Comscore Tracker

5 Jenis Batasan Diri yang Perlu Dipertegas, Kamu Punya Privasi!

Termasuk membatasi emosi dari hal-hal negatif 

Menjadi seorang individu, tentu kita harus bisa membuat batasan diri yang tegas. Ini penting dilakukan agar kita tidak mudah dipermainkan oleh pengaruh lingkungan sekitar. Termasuk dimanfaatkan orang lain untuk kepentingan yang tidak seharusnya.

Jika membahas batasan diri, tentu ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Sebagaimana yang kita tahu, tidak semua permasalahan dan informasi pribadi harus diketahui orang lain. Lantas, batasan diri apa sajakah yang perlu dipertegas? Yuk, baca penjelasannya di bawah ini.

1. Membuat batasan prinsip agar tidak mudah terombang-ambing 

5 Jenis Batasan Diri yang Perlu Dipertegas, Kamu Punya Privasi!ilustrasi perempuan tegas (pexels.com/Moose Photos)

Pernahkah kamu ditanamkan prinsip agar bisa menjadi orang yang mampu menghargai waktu dengan baik? Atau ditanamkan prinsip menjadi seseorang yang rendah hati meskipun di puncak kesuksesan? Prinsip ibarat tali pegangan yang membuatmu tidak mudah terjerumus.

Jika kita membahas tentang batasan yang perlu diperhatikan, prinsip adalah salah satunya. Kamu harus bisa mempertahankan prinsip tersebut dengan tegas agar tidak mudah dipengaruhi oleh budaya dan kebiasaan negatif yang bisa membuatmu terombang-ambing tidak jelas.

2. Membatasi masalah agar tidak dicampuri orang lain 

5 Jenis Batasan Diri yang Perlu Dipertegas, Kamu Punya Privasi!ilustrasi perempuan mengobrol (pexels.com/Marcus Aurelius)

Setiap dari kita memang memiliki permasalahannya masing-masing. Sebagaimana yang kita tahu, masalah dan hidup adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Entah itu permasalahan kecil maupun besar. 

Mengingat akan hal tersebut, sudah seharusnya bagi kita untuk memiliki batasan diri yang tegas akan permasalahan pribadi. Tidak semua yang kita hadapi harus diceritakan kepada orang lain. Ini penting dilakukan agar permasalahan yang sedang dihadapi tidak semakin rumit.

Baca Juga: 5 Hal yang Terjadi jika Kamu Gak Menyadari Batasan Diri Sendiri

3. Membatasi waktumu agar tidak mudah dimanfaatkan untuk kepentingan orang laib 

5 Jenis Batasan Diri yang Perlu Dipertegas, Kamu Punya Privasi!ilustrasi memegang jam (pexels.com/Mikhail Nilov)

Waktu adalah sesuatu yang paling berharga dalam hidup. Sebab, waktu tidak bisa dimililki maupun disimpan, tapi mampu membuat kita kehilangan. Satu detik yang sudah berlalu tidak akan pernah bisa diputar lagi ke belakang.

Keberadaan waktu merupakan salah satu batasan diri yang perlu dipertegas. Bagaimana pun juga, kamu harus bisa memanfaatkan waktumu sebijak mungkin. Jangan sampai karena batasan diri yang pudar pada akhirnya dirimu serta seluruh waktumu justru dikendalikan dan dimanfaatkan orang lain untuk hal-hal yang tidak bermanfaat.

4. Membatasi informasi pribadi agar tidak tersebar luas 

5 Jenis Batasan Diri yang Perlu Dipertegas, Kamu Punya Privasi!ilustrasi media sosial (pexels.com/Juan Pablo Serrano Arenas)

Masing-masing dari kita sudah pasti memiliki informasi pribadi yang tidak bisa disebar luaskan. Tapi sayangnya, kesadaran masyarakat akan hal tersebut masih rendah. Banyak di antara kita yang justru menyebarkan informasi pribadi seluas-luasnya sampai melupakan batas privasi.

Membatasi informasi pribadi agar tidak tersebar luas merupakan salah satu dari sekian batasan diri yang perlu dipertegas. Informasi pribadi yang tersebar luas bisa disalahgunakan orang lain untuk tindak kejahatan termasuk cyber crime.

5. Membatasi emosi dari hal-hal negatif yang tidak seharusnya diserap 

5 Jenis Batasan Diri yang Perlu Dipertegas, Kamu Punya Privasi!ilustrasi perempuan tersenyum (pexels.com/Matthias Cooper)

Pengelolaan emosi menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Bagaimanapun juga, kestabilan emosi turut mempengaruhi kesehatan mental. Emosi yang tidak terkontrol dengan baik bisa membuat kesehatan mental terganggu.

Membuat batasan emosi yang tegas merupakan salah satu hal yang harus dilakukan. Sebagaimana yang kita tahu, tidak semua hal-hal yang ada di lingkungan sekitar perlu diserap dan dimasukkan hati. Membuat batasan emosi yang tegas dari hal-hal negatif membuat kesehatan mentalmu lebih terjaga.

Dalam menjalani hidup, tentu kita harus memiliki batasan diri yang tegas. Kira-kira dari lima batasan di atas, mana yang sudah mulai kamu terapkan?

Baca Juga: 5 Hal Privasi yang Sebaiknya Tidak Kamu Umbar pada Orang Lain

Mutia Zahra Photo Verified Writer Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya