti akan lebih respect ke kamu.

5. Skill menjalin kerjasama atau networking 

5 Soft Skill yang Bikin Mudah Diterima Orang Lain, Latih Sekarang ilustrasi wanita sedang duduk (pexels.com/Dani Hart)

Nah, skill yang terakhir yang membuat kamu mudah diterima orang lain adalah skill menjalin kerjasama atau networking. Skill ini penting untuk kamu kuasai.

Semakin banyak orang yang kamu kenal, kamu terlihat semakin bisa dipercaya. Selain itu, semakin banyak networking yang kamu miliki, semakin banyak hal kecil dalam hidupmu terbantu.

Yuk, mulai sekarang latihlah dirimu untuk menguasai kelima soft skill yang telah disampaikan pada inspirasi kali ini agar kamu bisa mudah untuk diterima orang lain. Nantinya, tentu akan banyak manfaat yang bisa kamu raih. Semangat, ya.

Baca Juga: 5 Soft Skill yang Perlu Dikuasai Mahasiswa

Selvi Hidayah Photo Verified Writer Selvi Hidayah

One Step Closer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya