Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Perlu Belajar dari Kegagalan Orang Lain, Jangan Sungkan!

Kegagalan orang dapat menjadi pelajaran berharga bagimu

Setiap orang tentu pernah mengalami kegagalan. Entah itu gagal dalam bidang akademis, gagal dalam mengembangkan bisnis, maupun gagal dalam bidang pekerjaan dan lainnya.

Namun, di balik sisinya yang kelam, kegagalan juga dapat menjadi pelajaran penting, lho. Kamu tidak harus menunggu kegagalanmu terlebih dahulu untuk mendapatkan pelajaran berharga.

Kegagalan-kegagalan yang dialami orang lain pun sesungguhnya dapat menjadi alarm peringatan dan petunjuk arahmu untukmu. Berikut 5 alasan mengapa dalam hidup kamu perlu belajar dari kegagalan orang lain.

1. Dapat menambah wawasanmu

5 Alasan Kamu Perlu Belajar dari Kegagalan Orang Lain, Jangan Sungkan!ilustrasi perempuan (unsplash.com/Natasha Brazil)

Setiap orang pasti pernah mengalami yang namanya kegagalan. Meskipun di satu sisi terlihat sebagai pengalaman pahit yang mengecewakan, tapi kegagalan juga menyimpan banyak pelajaran berharga, lho.

Kegagalan tidak hanya menjadi pelajaran bagi mereka yang saat itu tengah terjatuh, tapi juga dapat menjadi informasi penting bagi dirimu yang hendak memulai langkah. Kamu jadi tahu hal-hal apa saja yang dapat berpotensi menghambat langkahmu. Tentu saja ini membuat wawasanmu jadi semakin bertambah.

2. Kamu jadi lebih berhati-hati

5 Alasan Kamu Perlu Belajar dari Kegagalan Orang Lain, Jangan Sungkan!ilustrasi sedang merenung (unsplash.com/Sean Kong)

Kegagalan yang dialami orang lain ibarat sebuah alarm yang memberikan peringatan. Berkaca dari kegagalan yang dialami orang lain, kamu dapat mengetahui langkah mana yang dapat membawa dampak positif. Kamu juga jadi mengetahui, langkah mana saja yang harus dihindari agar tidak terjatuh.

Hal ini akan menjadikanmu semakin berhati-hati dalam setiap langkah yang kamu ambil. Kamu jadi lebih teliti dalam menimbang, apakah keputusanmu itu sudah benar atau malah menjadi batu sandungan.

Baca Juga: 5 Hal Ini Perlu Dilakukan agar Kamu Terbiasa Mengantisipasi Kegagalan

3. Kamu tau bagaimana mengatasi rintangan

5 Alasan Kamu Perlu Belajar dari Kegagalan Orang Lain, Jangan Sungkan!ilustrasi tersenyum (unsplash.com/Yogendra Singh)

Hidup memang penuh dengan rintangan. Entah itu rintangan-rintangan sepele atau sulit yang dapat membuatmu jatuh mengalami kegagalan.

Dengan berkaca dari kegagalan yang dialami orang lain, maka setidaknya kamu memiliki gambaran tentang berbagai jenis rintangan dan bagaimana cara mengatasinya. Kamu juga dapat belajar rintangan-rintangan seperti apa yang perlu diwaspadai dan langkah apa yang tepat untuk diambil sehingga terhindar dari kegagalan. 

4. Tidak terperosok di lubang yang sama

5 Alasan Kamu Perlu Belajar dari Kegagalan Orang Lain, Jangan Sungkan!ilustrasi langkah kaki (unsplash.com/Noemi Macavei-Katocz)

Setiap orang pasti mengharapkan keberhasilan dalam usahanya. Namun, bagimana pun juga, kegagalan selalu mengintai di setiap kesempatan. Tidak jarang kegagalan justru berasal dari kesalahan kecil yang tidak pernah diperkirakan.

Kegagalan orang lain tentu dapat menjadi sebuah contoh yang membuatmu harus lebih berhati hati. Dengan belajar dari kegagalan yang dialami orang lain, kamu dapat mengantisipasi segala resiko dengan lebih baik sehingga tidak akan jatuh terperosok di lubang yang sama.

5. Tanpa harus gagal kamu sudah mendapat pengalaman

5 Alasan Kamu Perlu Belajar dari Kegagalan Orang Lain, Jangan Sungkan!ilustrasi perempuan sedang presentasi (unsplash.com/Christina @ Wocintechchat.com)

Kegagalan memang dapat menjadi guru yang paling berharga dalam kehidupan. Bukan cuma belajar dari dirimu sendiri, tapi juga belajar dari orang lain. Dengan melihat apa yang dialami orang lain secara tidak langsung kamu telah belajar banyak hal.

Kamu tau apa saja kesalahan-kesalahan kecil yang dapat menjatuhkan. Kamu juga tau rintangan-rintangan seperti apa yang tidak boleh dianggap remeh.

Tanpa harus melalui tahap kegagalan, kamu sudah dapat banyak pengalaman berharga. Sehingga kamu mampu menyusun rencana dan strategi dengan persiapan yang lebih baik.

Pelajaran hidup dapat berasal dari mana saja. Tidak hanya dari dirimu sendiri, tapi juga bisa berasal dari pengalaman orang lain.

Dengan belajar dari apa yang telah dialami orang lain, maka kamu dapat meminimalisir resiko kegagalan. Mengingat pentingnya hal tersebut, yuk, mulai sekarang jangan sungkan lagi belajar dari kegagalan orang lain.

Baca Juga: 6 Langkah Efektif Bangkit dari Kegagalan, Yakin Bisa Perbaiki!

Mutia Zahra Photo Verified Writer Mutia Zahra

Be grateful of everything

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya