Comscore Tracker

5 Tanda Kamu Sudah Berdamai dengan Masa Lalu, Selamat!  

Ini juga pertanda kamu telah selangkah lebih dewasa

Masa lalu memang meninggalkan kesan tersendiri, entah itu kesan baik maupun buruk. Keberadaan masa lalu secara tidak langsung memberikan pelajaran berharga dan turut berperan penting dalam membentuk dirimu yang sekarang, termasuk kenangan yang buruk sekalipun.

Meskipun kenangan masa lalu yang buruk tidak dapat terlupakan, kamu tidak boleh berlarut-larut terlalu lama, lho. Rasa kecewa dan sedih yang berkelanjutan justru membuatmu terbebani. Percaya, deh, mengikhlaskan apa yang sudah terjadi justru menjadikanmu selangkah lebih dewasa.

Yuk, kenali apa saja tanda kamu sudah mampu berdamai dengan masa lalu berikut ini!

1. Kamu tidak lagi larut dalam kesedihan ketika ingat masa lalu

5 Tanda Kamu Sudah Berdamai dengan Masa Lalu, Selamat!  ilustrasi perempuan bercermin (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Setiap orang pasti memiliki kenangan masa lalu yang buruk. Tidak jarang masa lalu tersebut meninggalkan trauma yang mendalam. Namun, banyak pula orang yang berhasil bangkit dan mampu membebaskan dirinya dari keterpurukan masa lalu tersebut.

Ketika kamu berhasil membebaskan diri dari cengkraman trauma masa lalu, maka selamat, kamu sudah bisa selangkah lebih dewasa. Kamu paham betul jika terus menerus bersedih justru akan membuatmu semakin terbebani.

2. Mampu mengelola emosi dengan baik

5 Tanda Kamu Sudah Berdamai dengan Masa Lalu, Selamat!  ilustrasi perempuan tertawa (pexels.com/Elina Sazonova)

Kenangan masa lalu yang buruk memang membawa perubahan emosi. Selain kecewa, kamu juga merasa lemah dan tak berdaya. Rasanya seakan semakin malas dan ingin menyerah saja. Seolah-olah semua yang kamu lakukan terasa sia-sia.

Salah satu tanda bahwa kamu sudah mampu berdamai dengan masa lalu ketika kamu sudah bisa mengelola emosimu dengan baik. Kamu merasa lebih bersemangat dan optimis dalam menjalani kehidupan. Kenangan masa lalu memang meninggalkan luka mendalam, tapi kamu mampu mengatasinya dengan baik.

Baca Juga: 5 Pelajaran Hidup yang Tidak Diajarkan di Sekolah, Penting Diketahui 

3. Kamu mampu memaafkan dirimu sendiri

5 Tanda Kamu Sudah Berdamai dengan Masa Lalu, Selamat!  ilustrasi perempuan tertawa (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kenangan buruk tidak jarang meninggalkan trauma yang membuatmu merasa sangat tertekan dan merasa bersalah. Trauma masa lalu membuatmu merasa seperti individu yang tak berguna dan menyalahkan diri sendiri atas segala yang sudah terjadi. Padahal, memaafkan diri sendiri itu penting, lho.

Ketika mampu memaafkan kesalahan dan kekurangan diri sendiri, itu artinya kamu sudah bisa menerima masa lalu dengan hati yang lapang. Kamu paham betul bahwa segala sesuatu tidak ada yang sempurna. Terus menerus menyalahkankan diri sendiri justru membuatmu semakin tertekan.

4. Dapat mengambil pelajaran berharga dari apa yang sudah kamu alami

5 Tanda Kamu Sudah Berdamai dengan Masa Lalu, Selamat!  ilustrasi perempuan berkacamata (pexels.com/George Milton)

Memang, sih, masa lalu yang buruk itu tidak akan pernah bisa dilupakan. Sekeras apapun kamu mencoba, suatu saat kenangan itu pasti muncul kembali. Langkah paling tepat untuk menyikapi hal tersebut bukan melupakannya, tapi menjadikannya sebagai pelajaran berharga.

Ketika kamu dapat menerima kenangan buruk masa lalu sebagai pelajaran yang berharga dalam kehidupan, itu artinya kamu sudah menjadi pribadi yang lebih bijak. Kamu tidak lagi memandang kenangan buruk sebagai trauma, melainkan sebuah fase hidup yang mewarnai kehidupan.

5. Tidak lagi menaruh dendam

5 Tanda Kamu Sudah Berdamai dengan Masa Lalu, Selamat!  ilustrasi perempuan bahagia (pexels.com/Alena Sekhovtcova)

Masa lalu yang buruk seringkali meninggalkan dendam dan rasa sakit hati yang mendalam. Hal itu membuatmu terus-terusan merasa sedih, murung, terpuruk, kecewa, dan merasa selalu dikhianati, baik oleh orang maupun keadaan.

Puncak dari keikhlasan terhadap masa lalu adalah kamu tidak lagi menaruh rasa dendam. Baik itu dendam terhadap dirimu, maupun dendam terhadap orang-orang yang terlibat dalam kenangan burukmu. Kamu paham betul bahwa dendam tidak akan menyelesaikan masalah.

Setiap orang memang tidak bisa lepas dari masa lalu. Namun, ketika kamu dapat menerima segala sesuatu dengan ikhlas dan memaafkan semua yang sudah terjadi, selamat, itu tandanya kamu sudah mampu berdamai dengan masa lalu dan menjadi individu yang lebih bijaksana.

Baca Juga: Jadikan Pelajaran, Ini 5 Makna Positif dari Kegagalan

Mutia Zahra Photo Verified Writer Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya