Comscore Tracker

5 Manfaat Memuliakan Tetangga Menurut Islam, Habluminannas

Menjaga tali silaturahmi dengan sesama adalah penting!

Memuliakan tetangga merupakan salah satu perbuatan baik yang harus kita lakukan. Sebab, hidup di dalam masyarakat tidak dapat berjalan sendiri karena sesama manusia akan saling berhubungan satu sama lain.

Saking pentingnya, kita harus menjaga sikap dan memiliki akhlak yang baik agar dapat memperlakukan manusia dengan layak. Selain untuk mencari ridho Allah SWT, ada manfaat lain yang akan kita peroleh jika memuliakan tetangga.

1. Mewujudkan hubungan dengan sesama atau 'habluminannas'

5 Manfaat Memuliakan Tetangga Menurut Islam, Habluminannasilustrasi bertamu ke rumah tetangga (pexels.com/ Rodnae Productions)

Selain diperintahkan untuk bertaqwa kepada Allah, manusia juga dianjurkan untuk menjalin hubungan yang baik dengan sesama.

Menerapkan habluminannas dalam kehidupan sehari-hari merupakan hal yang penting, salah satu bentuknya yakni, berbuat kebaikan dengan tetangga. Seperti, menjenguk saat menemui tetangga yang sakit, bertakziah ketika ada yang meninggal, memberi sedekah kepada tetangga yang membutuhkan, dan perbuatan baik lainnya.

2. Mengajarkan tolong menolong tanpa pamrih 

5 Manfaat Memuliakan Tetangga Menurut Islam, Habluminannasilustrasi bahu-membahu tetangga (unplash.com/Myat Lone)

Sesama manusia akan terus hidup berdampingan dan saling membutuhkan satu sama lain. Tetangga adalah orang pertama yang akan mengulurkan tangannya, saat melihat tetangganya sedang ditimpa musibah. Kalau hubungan kita dengan tetangga baik, tentu mereka akan memberikan pertolongan tanpa pamrih.

3. Menciptakan hubungan bermasyarakat yang rukun dan harmonis 

5 Manfaat Memuliakan Tetangga Menurut Islam, Habluminannasilustrasi kebersamaan dengan tetangga (unplash.com/Philippe Bourhis)

Bertempat tinggal di satu lingkungan yang sama, maka harus selalu menjalin kebersamaan dan kerukunan dengan bersosialisasi serta berkomunikasi. Sehingga, kita tidak diperbolehkan menyakiti dan menggunjing tetangga sendiri.

Sebab, dengan menjalin hubungan yang rukun dan harmonis, akan membawa pengaruh besar, yaitu ke depannya nanti hidup di lingkungan di sekitarpun akan lebih terasa positif dan nyaman.

Baca Juga: 5 Bahan Gurauan yang Wajib Dihindari dalam Islam, Jangan Lakukan Ya

4. Membangun rasa toleransi 

5 Manfaat Memuliakan Tetangga Menurut Islam, Habluminannasilustrasi bertetangga (unplash.com/Beth Macdonald)

Dalam Islam juga diajarkan untuk memuliakan tetangga, tanpa membeda-bedakan dan tanpa melihat agama, latar belakang, ataupun suku. Sekalipun tetangga kamu bukan seorang muslim, kita wajib untuk menghargai dan menolongnya.

5. Belajar menjaga hak dan privasi dengan baik   

5 Manfaat Memuliakan Tetangga Menurut Islam, Habluminannasilustrasi tetangga rukun (unplash.com/Beth Macdonald)

Dalam bertetangga juga memiliki adab yang harus dijaga, yaitu tidak membuat suara yang bisa mengganggu ketenangannya, tidak mencampuri urusannya, tidak membongkar aibnya, tidak merusak properti rumahnya, dan seterusnya.

Dengan menghormati hak dan privasi tetangga, akan terhindar dari perpecahan ataupun pertengkaran.

Itulah lima poin yang akan kita peroleh jika memuliakan tetangga, tidak dapat dipungkiri bahwa manusia akan selalu membutuhkan uluran tangan orang lain. Maka dari itu, kita diperintahkan untuk menjaga hubungan yang baik dengan sesama tanpa pandang bulu.

Baca Juga: Berarti Perempuan Mulia dalam Islam, Ini 10 Artis Bernama Siti

Murniawati Photo Verified Writer Murniawati

nothing is impossible if you keep trying. ig: @mniaw_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya