Comscore Tracker

5 Alasan untuk Tidak Takut dengan Tantangan, Hadapi dan Taklukkan!

Tantangan bakal membentukmu jadi orang yang lebih dewasa 

Pernahkah kamu dihadapkan dengan permasalahan rumit ketika sedang berusaha atau berjuang? Atau, tiba-tiba kamu berhadapan dengan situasi yang sama sekali tidak sesuai dengan ekspektasi? Umumnya, kondisi seperti inilah yang biasa disebut dengan tantangan hidup.

Dalam menjalani kehidupan, tantangan sudah pasti ada dan hampir tidak mungkin bisa dihindari. Namun, tidak sedikit orang yang malah berusaha menghindar ketika sedang menghadapi hal tersebut. Padahal, pilihan seperti itu bukanlah sikap yang bijak, lho! 

Kira-kira alasan apa saja, sih, yang bikin tantangan itu sebaiknya tidak perlu ditakuti? Simak sederet inspirasinya berikut ini, ya!

1. Tantangan justru membentukmu jadi pribadi yang lebih tangguh 

5 Alasan untuk Tidak Takut dengan Tantangan, Hadapi dan Taklukkan!ilustrasi perempuan tersenyum (pexels.com/Veerasak Piyawatanakul)

Kapan hadirnya tantangan hidup memang tidak bisa diprediksi. Bisa jadi tantangan muncul ketika kamu sedang di tahap awal berjuang. Namun, tidak menutup kemungkinan pula jika sebuah tantangan muncul di pertengahan bahkan ketika perjuanganmu tinggal selangkah lagi.

Menghadapi sebuah tantangan, seringkali seseorang memutuskan untuk mundur dan menyerah. Padahal, keberadaan tantangan bisa membawa dampak positif tersendiri dalam perjuangan kamu. Dengan adanya sebuah tantangan, kamu terbentuk jadi pribadi yang tangguh dan tidak mudah tumbang oleh masalah.

2. Keterampilan problem solvingmu jadi terasah 

5 Alasan untuk Tidak Takut dengan Tantangan, Hadapi dan Taklukkan!ilustrasi perempuan berpikir (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Di era sekarang ini, keterampilan problem solving atau pemecahan masalah sudah seharusnya dimiliki oleh setiap orang. Dengan menjadi seseorang yang memiliki kemampuan problem solving mumpuni, kamu tidak akan mudah tumbang oleh keadaan serta selalu punya cara untuk keluar walaupun berada dalam situasi terpojok sekalipun.

Lantas, apa kaitannya dengan tantangan? Perlu diketahui, salah satu alasan mengapa tantangan tidak perlu ditakuti yaitu karena hambatan-hambatan dalam hidup bisa mengasah kemampuan pemecahan masalah. Melalui sebuah tantangan, kamu jadi tahu apa yang harus dilakukan ketika sedang terjebak dalam situasi terburuk sekalipun. 

Baca Juga: 5 Mindset yang Bikin Kamu Lebih Siap Hadapi Tantangan Hidup

3. Adanya tantangan membentukmu jadi sosok yang lebih dewasa 

5 Alasan untuk Tidak Takut dengan Tantangan, Hadapi dan Taklukkan!ilustrasi perempuan tersenyum (pexels.com/Tim Douglas)

Keberadaan tantangan memang sering menjadi bayangan menakutkan bagi banyak orang. Tentu kamu sudah tidak asking lagi dengan keberadaan orang-orang yang tidak berani melangkah hanya karena takut jika ke depannya menemui tantangan yang lebih berat, bukan?

Padahal, ini bukan suatu sikap yang bijaksana. Salah satu alasan mengapa kamu tidak perlu takut akan tantangan yaitu karena hal tersebut bisa membentukmu jadi sosok yang lebih dewasa. Melalui tantangan, kamu tahu bagaimana cara membawa diri di tengah-tengah lingkungan meski saat itu kamu sedang berhadapan dengan persoalan rumit.

4. Punya pengalaman ketika ke depannya dihadapkan di situasi yang sama

5 Alasan untuk Tidak Takut dengan Tantangan, Hadapi dan Taklukkan!ilustrasi perempuan tersenyum (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Berbicara seputar tantangan, tentu kamu paham betul jika hal itu tidak akan hanya datang sekali. Dalam setiap fase dan juga tahapan, kamu pasti akan berhadapan dengan tantangan, apapun itu bentuknya. Bahkan, ada yang mengatakan jika tantangan adalah syarat yang harus dilewati untuk mencapai tingkatan yang lebih tinggi.

Namun, bagaimana jadinya jika ada seseorang yang justru terus lari dari tantangan? Salah satu alasan mengapa kamu harus sigap dan berani menghadapi tantangan yaitu karena hal tersebut membuatmu tidak akan kesulitan sekaligus sudah punya pengalaman ketika dihadapkan dengan situasi yang sama ke depannya. 

5. Kamu tumbuh menjadi orang yang pemberani

5 Alasan untuk Tidak Takut dengan Tantangan, Hadapi dan Taklukkan!ilustrasi perempuan tersenyum (pexels.com/Gustavo Fring)

Memang tidak dapat dipungkiri jika cara orang dalam menghadapi tantangan itu beragam. Mungkin, dalam satu waktu kamu bertemu dengan tipikal orang yang berani dan tidak mudah menyerah. Namun, tidak menutup kemungkinan jika kamu bertemu dengan tipe orang yang cenderung menghindar, bahkan mundur ketika harus menghadapi tantangan.

Salah satu alasan mengapa kamu harus berani menghadapi sebuah tantangan yaitu karena hal tersebut bisa membentukmu jadi orang yang pemberani. Kamu selalu sigap dan tidak takut meskipun sedang berhadapan dengan persoalan rumit dan susah untuk dipecahkan. Bagimu tantangan bukanlah hambatan, melainkan sebuah fase yang harus ditaklukkan. 

Adanya tantangan hidup memang sering jadi alasan mengapa seseorang memutuskan untuk menyerah. Tapi, setelah mengetahui sederet inspirasi di atas, yakin kamu masih takut dengan yang namanya tantangan?

Baca Juga: 6 Tanda Perempuan Hebat Menghadapi Tantangan Hidup

Mutia Zahra Photo Verified Writer Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya