Comscore Tracker

5 Alasan Seseorang Suka Membaca Buku saat Waktu Luang

Kamu sendiri suka baca buku gak, nih?

Ada banyak aktivitas yang bisa dipilih untuk mengisi waktu luang. Salah satunya membaca buku, entah fiksi maupun non fiksi. Bahkan membaca buku menjadi tren tersendiri bagi generasi muda.

Tentunya ada alasan yang menyertai di balik kegemaran tersebut. Bisa jadi aktivitas membaca buku dianggap menyenangkan dan menghibur. Ketika seseorang suka baca buku saat waktu luang, barangkali karena lima alasan berikut.

1. Ia ingin menambah wawasan dan pengetahuan dengan membaca buku 

5 Alasan Seseorang Suka Membaca Buku saat Waktu Luangilustrasi membaca buku (pexels.com/RODNAE Productions)

Pernah mendengar buku adalah jendela dunia? Memang tidak dapat dimungkiri jika dalam sebuah buku ada banyak pengetahuan yang bisa didapat. Tentu saja Ini memperbaiki cara berpikirmu.

Hal inilah yang terjadi alasan seseorang suka membaca buku saat waktu luang. Baginya membaca buku menambah wawasan dan pengetahuan. Ia bisa memperoleh banyak informasi penting yang sebelumnya tidak diketahui.

2. Membaca buku aktivitas sederhana tapi membuatnya terhibur 

5 Alasan Seseorang Suka Membaca Buku saat Waktu Luangilustrasi membaca buku (pexels.com/Castorly Stock)

Membaca buku tergolong aktivitas ringan dan sederhana. Kamu bisa melakukannya kapan pun dan di mana pun. Meskipun sederhana, tapi aktivitas ini nyatanya cukup menghibur.

Alur bacaan yang menyenangkan membuat seseorang kembali bersemangat menekuri lembar-demi lembar halaman. Bahkan aktivitas membaca ini bisa untuk mengobati rasa lelah setelah seharian menjalan rutinitas.

Baca Juga: 5 Tips Antibosan saat Baca Buku, Semangat Tambah Pengetahuan!

3. Memahami kalimat demi kalimat membuatnya penasaran 

5 Alasan Seseorang Suka Membaca Buku saat Waktu Luangilustrasi membaca buku (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Salah satu hal yang tidak bisa dipisahkan dari sebuah buku adalah rangkaian kalimat. Entah membaca buku fiksi maupun nonfiksi. Tantangannya kamu harus bisa memahami kalimat tersebut agar tahu apa yang disampaikan dalam sebuah buku.

Rupanya hal ini juga menjadi alasan seseorang suka membaca buku kala waktu luang. Memahami kalimat demi kalimat membuatnya diliputi rasa penasaran. Bahkan rasa keingintahuannya semakin tumbuh saat mengamati lembar demi lembar bacaan.

4. Membaca buku membuatnya terinspirasi 

5 Alasan Seseorang Suka Membaca Buku saat Waktu Luangilustrasi membaca buku (pexels.com/SHVETS Production)

Sebuah buku memang terlihat sederhana. Hanya susunan kertas yang terdiri dari beberapa halaman. Tapi ketika sudah larut di dalamnya, bisa jadi kamu akan menemukan hal tak terduga, entah semangat atau motivasi.

Bagi mereka yang suka membaca buku saat waktu luang, salah satu alasannya karena mencari inspirasi. Kamu bisa termotivasi oleh suatu tokoh atau pemikiran. Tentu saja Ini mendorongmu tumbuh menjadi sosok yang inspiratif bagi lingkungan sekitar.

5. Aktivitas membaca buku bisa memperbaiki suasana hati 

5 Alasan Seseorang Suka Membaca Buku saat Waktu Luangilustrasi membaca buku (pexels.com/Karolina Grabowska)

Disibukkan rutinitas yang padat pasti bikin lelah. Suasana hati memburuk karena perasaan tertekan. Salah satu cara mengobatinya dengan mencari hobi atau aktivitas ringan yang disukai.

Bagi sebagian orang, membaca buku menjadi salah satu pilihan. Alur bacaan yang menarik bisa memperbaiki suasana hati yang memburuk. Kamu yang tadinya murung dan uring-uringan bisa kembali antusias.

Setiap orang mengisi waktu luang dengan cara berbeda-beda. Tidak terkecuali dengan mereka yang membaca buku. Baginya, membaca bukan sekadar mengamati rangkaian kalimat. Tapi aktivitas positif yang penuh dengan manfaat.

Baca Juga: 5 Buku Self-Development yang Harus Kamu Baca Sebelum 2022 Berakhir

Mutia Zahra Photo Verified Writer Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya