Comscore Tracker

5 Cara Mengenali Emosi Negatif dalam Diri, Terima Fakta yang Ada!

Emosi negatif jangan dipendam sendiri

Emosi negatif kadang tidak dapat dihindarkan. Ada beragam emosi negatif yang sewaktu-waktu dapat menguasai diri. Entah itu marah, perasaan kecewa, sedih, terpuruk, dan lain sebagainya.

Keberadaan emosi-emosi negatif tersebut sudah seharusnya disadari agar kita bisa mudah untuk mencari solusinya. Jika kamu sedang terjebak dalam perasaan tersebut, berikut ini merupakan lima cara mengenali emosi negatif dalam diri.

1. Beri kebebasan diri 

5 Cara Mengenali Emosi Negatif dalam Diri, Terima Fakta yang Ada!ilustrasi perempuan petualang (pexels.com/ArtHouse Studio)

Kebebasan diri sangat mempengaruhi emosi dalam diri kita. Bebas yang dimaksud bukan berperilaku sesukanya tanpa aturan. Namun memberi kebebasan diri untuk berkarya dan berekspresi.

Memberi kebebasan diri juga bisa menjadi salah satu cara untuk mengenali emosi negatif. Kebebasan diri membuatmu mengerti apa yang saat ini sedang kamu rasakan. Dengan demikian, kamu bisa dengan cepat mencari langkah pemecahannya.

2. Jangan menampik jika kamu sedang sedih 

5 Cara Mengenali Emosi Negatif dalam Diri, Terima Fakta yang Ada!ilustrasi perempuan menunduk (pexels.com/Thnh phng)

Kesedihan pasti pernah dirasakan semua orang, tidak terkecuali dengan kita. Ada beragam hal yang bisa memicu seseorang bersedih. Entah sesuatu yang tidak berjalan lancar, kehilangan, maupun perlakuan yang tidak sesuai harapan.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengenali emosi negatif dalam diri yaitu jangan pernah menampik perasaan sedih. Akui saja jika saat itu kondisimu sedang tidak baik-baik saja. Dengan demikian, kamu bisa lebih lega dan tidak tertekan akibat emosi terpendam.

Baca Juga: 5 Tips Mengidentifikasi Hal-hal yang Memicu Emosi Gak Terkendali

3. Dengarkan apa yang menjadi keinginanmu 

5 Cara Mengenali Emosi Negatif dalam Diri, Terima Fakta yang Ada!ilustrasi perempuan menatap ke depan (pexels.com/Juan Mendez)

Sisi egois diri sendiri memang sering muncul. Merasa sudah jadi yang paling kuat, kita gengsi untuk mengakui rasa sedih. Padahal jauh di lubuk hati terdalam kamu ingin sejenak menepi menenangkan diri.

Menghadapi kondisi tersebut, sangat penting bagi kita untuk mendengarkan keinginan diri. Ini menjadi salah satu cara untuk mengenali emosi negatif. Sejenak menepi untuk menenangkan diri bukan hal yang salah, kok. Kamu berhak memberi ruang pada diri sendiri.

4. Terima fakta yang ada 

5 Cara Mengenali Emosi Negatif dalam Diri, Terima Fakta yang Ada!ilustrasi perempuan bersandar (pexels.com/Edu Carvalho)

Kenyataan memang sering melenceng jauh dari ekspektasi. Berhadapan dengan situasi demikian, kekecewaan akan muncul. Bahkan kita menolak dengan keras apa yang sebenarnya sedang terjadi.

Tentu saja ini bukan hal yang bijak. Salah satu cara untuk mengenali emosi negatif dalam diri yaitu terima fakta yang ada. Bisa mengerti dan menerima apa yang sesungguhnya terjadi membuat kondisimu jauh lebih membaik.

5. Apresiasi dirimu sendiri 

5 Cara Mengenali Emosi Negatif dalam Diri, Terima Fakta yang Ada!ilustrasi perempuan baju kotak-kotak (pexels.com/Vinicius Wiesehofer)

Mengapresiasi diri penting untuk dilakukan. Sebagaimana orang lain yang ingin diperlakukan dengan baik, begitu jugalah diri kita. Tapi sayangnya, masih banyak yang belum memahami hal tersebut.

Perlu diketahui, mengapresiasi diri termasuk salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengenali emosi negatif, lho. Menjadi sosok yang mampu mengapresiasi diri dengan baik, kamu akan lebih tau apa dan siapa dirimu.

Emosi negatif yang tidak kunjung disadari bisa menimbulkan kerugian ke depannya. Jika kamu sedang terkurung emosi negatif, ingat lima cara di atas, ya!

Baca Juga: 5 Cara Punya Kontrol Emosi yang Baik, Jangan Lupa Istirahat

Mutia Zahra Photo Verified Writer Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya