Comscore Tracker

5 Alasan Mengapa Kamu Tidak Suka Menonjolkan Diri, Bukan Malu!

Lebih nyaman nggak jadi pusat perhatian #IDNTimesLife  

Sebagai makhluk sosial, tentu kamu pernah berinteraksi dengan beragam orang dan menjumpai perbedaan-perbedaan yang ada. Ada sebagian orang yang beranggapan, bahwa menonjolkan diri adalah suatu keharusan.

Dalam setiap kegiatan mereka pasti akan berusaha mati-matian agar menjadi pusat perhatian banyak orang. Begitupun sebaliknya, dalam kehidupan juga pasti ada sebagian orang yang tidak suka menonjolkan dirinya.

Alih-alih merasa bangga, kepopuleran justru membuatmu merasa risih dan tidak nyaman. Kamu merasa ruang gerakmu semakin terbatas. Untuk lebih lengkapnya, berikut 5 alasan mengapa seseorang lebih memilih untuk tidak menonjolkan diri.

1. Kamu lebih nyaman menghabiskan waktu sendiri

5 Alasan Mengapa Kamu Tidak Suka Menonjolkan Diri, Bukan Malu!ilustrasi berbaring di rumput (pexels.com/Julia Avamotive)

Menjadi sosok yang dikenal banyak orang bagi sebagian mungkin merupakan suatu kebanggaan. Keluar rumah baru lima langkah sudah ada yang menyapa.

Saat melintas di jalanan tiba-tiba ada orang yang fokus tertuju padamu. Di mana pun berada seolah ada saja orang yang mengenalimu.

Namun, sayangnya tidak semua orang memiliki karakter seperti itu. Tidak jarang ada orang yang justru lebih senang ketika ia tidak terlalu menonjolkan diri.

Alih-alih merasa bangga ketika dikenal banyak orang, kamu justru lebih senang dan nyaman ketika menghabiskan waktumu sendiri. Menjadi populer justru membuatmu merasa jika ruang gerakmu terbatasi.

2. Tidak ingin menjadi pusat perhatian

5 Alasan Mengapa Kamu Tidak Suka Menonjolkan Diri, Bukan Malu!ilustrasi menutup wajah (pexels.com/Pragyan Bezbaruah)

Kepopuleran merupakan hal yang diidam-idamkan bagi sebagian orang. Tidak jarang kamu akan berusaha menonjolkan diri dengan menjadi pusat perhatian banyak orang. Rasanya seru banget, saat ada acara semua mata seolah tertuju hanya padamu.

Namun, kepopuleran tidak selamanya menjadi hal yang diidam-idamkan banyak orang. Dalam kehidupan ada orang-orang tertentu yang lebih bahagia ketika dirinya tidak menjadi pusat perhatian.

Alih-alih merasa bahagia, kamu justru merasa kalau jadi pusat perhatian malah membuatmu kikuk dan membuat privasimu terganggu. 

Baca Juga: 6 Perasaan Terdalam yang Dipendam si Pemalu, Kamu Banget Gak Nih?

3. Kamu enggan dibenci orang

5 Alasan Mengapa Kamu Tidak Suka Menonjolkan Diri, Bukan Malu!ilustrasi bosan (pexels.com/Monstera)

Dikenali banyak orang tentu membawa kebanggaan tersendiri. Setiap apa yang dilakukan seolah-olah tidak luput dari pandangan orang.

Orang-orang yang suka kepopuleran merasa dengan menonjolkan diri akan membuat orang lain mampu melihat kehebatan-kehebatannya.

Namun, sayangnya hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Tidak jarang menonjolkan diri di depan orang banyak justru akan dicap sebagai individu yang sombong atau cari muka.

Alih-alih senang menonjolkan diri, kamu justru merasa khawatir ketika orang-orang justru akan memberikan kesan negatif untuk dirimu.

4. Tanpa menonjolkan diri kamu tetap bisa menghasilkan karya terbaik

5 Alasan Mengapa Kamu Tidak Suka Menonjolkan Diri, Bukan Malu!ilustrasi tersenyum (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Memang menonjolkan diri akan membuat kita dikenal banyak orang. Ketika kita menonjolkan diri di depan banyak orang maka mereka akan tahu siapa kita dan dapat melihat kehebatan-kehebatan dalam diri kita.

Namun, bagi sebagian orang menonjolkan diri bukanlah suatu syarat mutlak untuk berkarya. Tanpa berlomba-lomba menunjukkan kehebatan di depan banyak orang pun, kamu tetap bisa menghasilkan karya-karya terbaik. Ini tentu akan menjadi kebanggaan tersendiri.

5. Kamu lebih suka berkarya di balik layar

5 Alasan Mengapa Kamu Tidak Suka Menonjolkan Diri, Bukan Malu!ilustrasi tersenyum (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Alasan terakhir yang membuatmu tidak suka menonjolkan diri adalah karena kamu lebih suka berkarya dan berkontribusi dibalik layar. Menurutmu hal ini lebih nyaman untuk dilakukan daripada harus dikenal banyak orang.

Bagimu tidak penting orang akan menyadari keberadaanmu atau tidak, karena yang paling utama adalah karya-karyamu. Meskipun dirimu tidak dikenal orang, tapi kamu akan merasa puas dan bangga ketika karyamu dapat berkontribusi besar dalam kehidupan.

Tidak selalu identik dengan sifat pemalu, tapi adapula yang memang memiliki pertimbangan-pertimbangan lain mengapa memilih untuk tidak terlalu menonjolkan diri. Kira-kira alasanmu yang mana, nih?

Baca Juga: 5 Risiko Serius dari Sexting, Depresi hingga Penurunan Percaya Diri

Mutia Zahra Photo Verified Writer Mutia Zahra

Be grateful of everything

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya