Comscore Tracker

5 Cara Biasakan Diri Berjiwa Solutif, Asah Kreativitas! 

Perlu memahami cara menganalisis lebih mendalam

Pernahkah kamu dirundung masalah yang tiada henti? Atau, kamu berada dalam situasi yang benar-benar tersudutkan. Kondisi seperti ini umumnya pernah dilewati oleh semua orang. Mau tidak mau, kamu harus bisa menemukan jalan keluar secepatnya. Bagaimanapun juga, masalah yang tidak kunjung diselesaikan justru semakin melebar ke mana-mana.

Bagi sebagian orang, mencari jalan keluar dari suatu permasalahan mungkin terlihat sulit. Tapi, jika kamu tumbuh menjadi sosok yang solutif, pasti setiap rintangan yang menghadang seakan-akan selalu mempunyai jalan keluarnya.

Lantas, bagaimana cara membiasakan diri menjadi sosok yang solutif? Langsung intip ulasannya berikut ini, yuk!

1. Pertimbangkan segala sesuatu dengan cermat

5 Cara Biasakan Diri Berjiwa Solutif, Asah Kreativitas! ilustrasi berpikir (pexels.com/Thirdman)

Dalam menjalani hidup, tantangan dan permasalahan adalah hal yang wajib dihadapi. Baik itu tantangan kecil ataupun besar. Entah itu permasalahan yang mempengaruhi banyak aspek dalam kehidupan, maupun permasalahan yang terlihat sepele dan tidak terlalu menimbulkan dampak.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menumbuhkan jiwa solutif dalam dirimu yaitu dengan mempertimbangkan segala sesuatu dengan cermat. Ketelitianmu dalam berpikir akan memengaruhi keputusan pemecahan masalah yang kamu ambil.

2. Asah kreativitas

5 Cara Biasakan Diri Berjiwa Solutif, Asah Kreativitas! ilustrasi memegang pesawat kertas (pexels.com/Ron Lach)

Setiap manusia tentu dibekali dengan kelebihan masing-masing. Antara kelebihan satu orang dengan yang lainnya sudah pasti akan berbeda. Tapi, apapun itu, selama bakat dan potensi yang ada dalam dirimu dikembangkan secara maksimal, maka hal itu juga bisa memberi kontribusi bagi masyarakat sekitar.

Poin ini wajib diingat oleh kamu yang ingin tumbuh menjadi sosok yang solutif. Bagaimanapun juga, kreativitas yang dikembangkan secara maksimal turut mempengaruhi cara berpikirmu. Dengan tumbuh menjadi sosok yang kreatif, kamu akan memiliki beragam ide untuk menyelesaikan permasalahan yang ada.

Baca Juga: 5 Mindset yang Bikin Kamu Lebih Siap Hadapi Tantangan Hidup

3. Biasakan menganalisis secara mendalam

5 Cara Biasakan Diri Berjiwa Solutif, Asah Kreativitas! ilustrasi mencatat (pexels.com/Kampus Production)

Beragam masalah yang sering datang menghampiri tentu bukan sesuatu yang asing lagi bagi kita. Satu masalah belum terselesaikan secara tuntas, sudah menyusul lagi seribu permasalahan yang lain. Tidak jarang kondisi seperti ini membuatmu tertekan dan ingin menyerah saja.

Tapi, perlu dicatat bahwa kondisi seperti ini tidak akan terjadi ketika kamu memiliki jiwa yang solutif. Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk menumbuhkan jiwa solutif dalam dirimu yaitu dengan membiasakan diri menganalisis secara mendalam. Hasil analisismu turut mempengaruhi caramu dalam memecahkan masalah.

4. Berpikir kritis

5 Cara Biasakan Diri Berjiwa Solutif, Asah Kreativitas! ilustrasi berpikir (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Berpikir kritis menjadi kemampuan yang wajib dimiliki oleh millenial dan gen Z. Kemampuan berpikir kritis membuatmu tahu bagaimana menganalisis dan memecahkan semua masalah. Sebagaimana yang kita tahu, di era sekarang ini permasalahan yang muncul semakin beragam.

Terbiasa berpikir kritis membuatmu memiliki pemikiran dan ide-ide brilian yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Kamu bisa tumbuh menjadi sosok yang terampil dalam memecahkan masalah, entah itu permasalahan pribadi maupun permasalahan bersama.

5. Hindari sikap yang memicu kecerobohan

5 Cara Biasakan Diri Berjiwa Solutif, Asah Kreativitas! ilustrasi menatap laptop (pexels.com/Ivan Samkov)

Kecerobohan menjadi salah satu sikap yang berkontribusi besar terhadap kegagalan. Bukan tanpa alasan, kecerobohan yang tetap dipelihara membuatmu rawan melakukan kesalahan. Jika itu kesalahan kecil mungkin tidak masalah. Tapi, jika yang kamu lakukan adalah permasalahan besar, sudah pasti akan menimbulkan permasalahan pelik.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mendorong dirimu menjadi sosok yang solutif yaitu dengan menhindari sikap yang bisa memicu kecerobohan. Sebisa mungkin hindari sikap gegabah, tidak teliti, dan beragam sikap-sikap kontra positif yang lain.

Permasalahan yang datang memang menjadi tantangan tersendiri. Untuk itu, kamu harus bisa menjadi sosok yang solutif. Kira-kira dari kelima inspirasi di atas, mana saja yang sudah bisa kamu terapkan?

Baca Juga: 5 Tantangan Hidup yang Harus Dihadapi untuk Menjadi Pribadi Lebih Baik

Mutia Zahra Photo Verified Writer Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya