Comscore Tracker

5 Pemicu Munculnya Penyakit Hati, Ambisi Berlebih! 

Kamu juga terlalu fokus dengan keburukan orang lain

Menjaga hati merupakan kewajiban setiap manusia, memelihara dan mengelola hati dengan baik tentunya akan terhindar dari segala perbuatan tercela. Sedangkan, jika penyakit hati telah menggerogoti, maka jiwa pun akan rusak dan mudah berbuat jahat.

Meskipun tidak terlihat secara fisik, tetapi penyakit hati sangat membahayakan. Hati yang kotor akan dipenuhi hawa nafsu yang membuat manusia terjerumus dalam keburukan.

Oleh sebab itu, dengan merawat hati kita senantiasa mendapat ketenangan dalam hidup. Jangan sampai kamu mengalami deretan penyebab munculnya penyakit hati seperti di bawah ini.

1. Tidak ingin disaingi dari sisi apapun 

5 Pemicu Munculnya Penyakit Hati, Ambisi Berlebih! ilustrasi tidak menyukai orang lain (pexels.com/Kindel Media)

Orang yang berhati baik pastinya tidak akan pernah risau dengan keberhasilan dan kenikmatan orang lain, justru akan turut bahagia dan terus memberikan dukungan. Berbeda dengan orang yang hatinya sudah kotor, dia tidak akan membiarkan orang lain melebihi dirinya, dari pekerjaan, fisik, pendidikan, kekayaan, kepopuleran, dan lainnya.

Perasaan agar tidak tersaingi selalu muncul sehingga akan cenderung melakukan cara untuk mengedepankan kepentingan dirinya sendiri.

2. Terlalu ambisi dengan keduniawian 

5 Pemicu Munculnya Penyakit Hati, Ambisi Berlebih! ilustrasi sibuk mencari materi (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Seringkali manusia lupa akan tujuan hidupnya, sehingga setiap waktu didedikasikan untuk perkara duniawi.

Terlalu berambisi untuk mengejar materi karena menganggap bahwa harta benda adalah segala-galanya, berlebihan dalam bersenang-senang. Menjadikan dunia adalah kesenangannya, padahal sebagai manusia kita harus mengimplementasikan hidup yang sewajarnya saja.

3. Merasa diri paling hebat

5 Pemicu Munculnya Penyakit Hati, Ambisi Berlebih! ilustrasi pria termenung (pexels.com/ Andrea Piacquadio)

Sikap angkuh merupakan penyakit yang selalu muncul dalam hati, keangkuhan itu akan membuat telingga dan mata tertutup.

Enggan mendengarkan orang lain memberikan saran kebaikan, tidak melihat orang-orang yang berada di bawah atau dalam kesusahan. Sikap arogan itu akan membuat seseorang sering memperlihatkan dan membicarakan kehebatan dan pencapaiannya.

Baca Juga: 5 Strategi Sederhana Mengubah Rasa Iri Hati Menjadi Motivasi 

4. Sibuk mencari kekurangan orang lain 

5 Pemicu Munculnya Penyakit Hati, Ambisi Berlebih! ilustrasi perempuan membicarakan orang (pexels.com/SHVETS production)

Pemicu penyakit hati lainnya adalah terlalu sibuk mengurusi hidup orang lain, merasa puas dan bahagia dengan membicarakan keburukan orang. Hal itu menjadi sumber timbulnya hati yang kotor, dengan terus menerus menilai orang lain, dia akan lupa untuk memperbaiki dirinya sendiri.

5. Tidak pernah merasa cukup

5 Pemicu Munculnya Penyakit Hati, Ambisi Berlebih! ilustrasi perempuan memegang kepala (unplash.com/Elisa Ventur)

Salah satu timbulnya penyakit hati adalah tidak pernah merasa cukup dengan apa yang diperolehnya. Perasaan tidak puas tersebut menyebabkan ketidaktentraman dalam hidup, kamu akan lebih sering mengeluh dan emosional saat ekspektasi tidak sesuai dengan rencana. 

Orang yang memiliki hati sempit, akan memberontak ketika apa yang diinginkan tidak dapat dijangkaunya. Hal itu akan menjadi bumerang karena akan sulit menerima apa yang sudah dikehendaki dalam hidup.

Menjaga hati agar tidak terjerumus dalam perbuatan tercela memang tidak mudah, akan tetapi saat hati merasa cukup dan tentram, tentunya tidak ada ruang untuk iri kepada orang lain.

Baca Juga: 5 Hal yang Membuatmu Gagal Menjaga Suasana Hati, Murung Seharian

Murniawati Photo Verified Writer Murniawati

nothing is impossible if you keep trying.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya